Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Demi Keamanan, Cek Rutin Kabel yang Menempel di Furnitur

Demi Keamanan, Cek Rutin Kabel yang Menempel di Furnitur Kabel Listrik/ Foto: Shutterstock

Dream - Sistem listrik di rumah seringkali tak diatur dengan baik. Terutama kabel-kabel yang dibiarkan menumpuk dan menempel pada furnitur. Kelistrikan di rumah idealnya diperiksa secara rutin.

Terutama jika penggunaannya sudah lebih dari lima tahun atau pernah mengalami korsleting. Salah satu yang wajib diwaspadai adalah, kabel daya yang bersentuhan dengan furnitur.

Kabel dan aliran listrik ini bisa mengakibatkan kecelakaan dan kebakaran yang serius. Umumnya, kita menempatkan kabel listrik di belakang furnitur atau ditutup rapat untuk menyembunyikannya karena tampak membuat ruangan berantakan.

Hal ini ternyata berbahaya. Misalnya televisi tua dengan kabel listrik yang rusak. Kontak dengan furnitur kayu dapat menyebabkan sengatan listrik. Kita tidak pernah tahu kapan sebuah alat bisa menjadi terlalu panas dan menyebabkan kecelakaan.

 

Cek Rutin

Untuk pemeriksaan wajib dilakukan secara rutin. Pastikan kabel lawas diganti dengan yang baru, terutama yang sudah mengelupas. Termasuk stop kontak dan tombol serta rumah kabel yang digunakan.

Perhatikan juga furnitur logam yang bersentuhan dengan kabel telanjang dapat menghantarkan listrik. Kita biasanya tidak menyadari bahaya semacam ini. Furnitur logam biasa ditemukan di furnitur televisi, lampu meja, dan masih banyak lagi.

Pada lintasan kabel sebaiknya hindari menaruh terlalu banyak dekorasi atau furnitur yang padat. Hal ini agar kondisinya bisa terpantau dengan jelas, jika ada kerusakan atau pengelupasan bisa segera diperbaiki.

Rumah Aman Bagi Buah Hati, Perhatikan Hal Ini

Dream - Selama pandemi, anak-anak jadi lebih banyak bermain di rumah. Penting untuk memastikan anak selalu aman saat bermain dan belajar di rumah. Tata rumah agar ramah bagi anak.

Kenyamanan orang dewasa dalam rumah memang harus diperhatikan, tapi kebutuhan dan keamanan bagi anak-anak tak boleh dilupakan. Demi menjaga agar rumah selalu aman bagi buah hati, pastikan ada perlengkapan berikut.

1. Alas empuk
Sebisa mungkin tempatkan karpet empuk di area yang paling sering digunakan anak. Anak cenderung sangat aktif, jik alas kurang empuk mereka akan mudah terbentur lantai yang bisa membuat cedera. Dengan alas yang empuk anak pun jadi bisa bermain dengan nyaman dan aman.

2. Lemari terkunci
Guna menjaga barang-barang tetap aman, jauhkan dari jangkauan anak-anak. Salah satu trik yang dapat diterapkan dengan mengunci lemari di dapur dan penyimpanan. Anak-anak biasanya penuh rasa penasaran dan selalu ingin membuka pintu lemari. Jangan sampai saat membuka lemari anak tertimpa benda berat yang bisa membahayakannya.

 

Furnitur Halus

3. Kamera pengawas
Salah satu cara untuk mengawasi anak-anak saat kita sibuk di dapur atau melaksanakan pekerjaan rumah lain adalah dengan memasang kamera pengawas. Langkah ini memungkinkan kita untuk melihat pergerakan buah hati.

4. Pilih furnitur halus
Hindari memilih furnitur berujung yang tajam. Lebih baik pilih furnitur bulat, seperti perabotan halus dan tepian lembut. Pilihannya dapat menempatkan sofa, meja bundar hingga bantal.


Laporan Putu Elmira/ Sumber: Liputan6.com

Sulap Sudut Ruangan di Rumah Jadi Area Khusus Belajar

Dream - Hingga saat ini anak-anak masih belajar di rumah karena pandemi. Belum tahu sampai kapan belajar jarak jauh diberlakukan. Untuk itu tak ada salahnya membuat area belajar khusus untuk anak.

Mungkin ada yang menggabungkan area belajar di kamar tidur. Idealnya, area tersebut dipisah agar anak merasa nyaman dan tak jenuh. Anak pun jadi lebih termotivasi belajar.

Bagaimana caranya? Tak perlu menyediakan area yang besar, cukup sudut rumah yang tak bising, jauh dari televisi dan terkena banyak sinar matahari.

- Sediakan meja dan kursi nyaman

Area belajar


Pastikan ada kursi dan meja yang nyaman, sesuaikan ukurannya dengan tubuh anak. Bisa duduk lesehan dan bantal penyangga dan meja kecil atau tempat duduk tinggi dan meja. Dengan begitu anak lebih fokus belajar.

 

Penyimpanan dan Penerangan

- Taruh wadah penyimpanan
Sediakan tempat penyimpanan untuk perlengkapan belajar anak. Misalnya gelas mug besar untuk menaruh spidol dan alat tulis. Bisa juga membuat penyimpanan yang digantung di dinding. Hal ini akan membuat alat belajar anak tertata rapi dan tak tercecer yang membuat rumah malah berantakan.

Sudut belajar

- Penerangan yang memadai
Baiknya sudut belajar mendapat pencahayaan alami dari matahari. Bila tak cukup terang, pastikan memasang lampu belajar yang nyaman di mata anak. Suasana gelap sangat tak nyaman di mata dan membuat anak tak semangat belajar.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Mengapa Burung Tak Kesetrum saat Nangkring di Kabel Listrik?

Mengapa Burung Tak Kesetrum saat Nangkring di Kabel Listrik?

Inilah penjelasan ilmiah mengapa burung tidak mengalami kejutan listrik saat berada di sekitar kabel listrik.

Baca Selengkapnya
Bersihkan Setrika Kesat Cuma Pakai 2 Bahan

Bersihkan Setrika Kesat Cuma Pakai 2 Bahan

Jangan biarkan setrika kesat dan kotor membuat pakaianmu tidak rapi. Bersihkan setrika dengan 2 bahan untuk mengatasinya.

Baca Selengkapnya
Penampakan Rumah Ini Bikin Melongo, Dari Luar Bak Gubuk Kayu Lihat Isi Dalamnya Auto Terpana!

Penampakan Rumah Ini Bikin Melongo, Dari Luar Bak Gubuk Kayu Lihat Isi Dalamnya Auto Terpana!

Dibalik kesederhanaan rumahnya itu terdapat keindahan yang luar biasa

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

Banyak yang tak sadar bahwa petir sebenarnya muncul dalam berbagai macam warna. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Baca Selengkapnya
Detik-Detik Macan Tutul Masuk Rumah, Aksi Tenang Bocah Selamatkan Diri Jadi Sorotan

Detik-Detik Macan Tutul Masuk Rumah, Aksi Tenang Bocah Selamatkan Diri Jadi Sorotan

Ada macan tutul masuk ruangan, bocah ini tenang keluar dan kunci pintu.

Baca Selengkapnya
Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Kenyamanan rumah juga ditentukan dari aroma yang ada di setiap ruangan.

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tutorial Hijab Jadi Outer

DRESS IT! Tutorial Hijab Jadi Outer

Sahabat dream yang berhijab lagi bingung mau hangout tapi tidak punya outer? Nah tips satu ini boleh banget kamu coba.

Baca Selengkapnya