Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Daun Tanaman Menguning, Segera 'Obati' dengan Cara Ini

Daun Tanaman Menguning, Segera 'Obati' dengan Cara Ini Tanaman (Foto: Shutterstock)

Dream - Tumbuhan dalam pot yang ditempatkan dalam ruangan selalu bisa membuat suasana asri. Apalagi jika daun yang tumbuh, cukup lebar dan berwarna hijau segar. Sayangnya, pada beberapa kondisi daun malah menguning.

Tampilannya jadi tak segar. Awalnya, hanya satu daun yang menguning tapi lama kelamaan seluruh daun pun mengalami hal yang sama. Masalah ini tak boleh didiamkan, segera cari penyebabnya.

Ada beberapa faktor yang membuat daun tanaman menguning. Yuk cari tahu dan segera atasi dengan beberapa berikut.

 

Periksa level kelembapan

Jika melihat daun tanaman menguning, periksa tanda stres pada tanaman. Pemicu yang paling umum adalah terlalu banyak atau terlalu sedikit air.

Untuk memeriksa seberapa banyak kelembaban yang diperoleh tanaman, tekan satu jari sekitar satu inci ke dalam tanah tanaman.

Bila tanah kering satu inci di bawah permukaan, kemungkinan tanaman kekurangan air haus. Siram tanaman lebih teratur. Jika saat ditekan tanah terasa lembap mungkin terlalu banyak disiram.

Periksa tanda-tanda busuk akar, seperti bau jamur. Jika curiga bahwa tanaman kelebihan air buat jadwal penyiraman yang konsisten dan jangan berlebihan.

 

Ada binatang hama

Periksa juga apakah di pot tanaman tersebut ada binatang hama. Hama seperti kutu putih, tungau, laba-laba mungkin bisa memancing daun menjadi kuning. Biasanya ditandai dengan adanya lubang kecil di daun atau lapisan putih. Semprotkan insektisida dan potong bagian tanaman yang terserang hama.

 

Biarkan Menyerap Matahari

Kemungkinan lain penyebab daun tanaman menguning adalah karena kurang sinar matahari. Jika tanaman tidak mendapatkan banyak cahaya alami, coba pindahkan tempatnya di area yang banyak mendapat cahaya.

Sumber: Apartment Therapy

Pilihan Tanaman yang Pas untuk Mempercantik Balkon

Dream - Tinggal di apartemen atau rumah yang memiliki balkon memang jadi hal yang seru. Ada area untuk bersantai di lantai yang tinggi sambil menikmati pemandangan.

Akan semakin bikin betah jika balkon dihias dengan beberapa tumbuhan. Suasana asri akan didapatkan, sehingga balkon tidak terlalu panas.

Ada beberapa jenis tumbuhan yang cocok untuk ditanam di balkon. Bagi Sahabat Dream yang ingin menata balkon dengan tumbuhan ada beberapa rekomendasi jenis tumbuhan.

Dalam memilih jenis tumbuhan, sesuaikan dengan kondisi balkon. Ada yang langsung mendapat sinar matahari tapi ada juga yang membelakangi dan hanya mendapat bayangan.

Untuk mempermudah Sahabat Dream, tengok saja beberapa jenis tumbuhan berikut.

Tanaman yang Butuh Banyak Paparan Matahari

Balkon sangat banyak mendapat mendapat cahaya langsung. Boleh dibilang, balkon merupakan tempat sempurna untuk menaruh tanaman yang sangat menyukai sinar matahari. Terutama tumbuhan yang bisa digunakan untuk memasak. Antara lain rosemary, oregano, thyme, dan sage.

Deretan tumbuhan dapur tersebut sangat cocok untuk ditanam di balkon dalam pot-pot kecil atau buat menjadi taman vertikal. Pastikan tanaman mendapatkan banyak air untuk menyeimbangkan paparan sinar matahari yang cerah.

 

 

Tanaman Dapur

Jika balkon berada di lokasi yang tertutup bayangan gedung, jangan khawatir. Ada banyak juga tanaman dapur yang bisa ditanam. Saat memasak dan butuh rempah segar, tinggal berjalan saja ke balkon.

Coba pilih tanaman seperti dill, mint, daun bawang, dan peterseli. Beberapa tumbuhan tersebut akan tumbuh juga di paparan matahari langsung.

 

Tanaman Bunga untuk di Balkon

Banyak sekali jenis bunga yang sangat menyukai sinar matahari dan bisa ditanam di balkon. Manfaatkan sebagian balkon untuk membuat taman bunga kecil. Pastinya akan jadi sudut yang bisa menenangkan. Bunga jenis marigold, geranium, dan petunia sangat cocok untuk ditanam di balkon.

Sumber: House Beautiful

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Mengapa Langit Berwarna Biru? Ini Jawabannya

Mengapa Langit Berwarna Biru? Ini Jawabannya

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan langit terlihat berwarna biru. Penasaran? Simak penjelasan berikut ini!

Baca Selengkapnya
10 Jenis Daun yang Bisa Bantu Turunkan Level Gula Darah

10 Jenis Daun yang Bisa Bantu Turunkan Level Gula Darah

Berikut ini beberapa daun yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan gula darah yang sering dijadikan bahan jamu.

Baca Selengkapnya
7 Trik Mematangkan Mangga dengan Cepat, Cuma Pakai Alat Rumahan

7 Trik Mematangkan Mangga dengan Cepat, Cuma Pakai Alat Rumahan

Tidak sengaja membeli buah mangga yang belum matang sepenuhnya seringkali menjadi tantangan, terutama ketika kita ingin segera menikmatinya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Rambut Mudah Berminyak? Tenang, Ada 5 Cara Mengatasinya

Rambut Mudah Berminyak? Tenang, Ada 5 Cara Mengatasinya

Rambut berminyak bisa mengganggu penampilan dan membuatmu merasa tidak nyaman. Atasi dengan menerapkan 5 kebiasaan sederhana.

Baca Selengkapnya
Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Malas olahraga bisa bikin kamu mengalami berbagai masalah kesehatan yang berbahaya, lho. Apa aja sih masalah yang bisa timbul?

Baca Selengkapnya