Dapur vs Kamar Mandi, Mana yang Lebih Banyak Bakteri?

Pastikan membersihkan keduanya sesering mungkin.

Mutia Nugraheni
| 23 Juli 2021 10:05

Dream - Tempat mana yang menurut Sahabat Dream paling banyak kuman? Dapur atau kamar mandi? Mungkin banyak yang beranggapan kalau kamar mandi adalah pusat bakteri karena kita selalu buang air di dalamnya.

Rupanya hal tersebut kurang tepat. Ternyata tempat yang paling banyak kumannya adalah dapur. Memang, tak ada satu tempat pun di rumah yang bebas dari kuman atau kotoran, tapi ada beberapa area yang jumlah kumannya paling banyak.

Perbedaan besar antara satu dan yang lain, selain jumlah dan asal bakteri, terletak pada aktivitas yang kita lakukan di setiap tempat dan seberapa berbahaya mikroorganisme yang muncul.

Kuman di kamar mandi
Di sebagian besar rumah, kita cenderung membersihkan kamar mandi secara rutin karena tempat buang air. Kita berasumsi bahwa setiap masuk ke kamar mandi pasti membawa kuman dan selalu membilasnya atau menyiram desinfektan.

Bakteri baik dari urine maupun kotoran pun langsung mengalir ke tempat pembuangan. Di kamar mandi juga selalu ada sikat, spons dan formula pembersih yang bisa digunakan setiap saat. Hal itulah yang membuat kamar mandi memiliki level bakteri yang lebih sedikit. Kecenderungan kita untuk membersihkannya memang lebih sering.

 

Selanjutnya :

Bakteri dan kuman di dapur

Topik Terkait :

Penampilan BCL Banjir Pujian Saat Berziarah ke Makam sang Suami

Jangan Lewatkan