Cuci Sprei dengan Cara Ini Agar Tak Terasa Kasar

Jangan sampai sprei berbahan halus dan berkualitas menjadi kasar setelah dicuci.

Mutia Nugraheni
| 25 Februari 2017 12:01

Dream - Setelah dicuci kadang sprei terasa kasar dan malah tidak nyaman saat ditiduri. Hal ini tentu saja sangat mengganggu. Tekstur sprei yang halus dan nyaman bisa rusak karena proses pencucian yang tidak tepat.

Untuk mencegah hal tersebut, pastikan dalam proses pencucian Anda lebih berhati-hati. Terapkan cara-cara berikut agar bahan sprei terjaga kualitas bahannya dan tak menjadi kasar.

- Hindari menggunakan air panas
Ada yang beranggapan kalau merendam air panas yang baru saja mendidih akan membuat sprei lebih bersih. Cara ini memang membuat kotoran lebih cepat terangkat, tapi bisa melemahkan dan merusak serat kain.

Efeknya testur kain pun jadi sangat rapuh, mudah robek dan terasa kasar. Jika ingin merendam, pastikan air tidak terlalu panas dan sudah dicampur dengan air biasa.

- Sabun larut sempurna
Hindari juga merendam sprei dalam sabun yang tak larut sempurna. Biasanya sabun cuci bubuk tak langsung larut secara cepat. Tumpukan sabun ini akan menempel di sisi kain sprei dan
akan membuat teksturnya jadi sangat kasar. Akan lebih baik mencuci sprei dengan sabun cair. Larutkan sabun cair dengan hingga merata di air rendaman, lalu masukkan sprei. Tunggu
sekitar 15 menit baru kemudian masukkan mesin cuci.

- Pemutih dan penghilang noda jangan berlebihan
Untuk noda membandel memang bisa dibersihkan dengan pemutih atau produk penghilang noda. Namun pastikan penggunaannya sesuai kebutuhan, tidak terlalu banyak. Sifat zat
penghilang noda sangat keras dan mudah merusak serat kain yang halus. Efeknya tentu saja bisa membuat bahan sprei jadi sangat kasar.

- Hindari menjemur di sinar matahari langsung
Saat cuaca terik memang sprei lebih cepat kering. Tapi panasnya sinar matahari bisa merusak serat bahan, membuatnya jadi sangat kasar. Warna sprei juga akan cepat memudar. Untuk sprei biasanya cukup diangin-anginkan. Jika sudah kering segera angkat, jangan terlalu lama menjemurnya.


Sumber: Real Simple

 

Topik Terkait :

Streaming Catat! Ini Cara Menyimpan Uang Rp75 Ribu Agar Tak Mudah Rusak

Jangan Lewatkan