Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cegah Pertumbuhan Jamur Menggangu di Kamar Mandi

Cegah Pertumbuhan Jamur Menggangu di Kamar Mandi Kamar Mandi (Foto: Shutterstock)

Dream - Suhu yang lembap di kamar mandi membuat jamur tumbuh dengan mudah. Biasanya area tembok yang dekat dengan lantai jadi kekuningan atau menghitam. Terutama di musim hujan seperti sekarang saat kelembapan makin tinggi.

Demi mencegah pertumbuhan jamur di kamar mandi dan tak makin banyak ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Ingat, jamur yang dibiarkan akan sangat menggangu kesehatan keluarga.

Lakukan pembersihan rutin berikut, jangan sampai kamar mandi dipenuhi jamur sampai menghitam.

Selalu Bersihkan Sikat Kamar Mandi
Alat pembersih kamar mandi, seperti sikat hingga spons, perlu dibersihkan secara rutin. Ini mencegah kotoran atau kuman di kamar mandi menempel. Ingat, sikat yang kotor akan membuat lantai kamar mandi menjadi kotor dan juga kuman.

Bersihkan Bak di Kamar Mandi
Membersihkan bak air seringkali dilupakan oleh sebagian orang. Padahal, cukup membersihkannya seminggu sekali. Selain bisa membersihkan kotoran yang ada di bak, mengurasnya bisa mengeluarkan jentik nyamuk.

Tak hanya bak air, wadah sabun dan sikat gigi pun kerap terlupakan. Bisa jadi, hal ini bisa membuat bau tak sedap di kamar mandi. Bersihkan wadah sikat gigi dan kepala sikat agar tetap higienis.

 

Gunakan Pembersih Porselen

Salah satu tempat atau lokasi yang sering menimbulkan bau tidak sedap adalah dinding yang kotor dan lantai berkarat serta noda berkerak. Pilih pembersih porselen yang akan menghilangkan noda ringan dan berat.

Pilih pembersih kamar mandi dengan tekstur lebih tebal yang lebih hemat dan mampu menghilangkan kuman dan kotoran. Selain itu, pilih pembersih porselen yang dapat dengan cepat menghilangkan semua noda pada toilet, permukaan porselen, keramik, mozaik dan sejenisnya.

Selengkapnya baca di Diadona.id

Cara Hilangkan Bau Tak Sedap di Saluran Cuci Piring dan Kamar Mandi

Dream - Aroma amis, tak sedap dan asam kerap muncul dari saluran pembuangan, seperti bak cuci piring dan di kamar mandi serta WC. Kotoran yang mengendap, minyak, sisa makanan, membuat bau busuk menyeruak bahkan hingga menyebar ke seluruh rumah.

Hal ini tentu saja tak boleh didiamkan. Ada beberapa cara alami yang bisa Sahabat Dream lakukan untuk mencoba membersihkan dan meredakan aroma tak sedap. Pertama-tama, singkirkan kotoran yang menyumbat di saringan saluran.

Seperti nasi, sisa makanan atau di kamar mandi biasanya banyak rambut. Angkat dulu kotoran yang menutup baru kemudian lakukan beberapa trik berikut.

1. Air panas mendidih
Rebus air hingga mendidih. Setelah panas, segera ruang ke saluran pembuangan. Ini mungkin cukup untuk menghilangkan apa pun yang menyebabkan bau. Jika tidak menghilangkan bau, tambahkan beberapa bahan ke dalam air mendidih. Seperti lemon atau sabun pencuci piring yang bisa mengangkat kotoran berlemak.

 

Periksa Penutup

2. Soda kue
Bisa juga menggunakan soda kue atau baking soda. Tuang ke saluran pembuangan sebanyak 3 hingga 5 sendok dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu baru siram dengan air panas yang sudah mendidih.

3. Periksa penutup
Periksa penutup saluran, mungkin di sela-selanya banyak kotoran yang sebabkan aroma tak sedap. Siram dengan air yang banyak dan sikat. Jika saluran pembuangan dapur atau kamar mandi masih berbau setelah dibersihkan, mungkin ada sesuatu yang terperangkap di bagian dalamnya. Coba gunakan soda api, yang banyak dijual di toko peralatan rumah.

Tuang soda api atau bubuk khusus pembersih saluran, diamkan selama 15 menit baru kemudian siram dengan banyak air. Lakukan terus hingga aromanya hilang dan terakhir siram dengan disinfektan dan sabun pembersih atau lemon yang telah dididihkan agar wangi.

Sumber: Tree Hugger

Jarang Dibersihkan, Barang di Rumah Ini Bisa Picu Kebakaran

Dream - Membersihkan rumah memang harus dilakukan secara rutin. Tumpukan debu dan kotoran selalu ada setiap harinya. Terutama di sudut rumah yang jarang digunakan atau dilewati.

Beberapa barang juga sebenarnya harus dibersihkan secara rutin. Kondisinya yang kotor bisa memicu masalah korslet, merusak fungsi sehingga pada beberapa kondisi bisa saja menyebabkan percikan api hingga kebakaran.

Ada beberapa area atau barang di rumah yang tidak terlalu kotor namun jika dibiarkan terlalu lama, sebenarnya bisa berbahaya. Jika melakukan membersihkan rumah, pastikan untuk mengunjungi area dan bersihkan barang ini agar keluarga di rumah selalu aman.

Kompor
Idealnya kompor selalu dibersihkan segera setelah selesai memasak. Percikan bumbu kuah dan minyak lama kelamaan akan merusak material kompor. Begitu pun lubang api bisa saja tersumbat dan menjadi karat jika banyak percikan masakan yang tak dibersihkan.

Bila dibiarkan bukan tak mungkin nyala api jadi tak stabil. Sewaktu-waktu bisa saja muncul nyala yang besar dan bisa membahayakan.

 

Tikus dan kabel

Potensi bahaya kebakaran di rumah tak bisa dilepaskan dari kelistrikan. Salah satu yang kerap memicu korsleting di rumah adalah kabel listrik yang digigit tikus. Untuk itu perhatikan jalur kelistrikan di rumah.

Segera perbaiki kabel yang rusak atau mengelupas. Perhatikan area di sekitar tumpukan kabel, biasanya tikus suka membuat sarang dan menggerogoti kabel. Hal ini bisa membahayakan.

Exhaust fan

Kipas di kamar mandi atau exhaust fan berfungsi untuk menjaga udara di dalamnya agar tetap mengalir dan tak lembap. Bila tak dirawat, mesin kipas akan penuh debu dan kotoran. Kondisinya saat digunakan bisa jadi terlalu panas dan memicu kebakaran.

Jika debu dan kotoran memenuhi motor pada kipas, mesinnya akan mudah panas. Untuk itu selalu bersihkan exhaust fan di kamar mandi secara rutin.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kamar Mandi Kerap Jadi Sarang Jin, Hindari Taruh Pakaian Kotor di Kamar Mandi

Kamar Mandi Kerap Jadi Sarang Jin, Hindari Taruh Pakaian Kotor di Kamar Mandi

Kamar mandi seringkali menjadi tempat yang ideal bagi jamur dan bakteri untuk berkembang biak karena kelembaban yang tinggi.

Baca Selengkapnya
4 Langkah Keringkan Rambut yang Tak Bikin Rusak

4 Langkah Keringkan Rambut yang Tak Bikin Rusak

Jangan sampai rambut jadi mudah patah dan kusam karena dikeringkan dengan cara yang salah.

Baca Selengkapnya
Rambut Mudah Berminyak? Tenang, Ada 5 Cara Mengatasinya

Rambut Mudah Berminyak? Tenang, Ada 5 Cara Mengatasinya

Rambut berminyak bisa mengganggu penampilan dan membuatmu merasa tidak nyaman. Atasi dengan menerapkan 5 kebiasaan sederhana.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
4 Langkah Penting  Biar Keju Tahan Lama dan Tak Mudah Berjamur

4 Langkah Penting Biar Keju Tahan Lama dan Tak Mudah Berjamur

Simpan keju dengan cara yang tepat agar tidak mudah basi. Perhatikan 4 hal sebelum menyimpannya di dalam kulkas.

Baca Selengkapnya
4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

Jangan sia-siakan malam tahun baru yang seru hanya karena perut tak nyaman akibat kembung, ikuti tips-tips ini.

Baca Selengkapnya
Bersihkan 4 Barang di Rumah yang Sering Jadi Sarang Kuman dengan Bahan Alami

Bersihkan 4 Barang di Rumah yang Sering Jadi Sarang Kuman dengan Bahan Alami

Beberapa barang yang sering disentuh di rumah bisa jadi sarang kuman. Bersihkan barang tersebut dengan bahan alami yang tepat agar tetap bersih.

Baca Selengkapnya