Cegah Pertumbuhan Jamur di Rumah Pasca Banjir

Efek dari hujan dan banjir yang terus menerus akan membuat rumah dipenuhi jamur.

Mutia Nugraheni
| 23 Februari 2017 08:01

Dream - Hujan terus turun dan air memenuhi segala sudut rumah. Kondisi banjir ini memang sangat menjengkelkan dan dibutuhkan usaha ekstra untuk membersihkannya. Efek dari hujan dan banjir yang terus menerus akan membuat rumah dipenuhi jamur.

Dalam cuaca lembap, jamur memang lebih mudah berkembang biak. Pembersihan pun harus segera dilakukan setelah air surut. Nah, agar barang dan kondisi rumah tak rusak karena jamur ketahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan saat membersihkan rumah pasca banjir.

- Keringkan perabot berbahan kain
Karpet, sofa, bantal serta barang rumah tangga yang berbahan kain harus segera dibersihkan dan dikeringkan. Jika memang kondisinya masih baik, cuci terlebih dulu. Bisa dengan menyikatkan sendiri atau menaruhnya di laundry, tapi pastikan sebelum digunakan sudah benar-benar dalam keadaan kering.

- Singkirkan/buang barang yang basah
Sortir barang-barang yang masih bisa digunakan dan yang sudah sangat rusak, terutama yang basah dan sulit untuk dicuci atau diperbaiki. Jamur pastinya akan dengan mudah berkembang biak pada barang-barang yang basah dalam rumah.

- Periksa tiap sudut rumah
Setelah banjir surut pastikan tak ada lagi genangan di tiap sudut rumah. Bersihkan lantai menggunakan deterjen lalu siram dengan cairan disinfektan. Setelah itu pel lantai dengan kain yang kering dan buka seluruh jendela rumah. Udara yang kering dan panas matahari akan menghambat pertumbuhan jamur.

Jangan segan untuk merekrut pembersih profesional untuk pembersihan lebih maksimal. Terutama jika sudah muncul jamur di sudut rumah karena akan dengan mudah melebar.


Laporan Gemma Fitri Purbaya

 

Sumber: Cleaning Tips

 

Topik Terkait :

Lima Cara Efektif Cegah Covid-19 di Pesantren

Jangan Lewatkan