Catat! Penyimpanan Bahan Makanan Efektif ala Food Preparation

Saat belanja bahan makanan, banyak yang kemudian sudah dibeli lalu tak dipakai.

Mutia Nugraheni
| 28 Agustus 2018 14:12

Dream - Bagi para ibu yang menyiapkan makanan harian untuk keluarga, seringkali dipusingkan dengan menu-menu yang akan dibuat. Saat belanja bahan makanan, banyak yang kemudian sudah dibeli lalu tak dipakai.

Sayuran serta bumbu yang mudah busuk akhirnya terbuang begitu saja. Kadang karena penyimpanan yang tidak tepat, ikan ayam atau daging jadi tidak segar dan rasanya berubah saat diolah.

Sebenarnya ada cara praktis dan efektif dalam menyimpan dan mengolah bahan makanan mentah. Cara ini dikenal dengan istilah food preparation. Akun instagram @arirhams membagi trik untuk melakukan food preparation ini.

 

Selamat pagiii, Selamat berjumpa dgn pemotretan sayur2an lagi 😂 Kali ini sampai sabtu ya. As always minggu DAPUR TUTUP biar otak mamak ga oleng. Insya Allah aku bisa istiqomah food prep untuk 1 minggu terus🤞 . Okay, tudey aku merangkum beberapa pertanyaan yg biasanya ditanyain buibuk : Q : Sayurannya dicuci ngga? A : Ngga. Dicuci nya saat mau dimasak. Karna kalo dicuci sekarang, proses keringinnya lama, yg ada malah berantakan ra genah. Kerjaan ijah banyak nyah 😅 . Q : Semua disimpen di kulkas & ditutup? A : Yak, betul! 100 buat kamuh ❤️ . Q : Tahan berapa lama dikulkas? A : Aku foodprep max 1 minggu & so far sayuran tetap segar. Kuncinya, sayuran kering. Ga ada basah sama sekali. Boleh dialas tissue/koran. Tapi aku ngga sih, sayang soalnya haha . Semua lauk udah rapii di kulkas jadi aku ga fotoin lagi karna berembun 😊 Baiklah, mantili. Sebelum duo naga menyerang negeri api (baca : anak2 bangun) cukup sudah captionnya. Inspiration menu ala Hotel bintang 5 seperti biasa ada dibelakang. Ambil sendiri ya, jangan malu2 tapi jangan lupa like & komen nya juga ya hahahaha Ciao! Cipok bacaahhh 😘 . #LHN_FoodPrep #foodpreparation #mamiaiesharing #cooking #kitchenorganization #kitchen #inspirasimasak #menurumahan #masakanrumah #dapur

A post shared by Ari | LittleHappyNest (@arirhams) on

Langkah pertama adalah menentukan dulu menu makanan apa yang akan dibuat selama seminggu ke depan. Setelah itu belanja sesuai dengan rencana menu tersebut. Untuk penyimpanan, taruh dalam wadah kering dan tertutup.

Sayuran yang sudah dibeli, potong-potong sesuai kebutuhan kemudian simpan dalam wadah. Pastikan dalam kondisi kering dan tak perlu dicuci. Untuk cabai tak perlu dibersihkan dari tangkainya.

Porsinya tentu disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Cara ini membuat penyimpanan di kulkas jadi lebih rapi, lebih hemat, tak ada bahan makanan yang terbuang dan tentunya efektif.

Layak dipraktikan di rumah, Sahabat Dream.

Topik Terkait :

The Next Presenter Liputan 6 | Diary Episode 1

Jangan Lewatkan