Catat, Cara Mencegah Karat di Furnitur Besi

Lakukan pencegahan agar furnitur besi di rumah lebih tahan lama.

Mutia Nugraheni
| 10 Juni 2021 08:04

Dream - Furnitur di rumah Sahabat Dream banyak terbuat dari material besi? Jika iya, waspada dengan munculnya karat yang bisa merusak tekstur, warna dan bahkan mematahkannya.

Biasanya karat cepat muncul pada furnitur yang ditaruh di luar ruangan. Karat bisa terjadi karena proses oksidasi, yang disebut juga dengan reaksi elektrokimia. Faktor yang sangat mempengaruhinya adalah suhu, kelembaban, salinitas cairan dengan logam dan kualitasnya sendiri.

Karat akan membuat perubahan tekstur dan komposisi yang membuat sebagian atau seluruh elemen furnitur menjadi bewarna kecokelatan. Dengan cara yang sama, hal serupa terjadi pada tembaga dan bahkan warnanya jadi hijau kebiruan.

Bagaimana cara mencegahnya?
Langkah pertama, pastikan furnitur benar-benar bersih. Lakukan pembersihan rutin, terutama jika furnitur terkena cipratan air. Bersihkan dan segera keringkan. Kedua, jangan tinggalkan furnitur di tempat terbuka.

Bersentuhan dengan lingkungan luar dapat merusak material secara serius. Hujan, kelembapan, atau faktor lain dapat menyebabkan kerusakan. Ketiga, bisa melakukan perlindungan dengan penggunaan cat antikarat. Lakukan pelapisan pada furnitur sebelum mengalami karat.

Sumber: DecorTips

Selanjutnya :

Ada Furnitur Kece dari Material Botol Bekas

Topik Terkait :

TRAILER BERANI BERUBAH: Lepas Gengsi, Jemput Rezeki

Jangan Lewatkan