Catat! 3 Sudut Dapur Paling Kotor dan Cara Membersihkannya

Ada sudut-sudut di dapur yang seringkali terabaikan untuk dibersihkan.

Mutia Nugraheni
| 14 Agustus 2018 16:12

Dream - Kebersihan dapur merupakan kunci kesehatan seluruh anggota keluarga. Setiap makanan dan minuman yang disantap pasti disiapkan di dapur. Jangan sampai karena dapur yang kotor, keluarga di rumah mengalami masalah kesehatan.

Ada sudut-sudut di dapur yang seringkali terabaikan untuk dibersihkan. Letaknya yang terpencil, tertutupi atau kita sering tak menyadari kalau kondisinya dipenuhi kotoran. Apa saja dan bagaimana membersihkannya? Yuk, cari tahu.

1. Penyaring kotoran di bak cuci piring
Bagian ini merupakan yang paling kotor setelah spons cuci piring. Seringkali setelah mencuci perkakas dapur dan alat makan, kotoran menyangkut dan mengendap selama berbulan-bulan. Efeknya, saringan menjadi berminyak, berlendir bahkan ditumbuhi jamur hingga menghitam.

Untuk membersihkannya, bisa gunakan bubuk pembersih atau baking soda. Angkat dulu kotoran, lalu taburkan bubuk tersebut. Diamkan selama 10 menit kemudian sikat hingga bersih. Bilas dengan air hingga saringan lancar dan bersih.

2. Kompor
Setiap hari digunakan, kompor tentunya dipenuhi cipratan minyak dan masakan. Jangan sampai lupa untuk membersihkannya. Pasalnya jika dibiarkan, kotoran tersebut bisa membuat kompor jadi kusam dan menghitam. Belum lagi aroma tak sedap yang muncul.

Untuk itu dua minggu sekali kompor di rumah butuh dibersihkan secara intensif. Bersihkan sisa-sisa bekas masakan, terutama di sela penyangga yang sulit dicapai. Gunakan kuas, lap basah dan sabun yang bisa mengangkat minyak.

3. Bagian teratas kulkas
Sudut ini sangat jarang dibersihkan. Coba lap dengan kain, pasti debunya sangat tebal hingga menghitam. Padahal saat kulkas dibuka tutup, debu-debu tersebut akan mudah menyebar ke tempat makan dan minum. Untuk itu bersihkan bagian atas kulkas secara teratur.

Sumber: Real Simple

Topik Terkait :

Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-

Jangan Lewatkan