Catat! 3 Aturan Penting Agar Penataan Dapur Efektif

Aktivitas memasak pun jadi lebih hemat waktu. Yuk cari tahu caranya.

Mutia
| 15 Mei 2018 08:04

Dream - Dapur yang bersih, rapi dengan perlengkapan yang tertata jadi hal yang sangat penting. Aktivitas memasak tentunya akan lebih nyaman dan menghemat waktu karena perlengkapan diletakkan di tempat yang mudah dilihat dan diakses.

Dalam menata dapur sebenarnya ada 3 aturan penting yang harus selalu diterapkan. Sonja Overhiser, ahli masak dan penulis buku Pretty Simple Cooking, memberikan trik agar penataan dapur di rumah jadi efektif.

Taruh di area terbuka perlengkapan yang cantik dan fungsional
Pastikan perlengkapan dapur yang ada di meja atau rak terbuka merupakan barang yang memiliki fungsi yang berdesain apik. Jadi dalam memilih dekorasi dapur cari yang memiliki tampilan dekoratif.

Misalnya gelas-gelas minum dengan bentuk unik, piring dengan detail cantik atau penyimpanan pisau yang unik. Cari yang warna atau desainnya terlihat menarik.

Beli yang baru, singkirkan barang lama
Kadang kita berbelanja perlengkapan rumah tanpa memikirkan area untuk menyimpanan dan fungsinya. Saat dibawa pulang barang-barang malah menumpuk dan berantakan. Untuk itu jika membeli peralatan dapur yang baru, harus ada barang lama yang dikeluarkan. Bisa diberikan pada orang lain atau dijual. Jangan sampai terlalu banyak barang.

Perbarui stok bumbu setahun sekali
Bumbu kering atau dalam kemasan, termasuk saus untuk memasak seringkali disimpan terlalu lama dan memenuhi rak dapur. Untuk itu pastikan hanya menggunakan bumbu yang sering digunakan. Lakukan sortir setiap 6 bulan sekali dan perbarui setiap satu tahun sekali.

Sumber: Real Simple

Topik Terkait :

Penyebab Meninggalnya Adara Taista, Menantu Hatta Rajasa

Jangan Lewatkan