Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Memilih Tirai yang Pas untuk Ruangan Mungil

Cara Memilih Tirai yang Pas untuk Ruangan Mungil Tirai Di Ruangan Mungil/ Foto: Shutterstock

Dream - Tinggal di rumah kecil, pilihan setiap dekorasi, ornamen, atau perabot menjadi sangat penting. Pemilihan bentuk, material hingga penempatan yang pas akan membuat rumah jadi berkesan lebih lapang.

Salah satu faktor yang membuat perbedaan ini adalah jendela dan tirai yang ditata dengan apik. Terutama jenis tirai, yang saat ini pilihannya begitu banyak. Ada yang panjang, pendek, penuh detail atau bermotif.

Bagaimana memilih tirai yang pas untuk ruangan mungil?

"Jika memilih tirai untuk ruangan kecil, harus mempertimbangkan tidak hanya ukuran ruangan tetapi juga jenis jendela yang ada di rumah," kata Clifford Heist, seorang pakar interior, dikutip dari DecorTips.

Misalnya, jika memiliki balkon, tirai ganda panjang adalah yang paling cocok, karena tidak menghalangi jalan keluar sebagai tirai. Di sisi lain, tirai cocok dengan jendela yang bisa dibuka. Selain itu, jika meletakkan furnitur seperti lemari di bawah jendela, maka dapat memanfaatkan ruang dengan lebih baik.

 

Roller Blind

"Selain tirai kerai bisa sangat praktis di rumah kecil. Karena kerai menggulung ke atas dan ke bawah dan membutuhkan sedikit ruang. Bisa juga menggunakan roller blind. yang terbuat dari PVC atau fiberglass dan memberikan estetika yang lebih modern," kata Heist.

Salah satu keuntungan menggunakan ini ini adalah pas dengan jendela, sehingga dapat tiap sudut secara optimal. Pilihannya juga beragam warna dengan ketebalan yang berbeda, tergantung pada seberapa buram atau tingkat transparan yang diinginkan.

Bila memang ingin tetap ingin menggunakan tirai bahan, pilih yang jenisnya ringan. Seperti muslin, tulle, organza, dan sejenisnya. Ini membuat ruangan tampak lebih lapang.

3 Hal yang Harus Dihindari Saat Memilih Tirai

Dream - Banyak yang tak menyadari 'kekuatan' tirai dalam sebuah ruangan. Tirai dapat menjadi cara terbaik untuk memperkenalkan warna, pola, atau tekstur ke dalam ruangan apapun.

Syaratnya adalah pastikan ukuran, warna dan ketebalan tirai sesuai dengan fungsi ruangan. Vanessa Arbuthnott, seorang ahli interior, membagikan trik agar kamu terhindar dari kesalahan fatal saat ingin mengganti tirai.

Apa yang tidak boleh dilakukan saat memilih tirai?

1. Menebak ukuran
Jangan pernah membeli tirai tanpa tahu ukuran jendela di rumah. Menebak-nebak hanya akan membuat tampilan tirai akan terasa kurang atau berlebihan. Efeknya, tampilan ruangan jadi tidak maksimal.

Untuk itu, ukur selalu tinggi dan lebar jendela. Lebihkan beberapa cm, baik bagian atas maupun samping. Catat, baru cari tirai yang ukurannya sesuai. Jika memang ukuran standar, bisa membelinya langsung. Untuk jendela yang memiliki ukuran berbeda, lebih baik memesan.

 

Perhatikan Juga Dua Hal Ini

2. Tak mempertimbangkan pencahayaan
Untuk setiap kamar, pertimbangkan kualitas cahaya dan pengaruhnya pada kain tirai. Vanessa mengingatkan untuk selalu bertanya kepada diri sendiri 'apakah ingin mengontrol cahaya atau privasi? Atau estetika?'.

Penting diketahu, tirai warna cerah akan memudar jika terkena cahaya matahari terus menerus dan nantinya bakal tampak lusuh. Lebih baik pilih warna netral karena tidak mudah berubah saat terkena matahari.
 
3. Abai dengan keamanan
Hal yang satu juga kerap dilupakan. Bagian-bagian sekrup, kestabilan besi untuk menggantung dan bagian tirai lainnya pastikan dipasang dengan benar. Jangan sampai ada yang kendur atau rusak. Bila ada kerusakan, harus diganti. Akan sangat berbahaya jika besi penyangga jatuh menimpa.

Sumber: Ideal Home

Langkah Penting Bersihkan Tirai Biar Tampak Baru

Dream - Tirai perlu dibersihkan secara teratur untuk menjaganya selalu bersih dan terlihat bersinar. Tirai merupakan batas langsung antara jendela dan bagian dalam rumah.

Kondisi ini tentunya akan membuat debu yang berasal dari luar akan menyangkut di tirai. Kondisi tirai pun akan dengan mudah menjadi kotor hingga warnanya menghitam.

Tak heran kalau tirai sangat mudah berubah warna. Hal ini karena tumpukan debu halus dan paparan sinar matahari langsung setiap hari.

Penting untuk membersihkan tirai secara rutin. Bagaimana caranya? Ikuti saja langkah-langkah berikut agar tirai selalu tampak baru.

 

Bersihkan tirai, vitrase dan jendela

Untuk membersihkan tirai sebaiknya dilakukan secara menyeluruh. Bukan hanya mencuci tirai saja, tapi juga jendela dan rel pengait tirai. Berikut panduannya.

- Lepaskan semua pengait dan tirai, termasuk vitrase. Bawa keluar rumah dan bilas dengan air mengalir. Hal ini untuk menghilangkan dulu debu halusnya. Bilas hingga airnya jernih.

- Buat air rendaman. Campur sabun cuci dan air hangat. Rendam tirai selama 15 hingga 20 menit. Jika menggunakan sabun bubuk, pastikan deterjen larut sepenuhnya sebelum merendam tirai.

- Setelah itu jika mencuci dengan tangan, bilaslah berkali-kali agar kotorannya lepas. Hindari mengucek terlalu kasar karena akan merusak bahan. Bisa juga menggunakan mesin cuci tapi pastikan disesuaikan dengan setting mesin cuci.

- Keringkan dan jemur. Hindari terkena sinar matahari langsung, agar warnanya tak memudar.

- Setelah kering segera pasang kembali. Pastikan pengait dan relnya dibersihkan lebih dulu sebelum tirai dipasang kembali.

Sumber: HouseBeautiful

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Pilih Warna Cat Dinding Sesuai Fungsi Ruangan Biar Makin Betah dan Produktif
Cara Pilih Warna Cat Dinding Sesuai Fungsi Ruangan Biar Makin Betah dan Produktif

Cat dinding harus dipilih sesuai dengan fungsi ruangan agar hunian terasa nyaman. Cari tahu rekomendasi warna ruangan dari pakar.

Baca Selengkapnya
Bikin Tumis Pare Gurih,  Ada Trik Kurangi Rasa Pahitnya
Bikin Tumis Pare Gurih, Ada Trik Kurangi Rasa Pahitnya

Ada banyak variasi tumis pare yang dapat disajikan dengan tambahan berbagai bahan lainnya, sehingga membuat hidangan semakin nikmat.

Baca Selengkapnya
Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu
Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Kenyamanan rumah juga ditentukan dari aroma yang ada di setiap ruangan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Rekomendasi Tanaman Indoor untuk Berbagai Ruangan di Rumah, Ciptakan Hunian Cantik dan Sehat
Rekomendasi Tanaman Indoor untuk Berbagai Ruangan di Rumah, Ciptakan Hunian Cantik dan Sehat

Sesuaikan tanaman indoor dengan kebutuhan ruanganmu yuk!

Baca Selengkapnya
Trik Merancang Rumah Minimalis agar Terasa Sejuk Ternyata Mudah, Bikin Keluarga Makin Betah!
Trik Merancang Rumah Minimalis agar Terasa Sejuk Ternyata Mudah, Bikin Keluarga Makin Betah!

Ini lho trik menata rumah minimalis agar lebih sejuk secara alami.

Baca Selengkapnya
3 Cara Kontur Dagu Biar Wajah Tampak Tirus dan Proporsional
3 Cara Kontur Dagu Biar Wajah Tampak Tirus dan Proporsional

Sempurnakan penampilan wajah dengan trik kontur dagu yang praktis banget.

Baca Selengkapnya
Tips Menata Kamar yang Kecil Terlihat Lebih Luas
Tips Menata Kamar yang Kecil Terlihat Lebih Luas

Kamar tidur yang rapi akan terlihat lebih luas dan nyaman. Kamu juga bisa melakukan beragam tips lain agar kamar tidur yang kecil terlihat lebih luas.

Baca Selengkapnya
Tips Jitu Menjaga Kasur Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan
Tips Jitu Menjaga Kasur Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan

Perlu diketahui, jika kamu memilih untuk berada di satu kamar bersama hewan peliharaan, kamu akan lebih sulit nantinya untuk membersihkan kamar.

Baca Selengkapnya
Bagian Depan Rumah Dicap Buluk dan Jorok, Pemilik Beri Balasan Menohok Pakai Desain Interiornya yang Bikin Melongo
Bagian Depan Rumah Dicap Buluk dan Jorok, Pemilik Beri Balasan Menohok Pakai Desain Interiornya yang Bikin Melongo

Mira merasa kesal karena rumah yang baru dibangunnya itu dibilang jelek oleh tetangganya.

Baca Selengkapnya