Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Mudah Membuat Pintu Kaca Mandi Selalu Kinclong

Cara Mudah Membuat Pintu Kaca Mandi Selalu Kinclong Cara Membuat Pintu Kaca Mandi Anda Berkilau. Ilustrasi (foto:unsplash)

Dream- Membersihkan kaca di kamar mandi  harus dijadikan kegiatan yang rutin. Jika Sahabat Dream tidak rajin membersihkan kaca, jendela dan bagian rumah berkaca lainnya akan terlihat kotor. 

Bukan hanya tampak lebih terawat, kaca yang bersih mampu memantulkan cahaya sehingga tempat tinggal jadi tampak lebih hidup.

Misalnya saja kaca kamar mandi. Sebenarnya hal yang mudah menjaga kejernihan kaca. Kita hanya perlu membersihkannya setelah selesai kita pakai. Sayangnya, kita sering malas atau lupa membersihkan kaca kamar mandi sehabis kita pakai.

Akibatnya, tumpukan busa sabun akan mengeras sehingga menyebabkan kaca menjadi berjamur. Setiap hari, pintu kaca kamar mandi akan terkena air, buih sabun dan sampo. Kaca yang semula jernih pun lama-kelamaan berubah menjadi buram karena tertutup lapisan minyak, kerak kapur air, buih yang mengering, dan jamur.

Namun, jika kaca sudah terlanjur kotor dan meninggalkan kerak, kamu tidak bisa membersihkannya hanya dengan air saja. Nah, berikut ini beberapa tips yang harus Sahabat Dream perhatikan agar kaca kembali kinclong seperti sedia kala. Untuk lebih lengkapnya, yuk, kita simak di bawah ini!

Bahan dan alat yang dibutuhkan

  • Cuka putih
  • Air biasa
  • Cairan pencuci piring (opsional)
  • Minyak esensial (opsional)
  • Kain microfiber
  • Botol semprot kosong

Cara Membersihkan Kaca Kamar Mandi

1. Campur Beberapa Bahan

Tuang cuka putih secukupnya kemudian campur dengan air ke dalam wadah. Cuka adalah salah satu bahan yang ampuh untuk membersihkan peralatan rumah.

Membuatnya juga sangat mudah, yaitu dengan menggunakan perbandingan 50:50 antara cuka dan air. Lalu hangatkan di dalam microwave selama 20 hingga 40 detik (tergantung kekuatan microwave).

Pembersih hangat lebih efektif dalam menghilangkan noda daripada pembersih dingin atau bersuhu ruangan. Tapi jika Sahabat Dream ingin menghindari aroma yang masih melekat dari cuka, kalian bisa tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam campuran. (Catatan: Berhati-hatilah bahwa cuka dapat berpotensi merusak peralatan rumah tangga yang terbuat dari batu. Selain cuka, bisa memilih solusi yang efektif dengan menggunakan cairan pencuci piring yang bisa menghilangkan minyak untuk menggantikan cuka.)

2. Semprot dan Diamkan Beberapa Menit

Setelah cairan campuran cuka sudah jadi, masukan pada botol semprot dan semprotkan larutan cuka tersebut secara merata pada bercak jamur di kaca. Lalu, diamkan selama lima menit sebelum membilasnya dengan air hangat. 

Sedangkan untuk membersihkan kerak atau jamur yang membandel, kalian bisa coba oleskan langsung cuka pada noda. Tidak perlu dicampur dengan air terlebih dahulu.

3. Gunakan Kain Mikrofiber

Sama halnya dengan membersihkan kacamata dan layar ponsel, kain mikrofiber adalah pilihan terbaik  untuk membersihkan kaca jendela.

Kain mikrofiber sangat mudah menyerap air, mudah dicuci, serta membuat kaca bersih dan berkilau tanpa gesekan. Kamu bisa membeli kain mikrofiber di marketplace, ataupun memakai kain bekas pembersih kacamata.

Jika kamu benar-benar ingin jendelamu bersih tanpa coretan residu air dan larutan pembersih, coba bersihkan secara sistematis dari atas ke bawah. Cairan pembersih pasti akan menetes ke bawah sehingga kamu tidak perlu banyak menyemprot sisi bawah kaca.

Selain itu jika mulai bekerja dari sisi atas, tetesan dan percikan air tidak akan mengotori kaca yang sudah kamu bersihkan sebelumnya. Setelah kering, kalian dapat menggunakan kain untuk membersihkan goresan atau noda. Biarkan pintu kamar mandi terbuka untuk memastikan sisa kelembapan menguap dari permukaan kaca.

4. Langkah Pencegahan

Seka dan bersihkan permukaan kaca dengan teratur. Sahabat Dream hanya butuh waktu sebentar untuk membersihkan air di kaca secara teratur agar tidak mengering dan menimbulkan noda. Cara ini sangat efektif untuk mengurangi potensi kerusakan kaca permanen di masa depan.

Sahabat Dream dapat melakukan pencegahan seperti berikut ini.

  • Keringkan pintu kamar mandi setiap kali selesai digunakan menggunakan lap handuk yang tidak berserat untuk menghilangkan air yang menempel.
  • Bersihkan kaca satu minggu sekali atau lebih untuk mencegah terjadinya noda.
  • Bertindaklah dengan cepat: semakin lama nodanya menempel, semakin sulit dihilangkan, dan bahkan dapat menempel permanen pada permukaan kaca. (mut)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kendur. Yuk, simak cara mengencangkan kulit secara alami menggunakan 3 bahan rahasia ini!

Baca Selengkapnya
5 Tips Mandi dari Pakar  Biar Kulit Tak Kering dan Selalu Sehat

5 Tips Mandi dari Pakar Biar Kulit Tak Kering dan Selalu Sehat

Merawat kulit wajah dan tubuh bisa diawali dengan memperhatikan kebiasaan sebelum, saat, maupun sesudah mandi sesuai tips dari pakar.

Baca Selengkapnya
7 Trik Mematangkan Mangga dengan Cepat, Cuma Pakai Alat Rumahan

7 Trik Mematangkan Mangga dengan Cepat, Cuma Pakai Alat Rumahan

Tidak sengaja membeli buah mangga yang belum matang sepenuhnya seringkali menjadi tantangan, terutama ketika kita ingin segera menikmatinya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Kencangkan Kulit yang Mengendur dengan 5 Langkah Simple

Kencangkan Kulit yang Mengendur dengan 5 Langkah Simple

Kulit yang mengendur bisa diatasi dengan pemakaian skincare dan memperbaiki pola hidup. Bahkan, pijatan wajah pun bisa membantu mengatasinya.

Baca Selengkapnya
Tips Merebus Gula Merah agar Kental dan Manisnya Pas

Tips Merebus Gula Merah agar Kental dan Manisnya Pas

Berikut ini adalah tips yang bisa dicoba untuk menghasilkan gula merah cair yang kental dan manis pas untuk tambahan hidangan.

Baca Selengkapnya
Trik Merancang Rumah Minimalis agar Terasa Sejuk Ternyata Mudah, Bikin Keluarga Makin Betah!

Trik Merancang Rumah Minimalis agar Terasa Sejuk Ternyata Mudah, Bikin Keluarga Makin Betah!

Ini lho trik menata rumah minimalis agar lebih sejuk secara alami.

Baca Selengkapnya
6 Tips Bikin Minuman dari Daun Cincau, Gak Ribet Kok!

6 Tips Bikin Minuman dari Daun Cincau, Gak Ribet Kok!

Bikin minuman dari daun cincau ternyata gak ribet dan simpel banget, loh! Tinggal ikuti beberapa langkah berikut!

Baca Selengkapnya
Resep Simpel Sayur Nangka Khas Padang,  Pedas dan Menggugah Selera

Resep Simpel Sayur Nangka Khas Padang, Pedas dan Menggugah Selera

Perpaduan antara nangka muda empuk dengan bumbu rempah-rempah yang kaya menciptakan cita rasa yang menggugah selera.

Baca Selengkapnya
Tips Praktis Membuat Keripik Pisang yang Renyah dan Gurih

Tips Praktis Membuat Keripik Pisang yang Renyah dan Gurih

Keripik pisang, camilan manis yang gurih dan renyah. Yuk, ikuti beberapa tips simpel yang akan membuat hasilnya sempurna!

Baca Selengkapnya