Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Jauhkan Tanaman dari Hama serta Penyakit

Cara Jauhkan Tanaman dari Hama serta Penyakit Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Selama di rumah saat pandemi Sahabat Dream mengoleksi banyak tanaman hias? Deretan pot tanaman dengan daun segar dan besar memang membuat rumah jadi tampak asri. Penting untuk menjaganya selalu sehat.

Penting diketahui, tanaman sangat berisiko terkena hama dan penyakit dan hal ini sangat wajar. Bagi mereka yang baru belajar menanam mungkin akan kebingungan melihat tanaman memiliki daun yang bolong padahal sebelumnya segar.

Bisa juga tanaman tiba-tiba rontok. Mengapa hama dan penyakit muncul? Alam penuh dengan serangga dan mikroorganisme, dan mereka dapat menyerang tanaman kapan saja. Secara umum, penyakit lebih mungkin terjadi bila ada semacam ketidakseimbangan.

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kesehatan tanaman. Antara laint, tanah yang kekurangan nutrisi, polutan kimiawi, penggunaan pupuk yang berlebihan, atau kelembapan yang terkontrol.

Bagaimana cara agara tanaman bebas dari hama dan penyakit?

 

Pupuk organik

Tanaman membutuhkan pupuk untuk menjaga agar tanah berkualitas baik yang kaya akan makanan dan nutrisi. Taaman juga membutuhkan pemangkasan rutin dan penanaman kembali (repotting) saat membutuhkan ruang tambahan.

Tanaman yang sehat adalah tanaman yang kuat baik akar, batang, maupun daunnya dan jadi lebih siap untuk melawan hama dan penyakit. Carilah pupuk organik seperti kotoran hewan dan akan memberi tanaman berbagai macam mineral dan nutrisi.

 

Periksa teratur

Penting untuk belajar memperhatikan tanaman dan memeriksanya secara teratur. Jika muncul serangan hama, serangga dan tungau pasti kondisi tanaman berubah.

Misalnya, daunnya bolong, penuh dengan bercak putih atau hitam, batangnya tak sehat dan sebagainya. Ingat, bercak atau lubang apapun bisa menjadi tanda penyakit.

 

Kenali hama tanaman

Jika memiliki kebun atau banyak koleksi tanaman hias, kenali hama dan penyakit yang sering menyerang. Mulai dari kutu biasa dan kutu putih hingga laba-laba merah, ulat, dan siput.

Jika memiliki kebun sayur, perlu mewaspadai kutu daun dan siput, terutama jika tinggal di daerah beriklim lembap. Sebaliknya, tungau laba-laba lebih menyukai iklim yang lebih panas dan lebih kering, serta cenderung menyerang batang dan daun.

 

Cari cara alami menangkal hama dan penyakit

Cobalah untuk menghindari bahan kimia untuk menangkal hama dan penyakit. Ada banyak alternatif fitosanitasi ekologis yang dapat membantu membasmi hama tanpa merusak lingkungan atau makhluk hidup lainnya. Dalam beberapa kasus, bahkan mungkin bisa membuatnya sendiri.

Misalnya, berapa spesies, seperti tanaman aromatik, secara alami mengusir serangga. Misalnya, mint dan basil sangat cocok untuk melawan lalat dan nyamuk, sedangkan lavender dikenal untuk mengusir kutu daun.

Sumber: DecorTips

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa
3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

Beberapa penyakit bisa dialami saat berpuasa. Terutama jika tidak terbiasa dengan pola makan baru. Hindari penyakit tersebut dengan memperhatikan beberapa hal.

Baca Selengkapnya
Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman
Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Malas olahraga bisa bikin kamu mengalami berbagai masalah kesehatan yang berbahaya, lho. Apa aja sih masalah yang bisa timbul?

Baca Selengkapnya
Cara Mengatasi Sakit Kepala yang Efektif Menggunakan Teh, Tapi Ada Syaratnya
Cara Mengatasi Sakit Kepala yang Efektif Menggunakan Teh, Tapi Ada Syaratnya

Apakah mengonsumsi teh dapat memberikan dampak positif terhadap sakit kepala atau justru memperparahnya?

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.