Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Hilangkan Bekas Cat Membandel yang Menyebar di Lantai

Cara Hilangkan Bekas Cat Membandel yang Menyebar di Lantai Bersihkan Cat Di Lantai/ Foto: Shutterstock

Dream - Mengecat ulang rumah baik dinding maupun langit-langit pastinya akan membuat interior rumah jadi sangat berbeda. Lebih segar dan tampak baru.

Satu hal setelah mencat ulang, ada satu masalah yang mungkin Sahabat Dream hadapi, yaitu muncul bercak bekas pengecatan di lantai. Hal ini tentunya sangat menganggu tampilan rumah.

Jangan didiamkan terlalu lama. Segera bersihkan bekas bekas cat tersebut dengan cara-cara berikut.

1. Menggunakan amplas
Cara pertama bisa menggunakan amplas. Untuk menghilangkan bekas cat di lantai, gunakan amplas yang tidak terlalu kasar. Hal ini ditujukan agar lantai tidak tergores pada proses pengamplasan. Untuk melakukannya pun juga harus perlahan.

2. Tinner
Cara kedua, cukup persiapkan tinner dan kain kering. Basahi kain dengan tiner setelah itu langsung gosokan saja ke lantai yang terdapat bekas cat. Untuk cara ini bisa dilakukan berulang kali hingga noda bekas cat benar-benar hilang.

 

Bersihkan dengan Cairan dan Alat Khusus

3. Bersihkan dengan kape
Memang, ada banyak cara menghilangkan bekas cat di lantai. Moms bisa menggunkana skrap atau kape saja, untuk caranya cukup gosokan pada noda bekas cat di lantai. Meski memang membutuhkan tenaga lebih saat menggosok noda bekas cat di lantai, namun cara ini terbilang efektif.

4. Paint Remover
Untuk cara yang terakhir sangat mudah, karena paint remover adalah cairan kimia khusus untuk menghilangkan cat. Namun pada paint remover memiliki tingkatan yang berbeda, jika cuma menghilangkan bekas cat di lantai, pilih saja paint remover dengan tingkatan paling rendah agar lantai tidak mengalami kerusakan.

Selengkapnya baca di Diadona.id

Sering Tak Disadari, Kesalahan Mengepel Lantai yang Malah Bikin Kotor

Dream - Lantai yang kotor dan berminyak pasti tak nyaman saat diinjak. Terutama di area kamar tidur dan ruang keluarga.

Bagi Sahabat Dream yang harus mengepel lantai, pastikan membersihkannya dengan benar. Seringkali, setelah dipel lantai malah tampak buram, muncul aroma tak sedap atau nodanya tak terangkat maksimal. Hal ini pastinya sangat menyebalkan.

Untuk itu, hindari melakukan hal berikut agar hasil pel lantai optimal dan tak malah bikin makin kotor.

1. Lantai tak disapu lebih dulu
Hindari mengepel lantai sebelum disapu. Banyak debu kasar, serpihan kotoran yang jika tak disapu dan langsung dipel hanya akan berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Lantai pun tak kunjung bersih. Terutama rontokan rambut yang sulit terangkat dengan pel.

Sapu dulu lantai untuk menyingkirkan debu halus dan kasar. Setelah itu baru pel lantai agar bersihnya maksimal.

2. Mengepel Lantai ke Arah Depan
Kesalahan yang kedua dan sering tidak kita sadari adalah mengepel ke arah depan. Sebaiknya mengepel ke arah belakang dan berjalan mundur saat mengepel. Hal ini dilakukan agar kaki tidak menginjak kembal lantai yang sudah dipel.

3. Tidak Mengganti Air Pel
Kesalahan berikutnya yang sering terjadi adalah yang tidak mengganti air pel yang sudah kotor. Saat malas-malasan mengganti air pel akan membuat kotoran dari alat pel menjadi tersebar ke berbagai tempat. Apalagi membiarkan air pel sampai berwarna cokelat keruh.

Ganti air pel setidaknya setiap 2 kali bilasan pel. Dengan demikian, kotoran pada alat pel tidak akan menyebar ke ruangan lainnya. Gunakan juga cairan disinfektan agar kuman dan bakteri di lantai mati.

Selengkapnya baca di Diadona.id.

Rawat Lantai Rumah Sesuai dengan Materialnya, Biar Tahan Lama

Dream - Salah satu area rumah yang seringkali luput dari perhatian dan jarang dirawat adalah lantai. Padahal setiap hari lantai mendapat tekanan dan gesekan yang membuatnya bisa rusak dengan mudah.

Bukan hanya sekadar dipel, lantai juga butuh perawatan khusus. Hal ini juga harus disesuaikan dengan materialnya. Berikut beberapa panduan merawat lantai agar tahan lama.

1. Ubin Keramik
Pilihan ubin keramik memang paling banyak digunakan karena perawatannya terbilang praktis. Dari segi tampilan pun ubin keramik juga tergolong elegan dan berkelas. Selain itu, cara membersihkannya juga tak membuat kebanyakan ibu-ibu kerepotan.

Perlu diperhatikan bahwa kita perlu menyikat bagian sambungan atau net keramik. Bagian ini merupakan yang paling mudah terkena kotoran hingga ditumbuhi jamur. Jadi, pastikan dalam kurun waktu tertentu rutin untuk menyikatnya.

 

2. Batu alam (marmer atau granit)

Untuk tampilan lantai rumah yang mewah dan berkelas, material batu alam memang sering jadi pilihan. Lantaran sifat material ini yang berpori membuat kita harus ekstra untuk merawatnya.

Pastikan material lantai dari batu alam baik granit atau marmer ini bebas dari genangan air. Jika tidak sengaja terkena tumpahan air, maka sesegera mungkin agar mengeringkannya dengan kain pel. Tak hanya itu, lakukan coating berkala pada material batu alam ini untuk memberikan perlindungan tambahan pada lantai.

 

3. Parket Kayu

Bila ingin membuat nuansa hangat dan homey, maka pilihan yang sangat tepat adalah dengan menggunakan bahan material lantai parket kayu ini. Sama halnya dengan material batu alam, parket kayu juga rentan terhadap genangan air.

Air akan membuat matrerial parket kayu mudah rapuh, sehingga kalau tidak segera dibersihkan saat terkena noda atau air akan membuat lantai cepat mengalami kerusakan. Saat mengepel lantai, pastikan menggunakan kain pel yang lembap dan tidak terlalu basah.

Lantai parket juga rentan terhadap permukaan yang tajam karena mudah tergores. Oleh karena itu, baiknya Moms memberikan karet pelindung tambahan pada semua perabot dan hindari memindahkan perabot dengan cara diseret atau didorong, melainkan diangkat, untuk menghindari lantai rumah tergores dan rusak.

4. Vinyl
Material vinyl memiliki tampilam hampir serupa dengan parket. Vinyl diketahui memiliki daya tahan lebih baik dari air. Hindari juga vinyl dari genangan air karena lem yang digunakan sebagai perekat pada permukaan lantai dapat rusak. Material lantai rumah ini juga serupa dengan parket, yaitu lemah terhadap permukaan tajam sehingga karet pelindung untuk furnitur rumah.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Merawat Lubang Tindikan agar Tetap Nyaman dan Bebas Iritasi

Cara Merawat Lubang Tindikan agar Tetap Nyaman dan Bebas Iritasi

Lakukan perawatan ini, agar lubang tindikan tidak bermasalah.

Baca Selengkapnya
5 Cara Bikin Lengan Kencang Bebas Gelambir dari Ahli Kebugaran

5 Cara Bikin Lengan Kencang Bebas Gelambir dari Ahli Kebugaran

Jangan biarkan lengan bergelambir dan membuatmu kurang percaya diri. Hempas lemak di lengan dengan 5 saran dari ahli.

Baca Selengkapnya
Rambut Mudah Berminyak? Tenang, Ada 5 Cara Mengatasinya

Rambut Mudah Berminyak? Tenang, Ada 5 Cara Mengatasinya

Rambut berminyak bisa mengganggu penampilan dan membuatmu merasa tidak nyaman. Atasi dengan menerapkan 5 kebiasaan sederhana.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
DRESS IT! Totorial Melipat Hijab Anti Kusut

DRESS IT! Totorial Melipat Hijab Anti Kusut

Sudah full effort mencuci hijab sampai bersih dan disetrika rapi, malah kusut pas dilipat. Punya masalah yang sama?

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tips Anak Kos Dapat Makan Gratis dengan Elegan

BUNGKUS! Tips Anak Kos Dapat Makan Gratis dengan Elegan

Sahabat Dream, buat kalian yang anak kost atau lagi tanggal tua, bisa banget ikutin tips ini biar kamu bisa makan gratis. Yuk Simak!

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! THIS OR THAT

BUNGKUS! THIS OR THAT

Kalau Sahabat Dream berada di antara dua pilihan ini, kalian akan pilih tim yang mana?

Baca Selengkapnya