Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Hemat Energi Bikin Rumah Terasa Sejuk

Cara Hemat Energi Bikin Rumah Terasa Sejuk Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Menghabiskan waktu berbulan-bulan di rumah saat pandemi, tentunya kita ingin membuat hunian senyaman mungkin. Satu hal yang kerap membuat rumah tak nyaman adalah suhu yang panas dan pengap.

Saat panas, mungkin Sahabat Dream langsung menyalakan pendingin ruangan atau AC agar terasa sejuk. Cara ini memang praktis, tapi bisa membuat tagihan listrik membengkak dan lidak hemat energi

Tidak ada salahnya untuk melakukan trik berukit demi membuat rumah lebih sejuk tapi hemat energi. Mengingat, pandemi belum ada tanda bakal berakhir dan kemungkinan kita masih harus di rumah dalam waktu lama.

1. Gunakan AC dengan bijak
Saat cuaca sangat panas di luar, menyalakan AC adalah salah satu cara untuk memberikan kelegaan. Tetapi ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menekan biaya. Pastikan saat menyalakan AC seluruh pintu dan jendela terutup rapat.

Setel AC antara 23?C hingga 26?C. Ingat, setiap derajat pendinginan ekstra dapat menambah 10 persen biaya pengoperasian listrik. Kita dapat membantu AC bekerja lebih efisien dengan menaungi mesin AC yang ada di luar dan menjaga kebersihan filter.

 

Kipas dan Material Tipis

2. Bahan tipis dan lembut
Pilih pakaian yang tipis dan lembut di kulit untuk pemakaian sehari-hari. Hindari menggunakan kaus dan celana berbahan tebal. Hanya di rumah saja, tak perlu menggunakan pakaian dengan banyak detail yang malah membuat gerah.

Pertimbangkan juga 'berinvestasi' pada seprai berbahan lembut dan dingin, biasanya memang lebih mahal dan berkualitas tinggi. Bahan ini akan membuat kita tidur lebih nyaman, lebih sejuk, tak cepat panas, sehingga tak perlu terlalu lama menyalakan AC.

3. Kipas di langit-langit
Kipas langit-langit yang sederhana bisa sangat efektif saat panas terik. Efek pendinginan yang dirasakan bisa mencapai 6 derajat celcius. Daripada mengubah suhu udara, kipas langit-langit memanfaatkan penguapan untuk membantu penghuni rumah merasa lebih sejuk. Harganya cukup terjangkau dan tak banyak memakan energi listrik.

Sulap Teras Rumah Jadi Asri dan Bikin Betah

Dream - Tak bisa jalan-jalan apalagi liburan karena pandemi Covid-19, tentunya kita butuh penyegaran. Salah satu tempat yang paling aman dan nyaman adalah teras rumah. Bagaimana kalau Sahabat Dream menata ulang teras agar tampilannya jadi berbeda, lebih asri dan bikin betah.

Dengan elemen dekorasi yang tepat dan sedikit sentuhan pribadi yang, teras rumah bisa jadi 'tempat pelarian' yang nyaman. Untuk menata ulang teras, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Apa saja?

Penghalang sinar matahari
Teras yang snagat terbuka, terutama bagian atap cenderung tidak nyaman. Terutama saat matahari sedang sangat terik. Untuk itu dibutuhkan kanopi atau penghalang, agar kita bisa duduk di teras tanpa perlu silau dan kepanasan.

Bisa dibilang, kanopi teras merupakan 'investasi mahal', tapi bisa bertahan lama hingga hitungan tahun. Bukan hanya melindungi kita tapi juga furnitur di teras dari panasnya matahari. Pertimbangkan untuk memasang kanopi yang sesuai dengan ukuran, bentuk dan suasana teras.

 

Sentuhan Alam dan Warna yang Tepat

Pilih warna dan bahan yang tepat
Untuk area luar ruangan apa pun, baik teras, taman, atau balkon, disarankan memilih furnitur khusus untuk luar ruangan. Perlu diingat bahwa kondisi cuaca ekstrem, seperti panas yang menyengat, hujan, angin, dapat membuat furnitur lebih mudah aus dan mengelupas.

Untuk warnanya, meskipun itu tergantung selera, tapi lebih baik menggunakan warna netral atau natural untuk furnitur dan menambahkan sentuhan warna lain lewat dekorasi agar lebih hangat.

Sentuhan alam
Tanaman menghubungkan kita dengan alam dan mampu menenangkan siapa pun. Taruh beberapa pot tanaman, bisa berukuran besar atau sedang, untuk menyegarkan teras. Bisa juga menaruh batu alam putih di area lantai. Bisa juga menaruh tanaman bunga beraroma wangi.

Tanaman Berbunga Cantik yang Bisa Ditaruh dalam Ruangan

Dream - Memelihara tanaman kini sedang banyak diminati sejak pandemi. Untuk menghabiskan waktu di rumah agar tak membosankan, menata dan merawat tanaman memang bisa dijadikan aktivitas seru.

Mungkin Sahabat Dream termasuk yang suka merawat tanaman dan sedang mencari tanaman berbunga. Tanaman satu ini memang memiliki tampilan yang cantik dan bisa menyegarkan suasana dalam rumah.

Sedang bingung mencari tanaman berbunga untuk di dalam rumah? Empat tanaman berikut mungkin bisa jadi pilihan.

Peace Lily

Peace Lily

Tanaman satu ini begitu cantik dengan bunga berwarna putih. Kamu bisa menaruhnya di meja kerja, dekat jendela atau mungkin di kamar tidur. Bukan hanya tampilannya apik, tapi juga bisa membantu membersihkan udara dari polusi.

Tanaman hias yang populer ini bisa tumbuh subur tanpa terlalu banyak penyiraman dan hanya butu sedikit sinar matahari. Sangat cocok untuk di dalam ruangan.

 

Anggrek

Banyak yang mengira anggrek akan mati jika ditaruh di dalam ruangan. Sebenarnya, bunga tropis ini hanya perlu diperhatikan aliran drainasenya, pertumbuhan akar dan mendapat cukup udara.

Anggrek

Terutama pada anggrek yang ditempatkan di dalam pot. Pastikan tidak terlalu banyak menyiraminya. Cukup sirami langsung dari keran setiap minggu selama beberapa detik.

Cyclamen

 Cyclamen

Salah satu tanaman indoor berbunga yang disukai banyak orang. Cyclamen tumbuh subur di tempat yang terang dan lapang. Selama tidak ditaruh tempat gelap, maka akan berbunga meski diletakkan dalam pot. Warnanya juga sangat beragam, ada ungu, merah muda, merah dan putih yang cerah. Menambah nuansa manis dalam rumah dengan bunganya.

Bougenville 

Bougenville


Banyak yang mengira bunga bougenville hanya akan tumbuh subur jika ditaruh di luar rumah. Bunga ini juga bisa tampak memukau jika ditaruh dalam pot dan dalam ruangan. Taruh saja dekat jendela agar mendapat banyak paparan sinar matahari. Lakukan juga pemangkasan secara rutin agar tampak rapi.

 

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Trik Merancang Rumah Minimalis agar Terasa Sejuk Ternyata Mudah, Bikin Keluarga Makin Betah!

Trik Merancang Rumah Minimalis agar Terasa Sejuk Ternyata Mudah, Bikin Keluarga Makin Betah!

Ini lho trik menata rumah minimalis agar lebih sejuk secara alami.

Baca Selengkapnya
Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Kenyamanan rumah juga ditentukan dari aroma yang ada di setiap ruangan.

Baca Selengkapnya
Penampakan Rumah Ini Bikin Melongo, Dari Luar Bak Gubuk Kayu Lihat Isi Dalamnya Auto Terpana!

Penampakan Rumah Ini Bikin Melongo, Dari Luar Bak Gubuk Kayu Lihat Isi Dalamnya Auto Terpana!

Dibalik kesederhanaan rumahnya itu terdapat keindahan yang luar biasa

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Rahasia Minum Air Putih yang Tepat untuk Kulit Flawless

Rahasia Minum Air Putih yang Tepat untuk Kulit Flawless

Tak bisa hanya sekadar minum, ada beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan ketika meminum air.

Baca Selengkapnya
Ini 10 Makanan Penambah Energi yang Cocok Jadi Menu Makan Sahur

Ini 10 Makanan Penambah Energi yang Cocok Jadi Menu Makan Sahur

Memaksimalkan energi dalam tubuh membutuhkan pola makan yang holistik. Yuk, simak jenis-jenis makanan yang bisa memaksimalkan energi tubuh ini!

Baca Selengkapnya
5 Trik Bebas Sembelit Saat Puasa, Perut Jadi Lebih Nyaman

5 Trik Bebas Sembelit Saat Puasa, Perut Jadi Lebih Nyaman

Kadang kita kurang memperhatikan asupan serat saat sahur dan berbuka, sehingga buang air besar jadi sangat sulit atau keras.

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Outfit Ke Konser Ala IU

DRESS IT! Outfit Ke Konser Ala IU

Sahabat Dream, referensi kali cocok banget nih buat kalian yang suka nonton konser. Kali ini bisa jadi referensi buat nonton Coldplay.

Baca Selengkapnya