Cara Alami Agar Rumput Liar Tak Tumbuh Lagi Merusak Taman

Tak perlu pusing menghadapi gulma, yuk cari tahu caranya.

Mutia Nugraheni
| 10 Mei 2019 08:08

Dream - Memiliki taman yang asri di rumah, dengan bunga dan tumbuhan memang membuat betah. Kita bisa duduk berjam-jam sambil minum teh hangat atau kopi dengan memandangi taman yang cantik.

Jangan sampai keindahan taman jadi rusak karena rumput liar yang biasanya muncul di sudut taman. Akarnya yang masih tersisa di tanah kerap kali membuatnya tumbuh kembali dan merusak tanaman serta bunga.

Ada cara alami untuk membersihkannya. Yuk, cari tahu.

Koran
Trik ini juga kerap digunakan penata taman profesional. Potong rumput dengan gunting rumput lalu taruh koran di bagian atasnya. Dikutip dari Realsimple, karbon pada koran bekas akan memblok pertumbuhan rumput liar dan gulma karena menutup matahari dan udara.

Air mendidih
Cara ini juga sangat murah, sederhana, efektif, dan benar-benar bebas bahan kimia. Untuk area yang tak terlalu besar, bisa menggunakan air mendidih, seperti di area jalan masuk, atau undakan. Rebus air dalam panci dan tuang area tempat tumbuhnya gulma. Pastikan tidak menuangnya dekat tanaman. Jika gulma tumbuh kembali, ulangi prosesnya sampai area tersebut bebas dan bersih.

Jus lemon
Lemon berfungsi sebagai asam alami untuk membunuh gulma. Isi botol semprot dengan jus lemon dan semprot gulma. atau dua hari. Untuk formula ekstra kuat, campur jus lemon dengan cuka asam.

Mudah, bukan? Selamat mencoba!

 

Reaksi Mainaka yang Bikin Nia Ramadhani Menangis

Jangan Lewatkan