Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Buat Sudut 'Steril' di Area Pintu Masuk Rumah

Buat Sudut 'Steril' di Area Pintu Masuk Rumah Entryway Di Sudut Rumah/ Foto: Shutterstock

Dream - Pandemi mengubah kehidupan dan aktivitas sehari-hari dalam sekejap, termasuk penataan rumah. Dulu, setelah beraktivitas di luar kita bisa langsung masuk ke rumah tanpa perlu bersih-bersih lebih dulu.

Kini, hal tersebut bisa jadi sangat berbahaya. Kita tidak tahu virus Covid-19 mungkin menempel di pakaian, tas, ponsel, sepatu atau rambut. Untuk itu, penting untuk membuat sudut steril atau area bersih-bersih di dekat pintu masuk rumah.

Idealnya berada tak jauh dari pintu masuk utama. Apa saja yang harus ada di sudut steril ini? Tentu saja penyimpanan barang dan sepatu atau sandal. Bisa berupa kotak sepatu, gantungan atau kotak penyimpanan yang ditempel di dinding.

Entryway

Sediakan disinfektan spray, hand sanitizer atau jika memungkinkan area untuk mencuci tangan di sudut ini. Lengkapi juga dengan tempat sampah untuk membuang masker yang telah dipakai untuk selanjutnya disemprot disinfektan spray.

 

Penyimpanan yang Rapi

Taruh beberapa kursi agar seluruh anggota keluarga lebih nyaman saat bersih-bersih. Lengkap dengan gantungan untuk menaruh jaket, scarf atau penutup kepala agar tertata rapi. Setelah digantung, siapapun bisa langsung menyemprotnya dengan disinfektan.

Untuk membuatnya tertata rapi, buat label di tiap penyimpanan agar lebih mudah dicari dan ditata kembali. Bisa juga beri keterangan atau pentunjuk detail soal langkah apa saja yang harus dilakukan sebelum masuk rumah.

Mulai dari melepas masker dan membuangnya. Lalu sepatu, semprot dengan disinfektan, setelah itu jaket dan tas. Baru kemudian cuci tangan dan kaki dengan sabun dan air mengalir. Masuk rumah dan harus langsung mandi, baru bisa berkumpul dengan keluarga.

Trik Menata Kamar Mandi Agar Mudah Dibersihkan

Dream - Dari semua ruangan di rumah, kamar mandi merupakan area yang paling cepat kotor. Uap dan kelembapan yang terus-menerus, ditambah percikan busa dan tumpahan produk pembersih tubuh membuat kamar mandi sangat mudah ditumbuhi jamur dan lumut.

Tak dibersihkan rutin, akan membuat kamar mandi jadi berbau tak sedap, temboknya menguning, lantainya menghitam dan kondisi toilet pun jadi penuh serangga serta cacing. Hal ini tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan seluruh anggota keluarga.

Untuk membuat kamar mandi lebih sering dan mudah dibersihkan, cobalah mulai dengan penataannya. Beberapa trik penataan berikut mungkin bisa diterapkan di rumah, demi pembersihkan kamar mandi yang lebih mudah.

Pemilihan warna dan motif ubin
Saat memilih warna untuk kamar mandi, pertimbangkan permukaan yang digunakan. Pada lantai, selalu gunakan ubin dengan motif atau pola, karena ini akan mengalihkan mata dari fokus pada kotoran atau debu.

Pastikan memilih warna semen pelapis dinging yang sedikit lebih gelap dari ubin, karena lapisan ini jadi yang pertama berubah warna seiiring waktu. Untuk dinding tanpa ubin, pilih warna yang terang dan lapang seperti putih, cokelat muda dan kelabu tua, hijau muda dan abu-abu lembut. Semuanya secara visual membuat ruangan terasa segar dan bersih. Cari cat kamar mandi tahan noda yang dirancang khusus untuk area basah dan dilengkapi dengan zat penghambat pertumbuhan jamur bawaan.

 

Penyimpanan khusus

Sediakan rak khusus untuk menaruh alat mandi dan produk yang digunakan sehari-hari. Pilih rak yang modelnya mudah dibersihkan. Begitu juga untuk alat pembersih di kamar mandi. Biasanya di sudut, terdapat disinfektan, sikat kamar mandi dan sabun pembersih lantai. Sediakan wadah khusus untuk menyimpannya.

Hal ini akan membuat lantai lebih mudah dibersihkan. Cukup angkat wadah dan seluruh sudut bisa dibersihkan dengan cepat. Untuk produk perawatan yang berukuran kecil, bisa juga menaruh penyimpanan tertutup di dinding agar lebih rapi dan mudah dibersihkan.

Cara Mudah Hilangkan Bau Tak Sedap di Kamar Mandi

Dream - Aroma tak sedap dari kamar mandi tentunya sangat menganggu. Terutama bila aroma tersebut juga tercium sampai ke ruangan lain seperti ruang keluarga, dapur atau kamar tidur. Tentunya hal ini membuat rumah jadi tak nyaman.

Bau tak enak memang mudah muncul dari kamar mandi. Mulai dari aroma lembap, pembuangan, kotoran hingga bau asam. Selain harus dibersihkan secara teratur, ada beberapa trik yang bisa dilakukan di kamar mandi untuk meredakan baru tak sedap. Apa saja? Yuk simak.

Ventilasi
Masalah yang kerap muncul di kamar mandi kecil adalah tidak ada jendela. Terlepas dari itu, tetap harus dibuat ventilasi untuk menghilangkan kelembapan berlebih dan bau tak sedap. Jika tak bisa dibuat jendela, solusi termudah adalah dengan membukanya setiap selesai mandi. Bisa juga memasang exhaust fan atau kipas ventilasi. Cara ini akan memastikan udara di kamar mandi berputar dan tak berbau lembap.

Pipa saluran pembuangan
Merupakan hal yang umum memicu bau tak sedap. Pipa pembuangan juga harus dibersihkan secara rutin. Jangan sampai mampet dan penu kotoran berlemak yang akan memicu bau. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar saluran pembuangan selalu lancar.

Bisa menggunakan soda api atau garam batu ke saluran pembuangan. Diamkan selama 10 menit, setelah itu siram dengan air mengalir sekitar 5 menit. Bisa juga menggunakan campuran soda kue dan cuka.

Jangan taruh handuk basah
Hindari meletakkan bak cucian kotor dan juga handuk basah di kamar mandi. Lebih baik taruh di dekat pintu kamar mandi. Menaruh berbagai pakaian kotor dan handuk basah akan membuat kamar mandi jadi berbau tak sedap.

Taruh penyerap lembap dan pewangi
Untuk menyerap lembap dan bau, bisa juga menaruh produk penyerap di dalam kamar mandi. Ada yang digantung atau ditaruh di atas rak. Bisa juga menambahkan pewangi agar aroma kamar mandi terasa lebih segar dan 'mengalahkan' bau tak sedap.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Simpan Stroberi dengan Cara yang Tepat Agar Tidak Mudah Membusuk

Simpan Stroberi dengan Cara yang Tepat Agar Tidak Mudah Membusuk

Stroberi akan mudah membusuk jika disimpan di suhu ruang atau dibiarkan dalam keadaan lembap. Lakukan beberapa langkah untuk memastikan stroberi tidak membusuk.

Baca Selengkapnya
7 Tips Menjaga Kebersihan Alat Dapur Berbahan Silikon

7 Tips Menjaga Kebersihan Alat Dapur Berbahan Silikon

Intip beberapa cara menarik dalam membersihkan alat dapur berbahan silikon.

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Serban Terbaik, Perhatikan dari Bahan dan Usia Pemakainya

Cara Memilih Serban Terbaik, Perhatikan dari Bahan dan Usia Pemakainya

Cara memilih serban terbaik, perhatikan dari bahan dan usia pemakainya agar tidak salah pilih!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Malas olahraga bisa bikin kamu mengalami berbagai masalah kesehatan yang berbahaya, lho. Apa aja sih masalah yang bisa timbul?

Baca Selengkapnya
Serba Hitam dan Mewah, Intip Yuk Dapur Kece Rumah Desta

Serba Hitam dan Mewah, Intip Yuk Dapur Kece Rumah Desta

Penampakan dapur di rumah Desta yang dibangun bareng istri.

Baca Selengkapnya
Niat Punya Dapur Estetik dengan Atap Kaca, Usai Renovasi Malah Harus Masak Pakai Topi Pantai karena Panas Banget

Niat Punya Dapur Estetik dengan Atap Kaca, Usai Renovasi Malah Harus Masak Pakai Topi Pantai karena Panas Banget

Niat Hati Mau Estetik, Desain Atap Dapur ini Malah Bikin Ruangan Jadi Panas

Baca Selengkapnya
Stop Memotong Kutikula, Cari Tahu Trik Merawatnya

Stop Memotong Kutikula, Cari Tahu Trik Merawatnya

Kutikula memiliki peran penting dalam melindungi kuku dan kulit di sekitarnya dari infeksi

Baca Selengkapnya
7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

Banyak yang tak sadar bahwa petir sebenarnya muncul dalam berbagai macam warna. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Baca Selengkapnya
4 Langkah Penting  Biar Keju Tahan Lama dan Tak Mudah Berjamur

4 Langkah Penting Biar Keju Tahan Lama dan Tak Mudah Berjamur

Simpan keju dengan cara yang tepat agar tidak mudah basi. Perhatikan 4 hal sebelum menyimpannya di dalam kulkas.

Baca Selengkapnya