Buat Ruangan Lebih Lapang Tanpa Sekat, Cari Tahu Triknya

Tentunya ini butuh trik khusus agar kebutuhan dan fungsi ruangan tetap optimal dan tak terkesan berantakan.

Mutia Nugraheni
| 8 November 2021 10:12

Dream - Fungsi ruangan dalam rumah biasanya ditandai dengan tembok atau penyekat. Biasanya di ruang tamu atau penyekat untuk melindungi privadi. Sementar di area dapur agar aroma dan asap dapur tak memasuki ruang keluarga.

Adanya sekat atau tembok memang membuat ruangan jadi tampak lebih sempit. Kini, banyak orang yang akhirnya membuat rumah dengan konsep open space di mana tiap ruangannya tak dibatasi tembok.

Kesan lebih lapang memang bisa didapatkan. Tentunya ini butuh trik khusus agar kebutuhan dan fungsi ruangan tetap optimal dan tak terkesan berantakan. Yuk simak triknya.

1. Ubah ketinggian lantai
Tidak ada dinding, perbedaan ketinggian membuat tiap area di rumah memiliki fungsi yang berbeda. Tak hanya meninggikan satu area, bisa juga 'ditenggelamkan' atau membuatnya lebih rendah dari area lain. Cara ini membuat area tersebut terasa lebih intim dan menenangkan.

2. Berikan aksen berbeda pada plafon
Ada beberapa cara untuk memberikan aksen berbeda pada plafon. Sebagai contoh, penggunaan aksen kayu. Tidak hanya bagian plafon, dinding yang menempel pada area plafon ditutup dengan papan kayu. Menempatkan aksen ini dalam ruangan yang dipenuhi warna putih, memberikan kesan hangat.

Jika tidak ingin menambahkan material baru pada ruangan tersebut, bisa juga menggunakan cat. Pilihlah warna yang dramatis dan pertahankan konsistensi warna tersebut dari dinding ke plafon. Bisa juga membagi ruangan dengan membuat plafon hias dari papan gipsum. Beri efek drop ceiling dan sempurnakan dengan memasang pencahayaan menarik.

 

Selanjutnya :

Akses Visual

Topik Terkait :

Pesona Jeanneta Sanfadelia, Istri Ardhito Pramono Mirip Chef Renatta?

Jangan Lewatkan