Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bikin Kinclong, Ini Cara Tepat Bersihkan Daun Tanaman

Bikin Kinclong, Ini Cara Tepat Bersihkan Daun Tanaman Membersihkan Daun/ Foto: Shutterstock

Dream - Sahabat Dream termasuk orang yang suka mengeoleksi dan merawat tanaman? Jika iya, tentu kita ingin menjaga tanaman selalu sehat dan tumbuh dengan optimal. Ada satu hal yang kerap dilupakan untuk merawat tanaman adalah membersihkan daun secara rutin.

Dilansir dari Smart Garden Guide, cara terbaik membersihkan daun tanaman hias bergantung pada jenis tanaman, jenis daun, dan kotoran pada daun. Berikut beberapa cara membersihkan daun tanaman hias yang bisa diterapkan.

1. Bersihkan dengan kemoceng
Jika hanya ada lapisan debu halus pada daun, segera hilangkan penumpukan ini dengan kemoceng atau produk serupa lainnya. Sikat dedaunan dengan lembut untuk menghilangkan kotoran sebanyak mungkin tanpa terlalu keras dan cenderung mematahkan daun dari batang.

Cara ini tidak selalu menghilangkan kotoran tetapi meminimalkan penumpukan pada daun. Selain itu, cara ini juga memudahkan dalam membersihkan daun tanaman hias dalam ruangan secara ekstensif.

2. Seka daun dengan kain
Salah satu cara sederhana selanjutnya adalah menyeka debu dari daun tanaman hias. Cara ini paling cocok untuk tanaman yang tidak terlalu kotor dan memiliki sedikit daun atau daun yang lebih besar.

Metode ini bukanlah pilihan yang efisien untuk tanaman dengan banyak daun yang lebih kecil. Cara ini juga membersihkan daun tanpa meninggalkan bercak air. Bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan daun dengan cara ini hanyalah kain dan air hangat. Bisa berupa kain lap, handuk tangan, atau kain mikrofiber, asalkan bahannya cukup lembut untuk mencegah permukaan daun tergores.

 

Pakai Kuas atau Celup ke Air

3. Celupkan ke air
Tanaman yang lebih kecil atau yang memiliki banyak daun dapat dibersihkan dengan mencelupkannya ke air. Untuk menghilangkan lapisan tipis debu, mulailah dengan mengisi wastafel atau wadah. Balik pot secara perlahan dan celupkan sebentar. Ini hanya bisa dilakukan pada tanaman yang berukuran kecil. Jika terdapat banyak air pada daun, keringkan menggunakan kertas dapur atau kain lembut. Ini membantu mencegah terbentuknya bintik-bintik air di permukaan daun.

4. Bersihkan dengan kuas
Tanaman dengan daun berbulu halus perlu dibersihkan bukan dengan air. Manfaatkan saja kuas berbulu lembut atau sikat khusus untuk bersihkan tanaman. Cara ini bekerja dengan baik pada tanaman dengan rambut halus seperti Violet Afrika. Bulu menarik debu dan kotoran tetapi bisa rusak jika air masuk ke daun. Sikat yang lembut akan menghilangkan kotoran dan debu dari tanaman tanpa menimbulkan kerusakan.

Selengkapnya baca di Diadona.id

4 Tanaman yang Bisa Bantu Redakan Sedih, Taruh di Sudut Rumah

Dream - Adakah tanaman yang dapat meredakan perasaan sedih? Jawabannya pasti membuat Sahabat Dream merasa senang. Ternyata ada beberapa tanaman dalam ruangan yang bisa membantu mengurangi level kesedihan.

Tampilan dan aroma tanaman berikut bisa membuat perasaan merasa lebih baik. Bisa membantu menenangkan dan memberi perasaan puas. Menyirami tanaman juga sebenarnya membantu membantu kondisi psikologis lebih stabil. Berikut 4 tanaman tersebut.

1. Peace Lily
Bunga lili atau tepatnya peace lily berada di urutan pertama dalam kategori ini. Tanaman ini mudah dirawat dan menghasilkan bunga yang menakjubkan. Peace Lily adalah salah satu tanaman terkuat yang membantu menjernihkan udara.

Tempatkan tanaman ini di kamar tidur atau ruang tamu. Bisa juga tempat yang paling sering digunakan di rumah. Semakin bersih udara di rumah, kita semakin bahagia. Jaga agar tanaman disiram dengan baik dan beri pupuk setiap 6-8 minggu untuk merangsang tumbuhnya bunga dan mekar.

2. Lidah mertua

Lidah Mertua

Tanaman sangat bagus untuk dibawa ke dalam rumah. Tidak hanya terlihat bagus, tetapi sangat baik dalam menyerap jamur dan alergen dari udara. Tanaman hias ini memiliki kemampuan untuk melawan polutan (seperti benzena, formaldehida, karbon monoksida, dan xilena), membuatnya bagus untuk tumbuh di mana saja di dalam rumah.

Udara yang bersih bisa membantu meredakan stres. Pastikan saja ditanam di tanah yang dikeringkan dengan baik, cahaya terang dan tidak langsung.

 

 

Philodendron dan Pakis Boston

3.  Philodendron

4 Alasan Mengapa Philodendron Sangat Digemari

Philodendron memiliki daun berbentuk hati. Tanaman ini sangat bagus dalam menyerap xylene, bahan kimia yang biasa digunakan dalam cat tembok dan perlengkapan pembersih.

Juga dapat menyerap formaldehida tingkat tinggi dari udara. Tumbuhkan tanaman ini di tempat yang hangat dengan banyak sinar matahari tidak langsung yang cerah. Bisa membantu meredakan stres

4. Pakis Boston

Boston Fern

Pakis Boston adalah tanaman hias lain yang sangat bagus dalam menyaring udara. Faktanya, bisa mengeluarkan hingga 1.863 racun per jam. Pakis Boston lebih menyukai tempat sejuk dengan kelembapan tinggi dan cahaya tidak langsung. Untuk menumbuhkannya di daerah kering, perlu diberikan kelembapan tambahan terutama di musim dingin.

Cara Mudah Kembalikan Kilau Daun Tanaman Kesayangan

Dream Sahabat Dream memiliki banyak tanaman hias dalam rumah? Jika iya, pasti mendambakan suasana yang asri dan apik untuk di tiap sudut hunian. Daun-daun diharapkan tumbuh besar dan berkilau.

Jika diperhatikan, daun pada beberapa jenis tanaman akan terlihat kusam karena tertutup debu. Akhirnya, tanaman pun akan terlihat kurang menarik.

Hal ini ternyata memicu tren pengilap daun. Sampai-sampai banyak produk pengilap daun yang dijual di berbagai toko.

Dilansir dari Sidetrain, berikut cara membuat daun mengilap kembali menggunakan bahan yang tersedia di rumah. Yuk simak.

Susu

Susu

Usapkan campuran air dan susu pada daun untuk membuatnya lebih mengilap. Bahkan beberapa waktu lalu, sempat beredar cara membuat daun mengilap menggunakan merek susu tertentu.

Namun, sebenarnya kamu bisa menggunakan merek dan formula susu apapun untuk membuat daun lebih mengilap.

Kulit pisang

Bagian dalam kulit pisang bisa digunakan untuk membuat daun lebih mengilap. Kulit pisang memiliki bagian yang lembut dan halus. Sehingga ketika diusapkan, daun pun akan lebih mengilap.

Mayones

Sebagian orang juga menggunakan mayones untuk membuat daun terlihat seperti baru saja tumbuh. Usapkan mayones pada daun menggunakan handuk secara rutin agar tanamanmu terlihat lebih menarik.

Sabun

Sebenarnya, sabun sedikit berbahaya jika digunakan pada tanaman. Apalagi, jika tetesan sabun terkena pada batang, akar atau tanahnya.

Namun jika hanya digunakan pada daun, campuran air dan sabun dapat membuat tanaman lebih mengilap serta bisa mencegah ulat.

Virgin coconut oil (VCO)

Jika memiliki VCO, kamu bisa menggunakannya untuk mempercantik penampilan daun.

Usapkan sedikit ke seluruh daun untuk membuatnya mengilap kembali. Kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun bila tidak memiliki VCO.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tips Memilih Daun Kelapa untuk Membuat Ketupat Lebaran, Lengkap dengan Makna Khususnya yang Dalam Banget
Tips Memilih Daun Kelapa untuk Membuat Ketupat Lebaran, Lengkap dengan Makna Khususnya yang Dalam Banget

Daun kelapa yang digunakan tidaklah sembarangan. Ada ciri-ciri khusus agar ketupat benar-benar berhasil.

Baca Selengkapnya
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kendur. Yuk, simak cara mengencangkan kulit secara alami menggunakan 3 bahan rahasia ini!

Baca Selengkapnya
7 Tips Menjaga Kebersihan Alat Dapur Berbahan Silikon
7 Tips Menjaga Kebersihan Alat Dapur Berbahan Silikon

Intip beberapa cara menarik dalam membersihkan alat dapur berbahan silikon.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Sedapnya Serabi Tepung, Bikin untuk Camilan Akhir Pekan
Sedapnya Serabi Tepung, Bikin untuk Camilan Akhir Pekan

Biasanya, serabi disajikan dengan taburan kelapa parut atau gula kelapa, memberikan sentuhan manis yang menggoda.

Baca Selengkapnya
Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Ginjal, Mulai Sejak Muda
Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Ginjal, Mulai Sejak Muda

Ada cara-cara sederhana yang dapat membantu mencegah risiko terbentuknya batu ginjal. Yuk, simak!

Baca Selengkapnya
Resep Takjil  Segar untuk Penderita Penyakit Lambung Cuma 3 Bahan
Resep Takjil Segar untuk Penderita Penyakit Lambung Cuma 3 Bahan

Membuat takjil yang ramah untuk penderita penyakit lambung hanya membutuhkan 3 bahan sederhana. Rasanya pun manis dan segar, jadi cocok untuk melepas dahaga.

Baca Selengkapnya
Waspada Dampak Asupan Berlebihan, 6 Tips Detoks Gula Ini Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarang
Waspada Dampak Asupan Berlebihan, 6 Tips Detoks Gula Ini Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarang

Jangan disepelekan, asupan berlebihan bisa memberikan dampak yang merugikan.

Baca Selengkapnya
Tips Memilih Durian yang Matang, Lembut dan Siap Santap
Tips Memilih Durian yang Matang, Lembut dan Siap Santap

Jangan khawatir! Ada beberapa tips memilih durian yang manis

Baca Selengkapnya