Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bersihkan Cermin dengan Cara Tepat Bebas Residu

Bersihkan Cermin dengan Cara Tepat Bebas Residu Bersihkan Cermin (Foto: Shutterstock)

Dream - Sulit rasanya keluar rumah tanpa bercermin. Pastinya kita akan selalu memeriksa penampilan sebelum beraktivitas ke luar. Penempatan cermin di rumah, memang sebaiknya bukan hanya di kamar tidur tapi juga di area dekat pintu keluar.

Cermin memiliki fungsi penting di rumah. Untuk itu jangan sampai kondisinya kotor penuh debu. Digunakan setiap hari, cermin kerap kali diabaikan kebersihannya. Biasanya kita baru menyadari kondisi cermin yang kotor saat debu yang menumpuk sangat tebal hingga menghitam.

Membersihkan cermin tak semudah yang dipikirkan. Jika salah, bukannya malah bersih justru akan membuat cermin jadi tampak kusam. Nah, jangan sampai salah membersihkan cermin saat di rumah. Sahabat Dream bisa melakukan langkah-langkah berikut.

Siapkan perlengkapan

Bagian tersulit dari membersihkan cermin adalah membersihkan tanpa sisa residu berupa garis. Termasuk sisa cairan pembersih yang mengering dan kadang membuat bintik dan kesan kusam. Sebagai langkah awal, persiapkan dulu perlengkapan penting saat ingin membersihkan cermin.

- Kain microfiber, jangan gunakan koran atau lap biasa
- Formula pembersih cermin
- Semprotan
- Bola kapas
- Alkohol

Microfiber

Banyak yang menggunakan koran untuk mengangkat debu dan kotoran di cermin. Pada beberapa kondisi justru menimbulkan goresan dan residu di ujung cermin. Lebih baik gunakan lap microfiber karena mampu menarik dan menjebak debu.

Bersihkan dulu debu-debu dengan lap biasa atau kemoceng. Setelah itu, baru gunakan lap microfiber. Pastikan kondisinya lap dalam keadaan bersih. Lap yang kotor malah akan membuat cermin menjadi kusam.

 

Semprotkan formula pembersih

Saat menggunakan semprotan, pastikan tidak terlalu banyak. Pembersih yang terlalu banyak justru membuat waktu membersihkan semakin lama dan boros. Sangat tak efisien. Semprot dari bagian atas ke bawah, dan bersihkan dulu bagian atas karena debu akan turun.

 

Bersihkan dengan alkohol

Untuk noda-noda sisa pembersih atau yang membandel dan tak hilang menggunakan lap microfiber, coba bersihkan dengan alkohol. Tuang alkohol pada kapas dan bersihkan noda tersebut.

Cara ini juga bisa dilakukan saat membersihkan cermin di kamar mandi. Biasanya dipenuhi noda titik air yang sulit hilang jika dibersihkan dengan formula biasa.

Sumber: My Domaine

Jangan Buang Air Cucian Beras, Bisa Dijadikan Pembersih

Dream - Mencuci beras tentunya kita lakukan saat ingin memasak nasi. Biasanya, air bekas mencuci beras tersebut kita buang begitu saja. Padahal air tersebut bisa dimanfaatkan untuk membersihkan banyak barang.

Sabrina Wang, seorang pakar kesehatan, punya kebiasaan untuk selalu menggunakan pembilasan beras untuk membersihkan piring, meja, dan peralatan dapur. Rupanya, ini ada trik turun temurun dari nenek dan ibunya.

“Ini adalah sesuatu yang masih dilakukan banyak orang di Tiongkok sampai hari ini,” kata Wang, yang sekarang tinggal di Vancouver, Kanada, seperti dikutip dari Apartment Theraphy.

Kebiasaan menampung air cucian beras dan menjadikannya formula pembersih, sangat umum di Tiongkok. Saat dicuci, air beras atau di Indonesia disebut tajin mengandung sedimen tepung dan pati.

Termasuk kandungan mineral, yang membuat air tersebut jadi bersifat abrasif. Membuatnya efektif untuk membersihkan apa pun dan dan menghilangkan kotoran.

Tips ini juga diungkapkan pakar kuliner Tiongkok, Grace Young dalam bukunya "The Wisdom of the Chinese Kitchen". Ia menjelaskan bahwa orang-orang Tiongkok secara tradisional menggunakan air beras bertepung untuk membersihkan wajan dan peralatan masak lainnya.

Sayangnya, air beras tak bisa membersihkan permukaan berminyak. Pembersih ini sangat bagus dalam membersihkan endapan mineral, seperti lapisan air keras atau noda karat ringan.

Rendam secangkir beras mentah dalam dua gelas air. Dengan cepat aduk-aduk nasi sampai larutan berwarna susu. Gunakan saringan untuk mengeluarkan nasi dari air (nasi yang sudah dicuci siap untuk dimasak.

Celupkan kain bersih ke dalam air beras dan gunakan untuk membersihkan benda atau meja dapur. Jika jumlahnya cukup banyak, bisa disimpan dalam botol kedap udara atau toples. Selamat mencoba!

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
4 Langkah Penting  Biar Keju Tahan Lama dan Tak Mudah Berjamur

4 Langkah Penting Biar Keju Tahan Lama dan Tak Mudah Berjamur

Simpan keju dengan cara yang tepat agar tidak mudah basi. Perhatikan 4 hal sebelum menyimpannya di dalam kulkas.

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Serban Terbaik, Perhatikan dari Bahan dan Usia Pemakainya

Cara Memilih Serban Terbaik, Perhatikan dari Bahan dan Usia Pemakainya

Cara memilih serban terbaik, perhatikan dari bahan dan usia pemakainya agar tidak salah pilih!

Baca Selengkapnya
Begini Cara Tepat Pakai Conditioner Biar Rambut Tidak Lepek

Begini Cara Tepat Pakai Conditioner Biar Rambut Tidak Lepek

Rambut yang berminyak juga perlu pakai conditioner. Cari tahu cara pakainya agar kelembapan rambut tetap terkontrol.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Sedapnya Serabi Tepung, Bikin untuk Camilan Akhir Pekan

Sedapnya Serabi Tepung, Bikin untuk Camilan Akhir Pekan

Biasanya, serabi disajikan dengan taburan kelapa parut atau gula kelapa, memberikan sentuhan manis yang menggoda.

Baca Selengkapnya
Ngeri! Tahan Bersin dengan Menutup Hidung dan Mulutnya, Tenggorokan Pria Ini Sobek 2 Milimeter

Ngeri! Tahan Bersin dengan Menutup Hidung dan Mulutnya, Tenggorokan Pria Ini Sobek 2 Milimeter

Saat ingin bersin, dia menahannya dengan menutup hidung dan mulutnya. Akibatnya, dia mengalami sobekan pada saluran napasnya.

Baca Selengkapnya
Bersihkan Setrika Kesat Cuma Pakai 2 Bahan

Bersihkan Setrika Kesat Cuma Pakai 2 Bahan

Jangan biarkan setrika kesat dan kotor membuat pakaianmu tidak rapi. Bersihkan setrika dengan 2 bahan untuk mengatasinya.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Kata-Kata Manis Bos

NOTED KAK! Kata-Kata Manis Bos

Sahabat Dream bercanda lagi soal kantor yuk. Kali ini ada gak bos kamu yang seperti `PHP` dengan kata-kata manisnya? Cuma bercyanda ya....

Baca Selengkapnya
Menilik Segudang Manfaat Ceri Hitam yang Baik untuk Tubuh

Menilik Segudang Manfaat Ceri Hitam yang Baik untuk Tubuh

Setiap porsi 20 buah ceri hitam (sekitar 1 cangkir) mengandung.Intip yuk segudang manfaat ceri hitam ini, Sahabat Dream.

Baca Selengkapnya
Coba Cara Praktis Bikin Rambut Segar Tanpa Keramas

Coba Cara Praktis Bikin Rambut Segar Tanpa Keramas

Membuat rambut segar tak cukup dengan dry shampoo. Coba gunakan produk atau alat tambahan untuk membuat rambut segar kembali.

Baca Selengkapnya