Benda yang Harus Disingkirkan Demi Dapur Bersih dan Sehat

Pastikan tempat mengolah makanan dan sajian untuk keluarga tersayang dalam kondisi bersih.

Mutia Nugraheni
| 25 Maret 2018 12:45

Dream - Kondisi dapur yang bersih tentunya jadi kunci untuk menyajikan makanan sehat untuk seluruh anggota keluarga. Bayangkan jika mengolah makanan di dapur yang kotor, dipenuhi barang berdebu dan berbau, tentu akan banyak sekali serangga dan binatang pembawa penyakit datang.

Untuk itu, jika saat ini kondisi dapur kotor, segera lakukan bersih-bersih. Ada barang yang sebaiknya segera disingkirkan demi dapur Sahabat Dream selalu dalam kondisi bersih dan sehat. Apa saja?

Spons kusam dan berlendir
Spons cuci piring adalah benda yang sangat kotor jika sudah dipakai hingga kusam. Meski ada yang bilang spons bisa dicuci dengan merebusnya, tetapi benda ini tidak akan bisa sebersih baru. Maka, segeralah singkirkan benda ini dari dapur jika sudah berubah warna dan bentuk. Apalagi jika terdapat lendir di wadahnya.

Talenan rusak
Talenan yang sudah penuh goresan dan kotor, tandanya perlu segera diganti. Meskipun mungkin Anda sudah terlalu terbiasa dengan talenan tersebut di dapur, tetapi benda ini bisa jadi sumber bakteri seiring 'umur' penggunaannya.

Wajan antilengket yang rusak
Jika sudah tergores, alat masak yang dilapisi bahan antilengket tidak akan bermanfaat lagi. Begitu pula alat masak yang rusak, begitu tergores ia akan menjadi lengket. Jangan sayang dalam membuangnya, karena penggunaannya justru dapat berpengaruh terhadap kesehatan.

Makanan yang sudah beku hingga muncul bunga es
Makanan yang terlalu lama disimpan di dalam freezer akan terlalu beku. Bahkan muncul bunga-bunga es yang sulit dihilangkan. Jika sudah begini tidak perlu mempertahankannya lagi.

Kuning atau putih telur yang tidak dimasak
Saat memask kue, mungkin Anda hanya memerlukan kuning atau putih telur saja. Sisanya? Buang saja daripada menumpuk sampah di dapur. Apalagi telur merupakan bahan makanan yang cepat busuk.

Reporter: Unoviana Kartika Setia/ Liputan6.com

 

Topik Terkait :

Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo

Jangan Lewatkan