Bakal Tren di 2020, Percantik Rumah dengan Rotan

Bikin rumah terasa lebih hangat dan menonjolkan unsur alam.

Annisa Mutiara Asharini
| 16 Desember 2019 08:02

Dream - Rotan merupakan kelompok tumbuhan palma yang banyak tersebar di Indonesia. Tanaman merambat ini memberi nilai estetika tinggi ketika diolah menjadi pernak-pernik, terutama menjadi dekorasi rumah.

Pesatnya gaya dekorasi yang terinspirasi dari negara lain, tak membuat rotan kehilangan penggemar. Bahkan, perabot dari tanaman ini diprediksi menjadi tren dekorasi di 2020 mendatang.

" Rotan jadi naik daun karena tumbuhnya sangat cepat. Selain itu dia lebih ramah lingkungan dibandingkan dekorasi kayu," kata desainer interior Alvin Tjitrowirjo di acara Dulux Colour of the Year, Jakarta, Kamis 12 Desember 2019.

 dekorasi rotan

Rotan tumbuh relatif cepat dan mudah dipanen. Berbeda dengan kayu yang membutuhkan waktu bertahun-tahun sampai pohon tumbuh besar. Hal ini turut mendorong tren dekorasi ke arah yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, rotan digandrungi karena memberi kesan hangat dan natural pada ruangan. Proses pembentukan rotan menjadi furnitur dan dekorasi juga terbilang mudah.

" Kalau pakai beton memang lebih kuat tapi proses dan energi yang dihabiskan untuk membentuk si beton itu besar sekali, dampaknya nanti ke lingkungan juga," jelasnya.

Selanjutnya :

Dekorasi Pelengkap Rotan

Masak Pintar dengan SHARP bersama Chef Deny Gumilang | Online Dream Camp 2020

Jangan Lewatkan