Awas, Barang Ini Mudah Rusak Jika Terlalu Sering Dicuci

Mencucinya berlebihan bisa merusak bahan, warna atau permukaannya.

Mutia Nugraheni
| 21 Juni 2018 19:33

Dream - Aktivitas bersih-bersih peralatan serta barang-barang di rumah memang penting untuk dilakukan secara rutin. Bukan hanya membuat rumah lebih bersih, tapi juga agar seluruh sudut rumah terlihat rapi.

Bagi Sahabat Dream yang suka bersih-bersih perlu diketahui ada beberapa barang di rumah yang sebaiknya jangan terlalu sering dicuci. Justru dengan mencucinya berlebihan bisa merusak bahan, warna atau permukaannya.

Apa saja barang-barang tersebut?

Piring
Untuk memudahkan dalam mencuci piring, biasanya piring-iring bekas makan direndam terlebih dahulu. Meski terlihat dapat mempercepat proses mencuci piring, cara ini hanya membuang air dan sabun. Anda hanya cukup mencucinya dengan sekali cuci atau menggunakan mesin pencuci piring. Selain menghemat air, juga menghemat waktu dan tenaga.

Jeans
Bahan jeans terbuat dari denim yang didesain dapat bertahan lama tanpa dicuci. Oleh karena itu, Anda tidak perlu mencucinya terlalu sering. Cukup digantung setelah dikenakan. Jika jeans sering dicuci, maka dapat merusak dan memudarkan warna. Cucilah ketika sudah bau atau terkena noda.

Panci besi
Untuk panci-panci berbahan cast iron atau stainlees steel juga sebaiknya gunakan untuk mengolah berbagai makanan beberapa kali baru kemudian dicuci. Merendamnya dalam air sabun selama berjam-jam bisa merusak permukaannya. Jika memang ingin membersihkanya cukup rendam dengan air saja. Hindari menggosoknya dengan spons berbahan kasar.

Furnitur kayu
Saat membersihkan furnitur kayu biasanya kita menggunakan cairan pembersih khusus yang disemprotkan. Namun pastikan tidak terlalu sering dan berlebihan. Cairan tersebut jika cukup tebal malah bisa membuat debu jadi lebih mudah menumpuk.


Laporan Dina Nazhifah

Sumber: Apartment Theraphy

Sumber: Apartment Therapy

Topik Terkait :

BERANI BERUBAH: Dodol Perekat Korban PHK

Jangan Lewatkan