Asrinya TK Bambu Tasikmalaya Dibangun di Atas Sawah

. Memanfaatkan kayu bambu sebagai material utama dan tetap memiliki bentuk yang artistik.

Mutia Nugraheni
| 24 September 2018 12:09

Dream - Sebuah sekolah taman kanak-kanak (TK) di Tasikmalaya, Jawa Barat, berdiri kokoh di atas sawah. Bangunan dan desainnya sangat mencuri perhatian. Memanfaatkan kayu bambu sebagai material utama dan tetap memiliki bentuk yang artistik.

Bangunan ini rupanya merupakan rancangan tim dari Architecture Sans Frontières Indonesia (ASF-ID), lembaga non-profit yang bertujuan memberi wawasan sosial kepada arsitek, sarjana arsitektur, maupun mahasiswa lewat wacana maupun aksi arsitektural.

 TK Nur Hikmah

(Foto: Designboom)

Ide dan rancangan TK Nur Hikmah yang berada di atas sawah pun dibuat dengan tetap mempertahankan kondisi alami di sekitarnya, yaitu persawahan tanpa merusaknya. Material bambu jenis dendrocalamus asper digunakan karena sifatnya yang fleksibel.

Bambu tersebut memungkinkan bangunan untuk bergoyang dan membungkuk dengan lembut, sehingga menciptakan kondisi bangunan yang lebih tahan gempa. Sebelum diolah menjadi bangunan, bambu juga dirawat agar lebih tahan lama.

 TK Nur Hikmah

(Foto: Designboom)

Dikutip dari Designboom, rangka bambu utama telah dirancang terpisah dari sistem lantai. Hal ini untuk memungkinkan perluasan di masa mendatang. ASF-ID membangun TK Nur Hikmah dengan visi hidup selaras dengan alam.

Sumber: Designboom

Topik Terkait :

Dewi Perssik - Angga Wijaya | Christie SERIBU KALI CINTA THE SERIES Eps 9

Jangan Lewatkan