Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Area Rumah yang Bisa Digunakan untuk Menanam Bahan Makanan

Area Rumah yang Bisa Digunakan untuk Menanam Bahan Makanan Menanam Sayur Dan Rempah Di Rumah/ Foto: Shutterstock

Dream - Banyak cara untuk memanfaatkan waktu selama di rumah saat pandemi. Salah satunya dengan menanam bahan makanan agar bisa kita olah di dapur. Tak perlu bingung jika tak memiliki halaman luas untuk menanamnya.

Sahabat Dream bisa memanfaatkan beberapa sudut di rumah untuk menanam. Menanam sayur dan tanaman rempah bisa jadi pereda stres saat di rumah dan juga membuat kita bisa mendapat sumber pangan sendiri dari rumah.

Beberapa cara berikut mungkin bisa diterapkan di rumah saat ingin mencoba menanam bahan pangan.

1. Gunakan Pot
Beberapa jenis sayuran tumbuh sangat baik dalam penggunaan pot. Jika tidak punya halaman luas, bisa menaruh tanaman di dek, teras dan meja. Mulailah dengan meneliti tentang jenis sayuran yang ditanam dalam wadah pot.

Ada beragam tumbuhan yang bisa tumbuh di dalam pot seperti, sayuran hijau, tomat, paprika dan terong. Tak hanya itu, bisa juga menanam rempah-rempah, kacang polong, dan selada. Caranya terbilang mudah, Anda cukup menyediakan sejumlah pot yang diisi tanah liat dan plastik.

Jangan lupa memberi lubang di bagian bawah untuk drainase, saluran air. Perlu diingat jika ingin menanam sayuran membutuhkan pot yang berukuran besar dan gunakan piring di bawah pot untuk menampung drainase. Sebelum menerapkan cara ini perlu belajar lebih mendalam mengenai tumbuhan agar tidak gagal dalam merawatnya.

 

2. Manfaatkan Atap

Jika tinggal di apartemen atau rumah perkotaan yang memiliki akses atap, cobalah untuk memanfaatkan atap, karena bisa menjadi area yang baik untuk menanam bahan makanan. Faktanya, atap termasuk ideal untuk sayuran yang membutuhkan banyak sinar matahari.

Sahabat Dream bisa menanam sayuran di sana untuk penggunaan ruang yang lebih efisien. Tanaman sayur yang cocok di atap antara lain tomat, paprika, terong, kemangi, thyme, dan rosemary.

 

3. Gunakan Kotak Jendela

Manfaatkan kotak jendela sebagai tempat tanam bahan makanan. Di tempat itu kita bisa menanam sayuran, yang terletak di bawah jendela yang menerima sinar matahari sore yang baik.

Saat memilih benih atau bibit, carilah yang tumbuh subur di wilayah dan zona iklim. Memesan benih secara online adalah pilihan tepat di masa pandemi seperti ini.
Jangan lupa gunakan kotak jendela dari bahan apa saja, bisa jerami, kayu, batu, dan serat asalkan dalamnya 20 cm atau lebih dan memiliki drainase yang baik. Tambahkan tanah pot dengan bahan organik dan pupuk sayuran, jika diinginkan, sebelum menanam benih dan bibit.

4. Hidroponik
Berkebun hidroponik adalah praktik menanam makanan dalam larutan kaya nutrisi berbasis air. Bisa dilakukan di dalam atau di luar ruangan. Dalam sistem hidroponik, tanaman pada dasarnya "mengambang" dalam larutan nutrisi.

Hidroponik umumnya membutuhkan cahaya dan pompa udara agar tanaman mudah dirawat. Beberapa tanaman paling umum yang dapat Anda tanam secara hidroponik termasuk sayuran hijau, stroberi, tomat, dan paprika.

Laporan Muhammad Thoifur/ Sumber: Liputan6.com

10 Tanaman di Meja Kerja Paling Populer di Instagram

Dream - Bagi Sahabat Dream yang bekerja baik di rumah maupun di kantor, meja kerja area yang paling utama. Kita menghabiskan waktu berjam-jam di meja kerja. Untuk itu banyak orang menata meja sedemikian rupa agar bukan hanya nyaman digunakan tapi juga sedap dipandang.

Terutama bagi pengguna Instagram yang suka mengunggah sudut meja kerja estetik sebagai konten. Ide dekorasi meja kerja banyak sekali di media sosial tersebut, termasuk dalam memilih tanaman yang pas untuk di meja.

Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Mainland Aggregates, sebuah perusahaan tanah dan permukaan agregat yang berbasis di Inggris, menganalisis tanaman yang paling banyak ditandai di Instagram dengan tujuan menemukan tanaman meja yang sempurna.

Para peneliti memasukkan 55 tagar dari spesies tanaman hias yang berbeda ke dalam Instagram dan mencatat berapa kali tagar tersebut dibagikan oleh pengguna media sosial.

 

Tengok daftarnya

Kemudian, mereka menyaring tanaman dengan perawatan rendah yang membutuhkan sedikit sinar matahari dan air. Untuk berjaga-jaga jika tanaman tidak dapat ditempatkan dekat jendela atau pendingin.

Jadi, tanaman mana yang paling populer di Instagram dan direkomendasikan untuk di meja kerja? Berikut daftarnya.

1. Sirih Gading
2. Pohon Ara
3. Lidah Mertua
4. Kimunding
5. Aglonema
6. Violet afrika
7. Lili paris/ spider plants
8. String of Pearls/ Sukulen Tasbih
9. Peace Lily
10. Oxalis/ Bunga Kupu-kupu

Sumber: Apartment Therapy

Kebiasaan 2 Menit yang Bikin Tanaman Tumbuh Subur

Dream - Bagi Sahabat Dream yang mengoleksi banyak tanaman di rumah, pasti ingin selalu menjaganya agar selalu subur dan sehat. Penyiraman, pemberian pupuk serta penjemuran tentunya harus dilakukan rutin.

Ada satu lagi perawatan penting yang dilakukan dan sering dilupakan, yaitu menyingkirkan daun mati yang sudah menguning. Terutama pada tanaman yang berukuran sedang atau besar.

Menggunting daun yang mati atau sekarat juga membantu mencegah hama membuat 'rumah', efeknya menjaga tanaman tetap sehat. Saat ingin membersihkan tanaman dari daun mati yang sudah kering dan kuning, ada hal yang harus diperhatikan.

Tanaman

Pastikan daun tersebut benar-benar kuning dan mudah lepas dari tanaman sebelum melepaskannya. Untuk daun yang warna kuningnya hanya sebagian berarti tanaman tersebut masih menyerap nutrisi daun.

Untuk daun yang berwarna cokelat, kering, dapat langsung dipangkas. Gunakanlah pemangkas tangan agar lebih praktis. Selain itu, segera bersihkan pemangkas setelah digunakan terutama jika menggunting pohon yang berbeda agar menularkan penyakit/ hama.

Gunakan tisu desinfektan untuk menyeka bilah pemangkas. Dengan memangkas yang hanya menghabiskan waktu dua menit ini akan menciptakan ruang dan penyerapan nutrisi untuk pertumbuhan daun baru. Jadi, jangan lupa lakukan secara rutin ya, Sahabat Dream.

Sumber: Apartment Therapy

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Penampakan Rumah Ini Bikin Melongo, Dari Luar Bak Gubuk Kayu Lihat Isi Dalamnya Auto Terpana!
Penampakan Rumah Ini Bikin Melongo, Dari Luar Bak Gubuk Kayu Lihat Isi Dalamnya Auto Terpana!

Dibalik kesederhanaan rumahnya itu terdapat keindahan yang luar biasa

Baca Selengkapnya
Bersihkan 4 Barang di Rumah yang Sering Jadi Sarang Kuman dengan Bahan Alami
Bersihkan 4 Barang di Rumah yang Sering Jadi Sarang Kuman dengan Bahan Alami

Beberapa barang yang sering disentuh di rumah bisa jadi sarang kuman. Bersihkan barang tersebut dengan bahan alami yang tepat agar tetap bersih.

Baca Selengkapnya
Ngakak Parah! Emak-Emak Mau Tampil Cetar, Lihat Bulu Mata Palsunya Malah Bikin Tepok Jidat
Ngakak Parah! Emak-Emak Mau Tampil Cetar, Lihat Bulu Mata Palsunya Malah Bikin Tepok Jidat

Bulu mata palsu harus ditempatkan dengan di posisi yang seharusnya. Jika tak terbiasa atau mengerti teknik memasang, akan jadi bahan tertawaan orang.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Doa dan Cara Ampuh Mengusir Kecoa dengan Bahan Alami di Rumah
Doa dan Cara Ampuh Mengusir Kecoa dengan Bahan Alami di Rumah

Doa mengusir kecoa sering kali menjadi pilihan untuk menjaga kebersihan rumah dari serangan kecoa tanpa harus bergantung pada bahan kimia yang berbahaya.

Baca Selengkapnya
Penampakan Dapur Unik di Rumah Mewah Komeng, Bar Mininya Bikin Salfok!
Penampakan Dapur Unik di Rumah Mewah Komeng, Bar Mininya Bikin Salfok!

Komeng memiliki dua rumah mewah yang letaknya saling berdekatan

Baca Selengkapnya
Cara Usir Cicak dan Lalat, Hanya Modal 3 Bahan yang Ada di Rumah
Cara Usir Cicak dan Lalat, Hanya Modal 3 Bahan yang Ada di Rumah

Rempah-rempah dan bahan dapur ini sangat ampuh untuk mengusir cicak dan lalat. Coba deh!

Baca Selengkapnya
Hobi Makanan Pedas Saat Hamil, Bahaya Gak ya Bun?
Hobi Makanan Pedas Saat Hamil, Bahaya Gak ya Bun?

Ini pendapat para ahli mengenai mengonsumsi makanan pedas selama kehamilan.

Baca Selengkapnya
4 Barang Rumahan yang Bisa Bangkitkan Kreativitas Si Kecil
4 Barang Rumahan yang Bisa Bangkitkan Kreativitas Si Kecil

Seringkali anak-anak tak tertarik dengan mainan, tapi barang yangs ering digunakan orangtuanya.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Waktu Atasan Minta Revisi Cepat
NOTED KAK! Waktu Atasan Minta Revisi Cepat

Sahabat Dream pasti pernah merasa kesal saat bos meminta buru-buru revisi kerjaan. Reaksi kamu kaya Dremitie ini nggak?

Baca Selengkapnya