Amsterdam Kembangkan Perumahan di Atas Air

Terdiri dari 30 petak air, di mana bisa memuat 46 hunian terapung.

Mutia Nugraheni
| 24 April 2019 16:06

Dream - Tanah kosong untuk dibangun perumahan lama-kelamaan bakal semakin langka. Hal ini sudah dirasakan warga Amsterdam, Belanda, yang memang kondisi geografisnya 'dikepung' air.

Sebuah ide brilian pun dikembangkan, yaitu membangun perumahan di atas air. Proyek unik dilakukan oleh firma arsitektur Space & Matter dan beberapa tim konsultan.

Dikenal sebagai proyek Scoonschip Amsterdam, area perumahan di atas air mulai dibangun sejak 2019 dan tim bakal menyelesaikannya pada 2020.

 Perumahan Apung

(Foto: Isabel Nabuurs)

Lingkungan terapung ini menawarkan solusi berkelanjutan untuk daerah perkotaan yang padat serta daerah dataran rendah yang berisiko karena naiknya permukaan laut.

Terdiri dari 30 petak air, di mana bisa memuat 46 hunian terapung yang akan menampung lebih dari 100 penduduk. Tujuh rumah pertama sudah dibangun.

" Tujuh puluh persen dunia tertutup air, dan hal baiknya adalah kita dapat hidup dengan mudah di sana," tulis slogan dari Scoonship Amsterdam.

 Perumahan Apung

(Foto: Wow Amazing)

Keberlanjutan adalah tema sentral untuk proyek ini. Setiap rumah dilengkapi dengan panel surya yang akan menyimpan energi matahari dan bisa digunakan saat gelap. Beberapa rumah memiliki atap tanah yang bisa ditumbuhi tanaman.

Rumah juga dilepangkapi pompa air untuk mengekstraksi panas dari air kanal. Air limbah dari toilet dan kamar mandi juga diolah dan diubah menjadi energi.

Ingin tinggal di perumahan apung, Sahabat Dream?

Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik

Jangan Lewatkan