Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Mudah Kembalikan Kilau Daun Tanaman Kesayangan

Cara Mudah Kembalikan Kilau Daun Tanaman Kesayangan Menyiram Tanaman. (Source: Shutterstock)

Dream - Sahabat Dream memiliki banyak tanaman hias dalam rumah? Jika iya, pasti mendambakan suasana yang asri dan apik untuk di tiap sudut hunian. Daun-daun diharapkan tumbuh besar dan berkilau.

Jika diperhatikan, daun pada beberapa jenis tanaman akan terlihat kusam karena tertutup debu. Akhirnya, tanaman pun akan terlihat kurang menarik.

Hal ini ternyata memicu tren pengilap daun. Sampai-sampai banyak produk pengilap daun yang dijual di berbagai toko.

Dilansir dari Sidetrain, berikut cara membuat daun mengilap kembali menggunakan bahan yang tersedia di rumah. Yuk simak.

Susu

Susu

Usapkan campuran air dan susu pada daun untuk membuatnya lebih mengilap. Bahkan beberapa waktu lalu, sempat beredar cara membuat daun mengilap menggunakan merek susu tertentu.

Namun, sebenarnya kamu bisa menggunakan merek dan formula susu apapun untuk membuat daun lebih mengilap.

Kulit pisang

Bagian dalam kulit pisang bisa digunakan untuk membuat daun lebih mengilap. Kulit pisang memiliki bagian yang lembut dan halus. Sehingga ketika diusapkan, daun pun akan lebih mengilap.

Mayones

Sebagian orang juga menggunakan mayones untuk membuat daun terlihat seperti baru saja tumbuh. Usapkan mayones pada daun menggunakan handuk secara rutin agar tanamanmu terlihat lebih menarik.

Sabun

Sebenarnya, sabun sedikit berbahaya jika digunakan pada tanaman. Apalagi, jika tetesan sabun terkena pada batang, akar atau tanahnya.

Namun jika hanya digunakan pada daun, campuran air dan sabun dapat membuat tanaman lebih mengilap serta bisa mencegah ulat.

Virgin coconut oil (VCO)

Jika memiliki VCO, kamu bisa menggunakannya untuk mempercantik penampilan daun.

Usapkan sedikit ke seluruh daun untuk membuatnya mengilap kembali. Kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun bila tidak memiliki VCO.

Hindari Kesalahan yang Bikin Tanaman Malah Cepat Mati

Dream - Memiliki tanaman di rumah memang bisa meredakan stres dan membuat suasana jadi lebih asri. Bagi Sahabat Dream yang memiliki banyak koleksi tanaman kesayangan, tentu akan merawatnya semaksimal mungkin.

Sayangnya, seringkali karena ingin menjaga tanaman selalu subur yang terjadi malah sebaliknya. Tanaman apapun yang ada di rumah baik tanaman tropis, tanaman gurun, atau tanaman beriklim sedang, ada dua hal terburuk yang malah bisa membuatnya cepat mati.

Apa saja? Pertama, menurut Molly Williams seorang pakar tanaman, adalah terlalu sering menyiram tanaman. Hal ini justru bisa berdampak buruk pada tanaman.

"Kebanyakan tanaman hias tidak perlu minum sampai bagian atas tanah mulai mengering; jika berurusan dengan tanaman yang kering, sebenarnya tidak perlu minum sampai tanah benar-benar mengering. Ini setidaknya tiga hari setelah penyiraman awal, dan kemungkinan lebih," kata Williams, dikutip dari Apartment Theraphy.

Menyiram tanaman secara obsesif akan menyebabkan busuk akar, yang pada gilirannya menyebabkan tanaman yang sebenarnya kurang mampu menarik air dan nutrisi. Jika kondisi ini terjadi terus menerus tanaman cenderung mati.

"Siram secukupnya. Secara umum, tanaman akan memberi tahu saat 'haus'.  Perhatikan baik-baik," ujar Williams.

 

 

Jangan Pangkas Berlebihan

Kesalahan kedua adalah menggunting daun yang tidak bagus terlalu sering. Daun tumbuh seiiring waktu, terkadang daun jadi kuning atau mungkin rapuh.

"Kejadian ini sesuai dengan siklus hidup tanaman normal. Jika memotong setiap daun yang terlihat berbeda dari saat membelinya malah akan menjadi masalah besar. Tanaman yang sehat hanya dapat menangani sepertiga dari pertumbuhan hidupnya yang terpotong pada satu waktu," ungkap Williams.

Hanya gunting atau pangkas daun yang benar-benar mati. Jangan daun yang tampak aneh atau tak sehat. Tunggu selama beberapa hari, jika daun mati baru pangkas.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kendur. Yuk, simak cara mengencangkan kulit secara alami menggunakan 3 bahan rahasia ini!

Baca Selengkapnya
Trik Hilangkan Bau Keringat Pada Pakaian Olahraga dengan Bahan Sederhana
Trik Hilangkan Bau Keringat Pada Pakaian Olahraga dengan Bahan Sederhana

Mencuci pakaian olahraga terkadang butuh cara khusus agar bau keringatnya menghilang. Kamu bisa gunakan bahan alami untuk membuatnya semakin bersih dan wangi.

Baca Selengkapnya
Tips Memilih Daun Kelapa untuk Membuat Ketupat Lebaran, Lengkap dengan Makna Khususnya yang Dalam Banget
Tips Memilih Daun Kelapa untuk Membuat Ketupat Lebaran, Lengkap dengan Makna Khususnya yang Dalam Banget

Daun kelapa yang digunakan tidaklah sembarangan. Ada ciri-ciri khusus agar ketupat benar-benar berhasil.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ngakak Parah! Emak-Emak Mau Tampil Cetar, Lihat Bulu Mata Palsunya Malah Bikin Tepok Jidat
Ngakak Parah! Emak-Emak Mau Tampil Cetar, Lihat Bulu Mata Palsunya Malah Bikin Tepok Jidat

Bulu mata palsu harus ditempatkan dengan di posisi yang seharusnya. Jika tak terbiasa atau mengerti teknik memasang, akan jadi bahan tertawaan orang.

Baca Selengkapnya
Doa dan Cara Ampuh Mengusir Kecoa dengan Bahan Alami di Rumah
Doa dan Cara Ampuh Mengusir Kecoa dengan Bahan Alami di Rumah

Doa mengusir kecoa sering kali menjadi pilihan untuk menjaga kebersihan rumah dari serangan kecoa tanpa harus bergantung pada bahan kimia yang berbahaya.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! POV Ketika THR Lebaran Terkuras tapi Gajian Masih Lama
NOTED KAK! POV Ketika THR Lebaran Terkuras tapi Gajian Masih Lama

Beginilah POV Abis lebaran Gaji Masih lama tapi dopet udah abis. duh sahabat dream ada yang sama gak nih?

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tips Outfit Biar Terlihat Tingggi
DRESS IT! Tips Outfit Biar Terlihat Tingggi

Sahabat Dream ingin terlihat tinggi saat bepergian. Gak perlu pusing, cukup intip rekomendasi outfit yang bisa bikin kamu terlihat tinggi ini.

Baca Selengkapnya