Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Cara Efektif Bersihkan Debu Rumah yang Wajib Dicoba

5 Cara Efektif Bersihkan Debu Rumah yang Wajib Dicoba Ilustrasi

Dream - Jelang Idul Fitri biasanya kita akan membersihkan rumah dengan lebih maksimal. Kebersihan memang sebagian dari iman. Rumah selalu bersih pastinya akan membuat nyaman semua keluarga.

Salah satu yang paling menganggu kebersihan rumah adalah debu. Tumpukan debu pasti membuat kita gatal, alergi dan bersin-bersin. Untuk menyingkirkannya, kita kerap mengandalkan lap, kemoceng atau penyedot debu.

Sebenarnya ada cara lain yang penting dilakukan agar rumah tak dipenuhi debu. Apa saja?

Tutup jendela
Kita semua suka menikmati angin sejuk yang masuk ke rumah. Ingat, bersamaan dengan angin sepoi-sepoi itu masuk serbuk sari dan partikel lain dari luar, terutama jika rumah dekat dengan jalan besar. Bila jendela terus menerus dibuka maka debu akan semakin banyak masuk dan menumpuk.

Cuci bantal secara teratur
Bantal dipenuhi tungau debu, karena suka sekali memakan sel kulit mati. Hewan ini sangat kecil sehingga tidak terlihat, tetapi ratusan dapat hidup hanya dalam satu gram debu. Untuk menghilangkan debu dan tungau debu, cuci bantal setidaknya tiga kali setahun dengan air panas.

 

Lakukan Juga 3 Cara Ini

Sering-seringlah mengepel lantai
Jelas, lantai menjadi berdebu, terutama di area yang sulit dijangkau seperti di bawah furnitur. Jika memungkinkan, bersihkan lantai setiap hari. Vakum lantai terlebih dahulu lalu pel dan bilas berkali-kali hingga airnnya tak keruh.

Bersihkan karpet secara rutin
Serat karpet adalah tempat berkembang biaknya debu. Untuk permadani berukuran kecil dan sedang, bawalah ke luar ruangan dan goyangkan. Ini akan melepaskan sebagian besar kotoran dan debu. Bisa juga gantung karpet di atas pagar dan pukul dengan sapu atau pemukul khusus untuk menghilangkan lebih banyak debu.

Cuci tirai
Sebagian besar jendela tidak tertutup rapat, itulah sebabnya tirai dan tirai mengumpulkan banyak debu. Cuci tirai secara teratur (periksa label untuk melihat apakah harus dicuci dengan mesin, dikukus, atau dicuci kering). Untuk kerai, seka dengan kain mikrofiber, yang merupakan bahan terbaik untuk mengangkat debu.

Sumber: RD

4 Langkah Efekfif Bersih Sofa dari Debu dan Noda

Dream - Sofa termasuk area favorit anggota keluarga untuk bersantai. Baik untuk menonton televisi, membaca buku, atau kadang juga kita makan di sofa. Untuk itu kondisi sofa sebaiknya dijaga selalu dalam keadaan bersih.

Sofa yang kotor akan membuat warnanya menjadi pudar dan kusam. Belum lagi jika kondisinya lembap dan banyak tumpahan makanan, bakteri akan berkembang biak dan muncul bau tak sedap.

Penting untuk melakukan pembersihan sofa secara teratur. Bukan hanya sekedar menyedot debunya, tapi juga mengangakat noda membandel. Lakukan saja langkah berikut untuk membersihkan sofa secara efektif.

1. Siapkan alat dan bahan
Alat dan bahan yang diperlukan antara lain penyedot debu, setidaknya tiga kain mikrofiber, cuka putih, air, dan sabun khusus. Jangan lupa untuk menyiapkan wadah untuk air sabun.Campurkan dua cangkir air dan sabun pembersih, aduk rata.

2. Sedot debu
Jika sofa sangat berdebu, lakukan awal pembersihkan dengan penyedot debu. Pastikan menjangkau semua area agar tidak ada debu tertinggal. Setelah selesai, mulai bersihkan sofa dengan campuran formula yang sudah disiapkan. Caranya, celupkan kain mikrofiber ke dalam wadah, diperas hingga tidak ada air menetes, dan mulai bersihkan bagian sofa yang kotor penuh noda.

 

 

Hilangkan Noda Membandel dan Keringkan

3. Menghilangkan noda
Caranya sama seperti sebelumnya, hanya saja tambahkan sabun khusus penghilang noda ke dalam wadah. Setelah itu, mulai seka area bernoda dengan lembut menggukanan kain mikrofiber. Jangan digosok karena dapat merusak serat kain sofa.

4. Keringkan
Angkat air sabun yang digunakan untuk membersihkan sofa dengan kain yang sedikit basah. Jika sudah, serap air untuk mengeringkan dengan kain yang masih kering. Angin-angin sofa, bisa dengan kipas angin atau jemur sebentar di teras. Menjemur sofa secara teratur juga mencegah lembap dan bau tak sedap.

Sumber: Liputan6.com

Coba 3 Langkah Mudah Hilangkan Aroma Tak Sedap di Sofa

Dream - Sofa termasuk furnitur favorit di rumah. Bisa jadi tempat bersantai, menonton televisi, tidur dan bercengkrama bersama keluar. Kita bahkan bisa menghabiskan waktu berjam-jam di sofa saat akhir pekan.

Biasanya, sofa diletakkan di area ruang keluarga yang jauh dari paparan sinar matahari dan sumber udara segar. Diduduki setiap hari, terkena keringat, kotoran, tumpahan makanan serta minuman akan membuat sofa jadi beraroma tak sedap.

Kelembapan serta kotoran akan membuat tumpukan bakteri yang memicu bau tak sedap. Untuk menghilangkan aroma tersebut, ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Jangan biarkan sofa jadi sarang kuman dan berbau, segera lakukan hal ini.

Jemur
Saat matahari sedang tinggi, segera jemur sofa. Mungkin Sahabat Dream takut panasnya matahari akan merusak bahan sofa. Sebaiknya saat dijemur, jangan ditaruh di area yang terkena matahari langsung atau terik.

Taruh saja sofa di garasi atau area beratap. Pastikan sofa mendapat cahaya dan udara segar untuk hilangkan kelembapannya. Siang hari di bawah sinar matahari adalah cara paling alami dan efektif untuk menghilangkan bau apa pun.

 

Lakukan Juga Dua Hal Ini

Bersihkan dengan steamer
Pertimbangkan untuk membeli pembersih uap dan bersihkan sofa secara menyeluruh untuk menghilangkan bau serta membuat sofa jadi lebih bersih. Periksa instruksi untuk memastikan kain pelapis cocok untuk pembersihan uap sebelum memulai.

Pembersih uap yang memiliki temperatur tinggi bisa mematikan jamur, bakteri dan virus yang kerap memicu baru tak sedap. Perhatikan saja suhunya agar penggunaan menjadi efektif.

Taburkan soda kue
Salah satu cara alami untuk menghilangkau bau tak sedap di sofa adalah dengan memanfaatkan soda kue. Taburkan di seluruh permukaan sofa, diamkan selama semalaman. Keesokan harinya, dengan menggunakan penyedot debut bersihkan sofa.

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Kenyamanan rumah juga ditentukan dari aroma yang ada di setiap ruangan.

Baca Selengkapnya
Trik Merancang Rumah Minimalis agar Terasa Sejuk Ternyata Mudah, Bikin Keluarga Makin Betah!

Trik Merancang Rumah Minimalis agar Terasa Sejuk Ternyata Mudah, Bikin Keluarga Makin Betah!

Ini lho trik menata rumah minimalis agar lebih sejuk secara alami.

Baca Selengkapnya
Tips Menjaga Dapur Minimalis agar Selalu Bersih dan Rapi, Biar Makin Betah Masak

Tips Menjaga Dapur Minimalis agar Selalu Bersih dan Rapi, Biar Makin Betah Masak

Biar tetap cantik, begini caranya jaga kebersihan dapur minimalismu.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Doa dan Cara Ampuh Mengusir Kecoa dengan Bahan Alami di Rumah

Doa dan Cara Ampuh Mengusir Kecoa dengan Bahan Alami di Rumah

Doa mengusir kecoa sering kali menjadi pilihan untuk menjaga kebersihan rumah dari serangan kecoa tanpa harus bergantung pada bahan kimia yang berbahaya.

Baca Selengkapnya
Trik Hilangkan Bau Keringat Pada Pakaian Olahraga dengan Bahan Sederhana

Trik Hilangkan Bau Keringat Pada Pakaian Olahraga dengan Bahan Sederhana

Mencuci pakaian olahraga terkadang butuh cara khusus agar bau keringatnya menghilang. Kamu bisa gunakan bahan alami untuk membuatnya semakin bersih dan wangi.

Baca Selengkapnya
Penampakan Rumah Ini Bikin Melongo, Dari Luar Bak Gubuk Kayu Lihat Isi Dalamnya Auto Terpana!

Penampakan Rumah Ini Bikin Melongo, Dari Luar Bak Gubuk Kayu Lihat Isi Dalamnya Auto Terpana!

Dibalik kesederhanaan rumahnya itu terdapat keindahan yang luar biasa

Baca Selengkapnya
Lakukan Hal-hal Ini untuk Menjaga Hubungan yang Langgeng Bersama Pasangan!

Lakukan Hal-hal Ini untuk Menjaga Hubungan yang Langgeng Bersama Pasangan!

Ini adalah rahasia menjaga hubungan agar tetap langgeng. Yuk, simak baik-baik!

Baca Selengkapnya
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kendur. Yuk, simak cara mengencangkan kulit secara alami menggunakan 3 bahan rahasia ini!

Baca Selengkapnya
Ingin Wajah Cerah dan Mulus Saat Lebaran? Coba Lakukan 5 Perawatan Rahasia Ini Yuk!

Ingin Wajah Cerah dan Mulus Saat Lebaran? Coba Lakukan 5 Perawatan Rahasia Ini Yuk!

Pancarkan cantikmu di momen Lebaran dengan rekomendasi perawatan ini.

Baca Selengkapnya