4 Rahasia Pemilik Rumah yang Kondisinya Selalu Rapi dan Bersih

Terapkan di rumah demi hunian yang lebih rapi dan nyaman.

Mutia Nugraheni
| 6 Januari 2019 10:30

Dream - Saat berkunjung ke rumah teman atau kerabat mungkin kita akan bingung dengan keadaannya yang selalu rapi dan bersih. Dalam benak kita, muncul rasa penasaran bagaimana mereka menjaga rumahnya selalu dalam keadaan nyaman dan apik.

Apalagi jika di rumah tersebut tak ada asisten rumah tangga. Penasaran, Sahabat Dream? Simak empat hal yang kerap dilakukan oleh para pemiliki rumah yang selalu tampak rapi dan bersih.

1. Merapikan jadi kebiasaan
Orang-orang yang rumahnya selalu terlihat bersih, tidak menunggu rumah seperti lokasi ledakan bom untuk membereskannya. Mereka memiliki rutinitas untuk menjaga setiap kamar tampak rapi. Rutinitas yang dilakukan seperti mengatur ulang bantal dan selimut lipat ketika mereka selesai di ruang keluarga setiap malam.

Hal ini bukan hanya dilakukan oleh sang ibu, tapi juga kebiasaan seluruh anggota keluarga termasuk suami dan anak-anak. Biasakan anak-anak memasukkan mainan kembali ke dalam kotak mainan, menggantung pakaian setiap hari, dan melipat cucian tepat saat keluar pengering.

2. Meninggalkan rumah dalam keadaan rapi
Sama seperti membuat kerapian sebagai kebiasaan, mereka membersihkan seperti kebiasaan. Mereka mencuci piring setelah makan malam, membersihkan kamar mandi, menyapu remah-remah dari lantai setelah makan. Dengan hal-hal itu, mereka tidak perlu menghabiskan waktu lebih lama untuk sesi bersih-bersih yang lebih intensif. Setiap anggota keluarga sudah terbiasa menjaga kebersihan rumah dan merasa risih jika ada yang kotor.

3. Tak suka menumpuk barang
Rumah cenderung terlihat rapi jika barang dan perabot di dalamnya tak berlebihan. Daripada mengatur barang yang sudah ada agar muat di dalam rumah, mereka justru menguranginya. Hanya meletakkan furnitur dan barang yang benar-benar fungsional. Secara cepat dan efektif, membuang barang-barang yang tak lagi digunakan.

4. Penampungan tertutup
Disediakan penampungan atau wadah yang tampilannya tertutup dan menarik untuk menaruh berbagai benda dan barang yang berserakan. Isinya bisa apapun, kunci, mainan anak, kertas hingga benda-benda lain yang membuat rumah berantakan.

Fungsinya seperti penampungan 'sapu jagat'. Semua barang yang berserak ditampung di situ. Jika ada yang ingin dicari cukup tengok di dalamnya. Barang-barang yang tercecer pun jadi lebih rapi.

Karena tidak ada yang sempurna dan tidak semuanya dapat memiliki tempat. Jadi untuk beberapa hal yang mendesak yang ada di meja ketika teman-teman akan datang di menit-menit terakhir, beberapa barang itu dapat dengan cepat tersapu ke dalam laci yang sudah disiapkan agar tetap terlihat rapih.

Laporan Ava Haprin/ Huffington

Kristina Pernah Dibayar 5000 Hingga Jadi Diva #KapanLagiDangdut

Jangan Lewatkan