Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

4 Pemicu Suasana Berantakan di Kamar Mandi

4 Pemicu Suasana Berantakan di Kamar Mandi Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Rata-rata orang menghabiskan waktu di kamar mandi 15 menit hingga 1 jam. Untuk itu sangat wajar jika ingin suasana kamar mandi bersih, rapi dan nyaman.

Bukan hanya sekadar untuk membersihkan diri, tapi kamar mandi juga kerap jadi ruangan 'melarikan diri' dan mencari ketenangan. Penataan kamar mandi yang bersih dan rapi juga akan membuat seluruh anggota keluarga lebih nyaman saat membersihkan diri.

Ada beberapa kondisi yang kerap membuat tampilan kamar mandi jadi berantakan dan tak bersih. Segera benahi hal-hal berikut, agar kamar mandi selalu nyaman digunakan.

1. Tirai kamar mandi plastik
Tirai shower dari bahan plastik ternyata membuat tampilan kamar mandi jadi berkesan berantakan. Terutama jika kondisinya sudah usang dan lusuh. Hal ini sangat berdampak pada tampilan kamar mandi secara keseluruhan.

Lebih baik pilih kain nilon atau yang tahan air untuk tirai. Bersihkan juga secara teratur. Pilih juga yang motifnya tak terlalu ramai.

 

Perhatikan Juga Hal Ini

2. Wastafel kotor
Bekas sabun di wastafel, kerak air, serta noda make up di wastafel sebenarnya merupakan polusi visual. Selalu bersihkan wastafel secara teratur, terutama kerak-lerak air yang biasanya sulit hilang jika dibersihkan dengan air saja.

Gunakan formula khusus pembersih wastafel untuk mengangkat noda membandel. Rapikan juga produk dan alat kecantikan di wastafel. Simpan dengan rapi di rak gantung atau pasang wadah khusus.

3. Pencahayaan buruk
Tidak ada yang suka berada di ruangan kecil dan redup. Untuk itu perhatikan pencahayaan di kamar mandi. Terutama jika lokasi kamar mandi tak mendapat akses sinar matahari sama sekali. Pilih lampu yang level terangnya pas untuk ukuran kamar mandi. Jangan terlalu redup, nantinya akan sangat tidak nyaman.

4. Tidak ada tempat untuk menyimpan perlengkapan mandi
Kamar mandi tetap butuh wadah penyimpanan. Bisa berupa kabinet tertutup, rak terbuka atau penyimpanan lain. Sabun, sikat gigi, odol, sampo serta alat mandi cukup banyak. Menaruhnya begitu saja akan membuat kesan berantakan. Cobalah membuat rak di dinding untuk menaruh berbagai perlengkapan tersebut. Hal ini akan membuat tampilan kamar mandi selalu rapi.

Kamar Mandi Jadi Tampak Baru dengan Perubahan Simpel

Dream - Kamar mandi bagi beberapa orang bukan hanya sekadar untuk membersihkan diri atau buang air kecil dan besar. Bisa juga jadi tempat 'melarikan diri' dan mencari ketenangan.

Bagi Sahabat Dream yang suka memanjakan diri di kamar mandi, saatnya untuk memberi sentuhan berbeda. Perubahan sedikit saja di kamar mandi akan berdampak besar pada tampilannya secara keseluruhan.

Tenang, tak perlu renovasi. Lakukan saja langkah sederhana berikut, bisa membuat kamar mandi jadi tampak baru.

Ganti kran yang berdesain cantik
Kran jadi benda yang menjadi fokus perhatian. Bila tampilan kran lama sudah sangat usang bahkan rusak, pertimbangkan untuk menggantinya dengan yang lebih baru. Cari yang desainnya unik dan moder dan tentunya sesuai tema kamar mandi. Tampak sederhana, tapi akan membuat kamar mandi jadi berbeda.

 

Cermin dan Pencahayaan

Taruh cermin baru
Cermin kamar mandi juga berdampak signifikan. Menggantinya bisa menjadi cara yang hemat untuk mendapat tampilan kamar mandi baru. Cobalah taruh cermin tanpa bingkai sederhana atau pasang lemari cermin yang dipasang ditempel dinding.

Lampu
Pencahayaan sangat penting untuk memberi rasa nyaman dan berbeda. Cari lampu yang lebih terang dari biasanya atau mungkin menaruh beberapa lampu di dekat cermin agar tampak dramatis. Efek cahaya tambahan akan membuat kamar mandi jadi sangat berbeda dari biasanya.

Siasati Kamar Mandi Tanpa Ventilasi Biar Tak Pengap

Dream - Ventilasi sangat penting di tiap ruangan dalam rumah. Sayangnya, tak semua area di rumah memungkinkan untuk dibuat ventilasi. Kamar mandi misalnya, ada yang letaknya di bawah tangga dekat ruang keluarga.

Tentunya sulit untuk membuat ventilasi. Kamar mandi merupakan area yang setiap hari terpapar air dan sangat lembap. Lalu bagaimana menyiasati kelembapan tanpa ventilasi? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Kamar mandi kering dan basah terpisah
Hal ini bertujuan agar tak semua lantai kamar mandi basah dan menjaga kamar mandi tetap bersih dan minim kelembapan. Bisa memasang tirai pada area shower yang digunakan untuk mandi. Sementara itu, area yang berdekatan dengan kloset dan wastafel dibiarkan tetap kering saja. Cara ini cocok untuk kamar mandi tanpa ventilasi agar selalu nyaman.

2. Pasang exhaust fan
Hal ini bertujuan untuk mengatasi bau yang terjebak di kamar mandi dan menetralkan sirkulasi udara. Exhaust fan akan menjaga sirkulasi udara di dalam kamar mandi tetap lancar sehingga menghalangi bau yang terjebak.

Alat ini juga akan membuat kamar mandi tak terlalu panas sehingga lebih nyaman untuk digunakan. Akan lebih efektif lagi jika menggunakan heater atau alat pengering agar kamar mandi tak selalu basah.

 

Tanaman dan Penyerap Lembap

3. Tanaman Hijau
Keberadaan tanaman hijau akan mengurangi kepengapan dan mempercantik tampilan kamar mandi. Ruang mandi tanpa ventilasi biasanya cenderung pengap. Oleh karena itu, coba letakkan tanaman hijau di area kamar mandi untuk mengatasinya. Tanaman yang bisa ditaruh di kamar mandi antara lain lidah mertua, anggrek, atau sirih gading.

4. Gunakan Produk Penyerap Kelembapan
Produk ini bisa beli di toko-toko perlengkapan terdekat. Umumnya, menghilangkan bau dan kelembapan pada kamar mandi. Ada yang digantung, berupa gel atau bentuk lain. Taruh di area yang agak tinggi agar tak mudah basah.

Trik lainnya baca di Diadona.id

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kamar Mandi Kerap Jadi Sarang Jin, Hindari Taruh Pakaian Kotor di Kamar Mandi

Kamar Mandi Kerap Jadi Sarang Jin, Hindari Taruh Pakaian Kotor di Kamar Mandi

Kamar mandi seringkali menjadi tempat yang ideal bagi jamur dan bakteri untuk berkembang biak karena kelembaban yang tinggi.

Baca Selengkapnya
Jaga Kamar Mandi Bersih dan Bebas Bau Tak Sedap dengan 5 Cara

Jaga Kamar Mandi Bersih dan Bebas Bau Tak Sedap dengan 5 Cara

Kamar mandi yang tidak ditata dan dirawat dengan benar bisa terlihat kotor serta berbau tak sedap. Atasi hal tersebut dengan melakukan 5 hal ini.

Baca Selengkapnya
Momen Sedih Wanita Lagi Sakit Tak Ada yang Jenguk, Sedangkan Kamar Pasien Sebelah Ramai Saat Jam Besuk

Momen Sedih Wanita Lagi Sakit Tak Ada yang Jenguk, Sedangkan Kamar Pasien Sebelah Ramai Saat Jam Besuk

Pemandangan kamar pasien sebelah sangat kontras dengan kondisi di dalam kamar tempat dia dirawat.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Tips Menata Kamar yang Kecil Terlihat Lebih Luas

Tips Menata Kamar yang Kecil Terlihat Lebih Luas

Kamar tidur yang rapi akan terlihat lebih luas dan nyaman. Kamu juga bisa melakukan beragam tips lain agar kamar tidur yang kecil terlihat lebih luas.

Baca Selengkapnya
7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

Banyak yang tak sadar bahwa petir sebenarnya muncul dalam berbagai macam warna. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Baca Selengkapnya
Tips Jitu Menjaga Kasur Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan

Tips Jitu Menjaga Kasur Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan

Perlu diketahui, jika kamu memilih untuk berada di satu kamar bersama hewan peliharaan, kamu akan lebih sulit nantinya untuk membersihkan kamar.

Baca Selengkapnya
3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

3 Penyakit yang Kerap Muncul Saat Jalani Puasa

Beberapa penyakit bisa dialami saat berpuasa. Terutama jika tidak terbiasa dengan pola makan baru. Hindari penyakit tersebut dengan memperhatikan beberapa hal.

Baca Selengkapnya
Merinding! Saat Akad Nikah Pengantin Wanita Lemas, Muntah dan Pingsan Usai Muncul Cairan Mirip Darah Turun dari Plafon Kamar

Merinding! Saat Akad Nikah Pengantin Wanita Lemas, Muntah dan Pingsan Usai Muncul Cairan Mirip Darah Turun dari Plafon Kamar

Air kental berwarna merah mirip darah itu mengalir turun di sepanjang dinding kamar warna oranye itu.

Baca Selengkapnya
Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Kenyamanan rumah juga ditentukan dari aroma yang ada di setiap ruangan.

Baca Selengkapnya