4 Pemicu Kondisi Rumah Seperti 'Kapal Pecah'

Bersih-bersih dan merapikan rumah bisa jadi sia-sia jika barang dan kebiasaan ini tak segera disingkirkan.

Mutia Nugraheni
| 2 Mei 2017 12:03

Dream - Tiap sudut rumah terdapat barang-barang, belum lagi tumpukan mainan anak. Belum lagi lantai yang terasa lengket dan berdebu. Kondisi rumah yang kotor dan berantakan tentunya tak nyaman untuk ditinggali.

Sebenarnya ada barang dan kebiasaan penghuni yang membuat rumah selalu seperti 'kapal pecah'. Bersih-bersih dan merapikan rumah bisa jadi sia-sia jika barang dan kebiasaan ini tak segera disingkirkan.

Tumpukan kertas
Surat, buku, kupon, koran, majalah, biasanya menumpuk tidak karuan. Tak kunjung dibuang padahal sudah tak lagi dibaca. Akhirnya hanya jadi sarang debu. Segera buang koran lama, surat dan brosur yang sudah tak terpakai, termasuk majalah-majalah.

Tidak mengembalikan ke tempat seharusnya
Karena terburu-buru atau malas, kebiasaan buruk yang muncul adalah menaruh barang yang digunakan bukan pada tempatnya. Efeknya tiap sudut rumah terdapat barang yang membuat berantakan. Buatlah aturan untuk selalu menaruh kembali barang yang digunakan di tempat penyimpanannya.

Pakaian
Untuk barang satu ini biasanya jadi pemicu utama kamar yang berantakan. Mungkin sulit untuk berhenti dari kebiasaan meninggalkan baju setelah digunakan, atau tidak menggantungnya ketika selesai. Sebaiknya jangan menyimpan pakaian lebih dari dua di gantungan. Jika memang tak lagi dipakai segera cuci.

Tak dijadwalkan
Memori bisa saja bohong. Anda mungkin berpikir sudah bersih-bersih beberapa hari yang lalu, tapi kenyataannya bersih-bersih dilakukan sebulan yang lalu. Buat catatan di kalender ketika Anda selesai bersih-bersih sehingga bisa melakukannya secara rutin dan teratur.

 

Laporan Gemma Fitri Purbaya

 

Sumber: Apartment Theraphy

 

Topik Terkait :

Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak

Jangan Lewatkan