4 Langkah Penting Demi AC Irit dan Tahan Lama

Jangan sampai saat seluruh keluarga kepanasan dan sangat membutuhkannya, AC malah tidak dingin.

Mutia Nugraheni
| 27 Mei 2017 12:08

Dream - Memasang pendingin ruangan di rumah memang membuat suhu lebih nyaman, terutama saat tidur malam hari. Apalagi saat cuaca panas seperti sekarang, ruangan ber-AC pastinya selalu jadi incaran.

Untuk membuat AC berkerja secara maksimal, tak banyak menyerap tenaga listrik dan tahan lama ada hal-hal yang perlu dilakukan. Jangan sampai saat seluruh keluarga kepanasan dan sangat membutuhkannya, AC malah tidak dingin atau tak berfungsi sama sekali.

Rutin dibersihkan
Setiap 3 atau 5 bulan sekali, AC harus dibersihkan. Debu dan kotoran biasanya banyak menumpuk di bagian filter. Jika tak dibersihkan, mesin AC akan bekerja lebih berat dan menurunkan kualitas output. Angin dan suhu yang dikeluarkan cenderung tidak dingin.

Ganti filter
Bagian filter, berupa jaring-jaring penahan debu dalam AC harus rutin diganti. Penggantian filter ini akan membuat suhu tetap dingin dan kualitas udara tetap baik. Filter AC sebaiknya diganti setiap tiga bulan sekali.

Tirai
Untuk ruangan yang berbatasan langsung dengan bagian luar atau mendapat sinar matahari sebaiknya dipasang tirai untuk menutup kaca. Hal ini agar kerja AC tidak terlalu berat dalam mendinginkan ruangan.

Tutup ruangan
Saat menyalakan AC pastikan pintu dan jendela tertutup rapat. Jika dibiarkan terbuka ruangan tak akan kunjung dingin dan nyaman. Hawa panas dari luar bisa membuat kerja AC lebih berat. Jadi pastika semuanya tertutup rapat saat AC menyala.

 

Topik Terkait :

Streaming Riwayat Penyakit Omaswati Sebelum Meninggal Dunia

Jangan Lewatkan