Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

4 Langkah Efekfif Bersih Sofa dari Debu dan Noda

4 Langkah Efekfif Bersih Sofa dari Debu dan Noda Bersihkan Sofa/ Shutterstock

Dream - Sofa termasuk area favorit anggota keluarga untuk bersantai. Baik untuk menonton televisi, membaca buku, atau kadang juga kita makan di sofa. Untuk itu kondisi sofa sebaiknya dijaga selalu dalam keadaan bersih.

Sofa yang kotor akan membuat warnanya menjadi pudar dan kusam. Belum lagi jika kondisinya lembap dan banyak tumpahan makanan, bakteri akan berkembang biak dan muncul bau tak sedap.

Penting untuk melakukan pembersihan sofa secara teratur. Bukan hanya sekedar menyedot debunya, tapi juga mengangakat noda membandel. Lakukan saja langkah berikut untuk membersihkan sofa secara efektif.

1. Siapkan alat dan bahan
Alat dan bahan yang diperlukan antara lain penyedot debu, setidaknya tiga kain mikrofiber, cuka putih, air, dan sabun khusus. Jangan lupa untuk menyiapkan wadah untuk air sabun.Campurkan dua cangkir air dan sabun pembersih, aduk rata.

2. Sedot debu
Jika sofa sangat berdebu, lakukan awal pembersihkan dengan penyedot debu. Pastikan menjangkau semua area agar tidak ada debu tertinggal. Setelah selesai, mulai bersihkan sofa dengan campuran formula yang sudah disiapkan. Caranya, celupkan kain mikrofiber ke dalam wadah, diperas hingga tidak ada air menetes, dan mulai bersihkan bagian sofa yang kotor penuh noda.

 

 

Hilangkan Noda Membandel dan Keringkan

3. Menghilangkan noda
Caranya sama seperti sebelumnya, hanya saja tambahkan sabun khusus penghilang noda ke dalam wadah. Setelah itu, mulai seka area bernoda dengan lembut menggukanan kain mikrofiber. Jangan digosok karena dapat merusak serat kain sofa.

4. Keringkan
Angkat air sabun yang digunakan untuk membersihkan sofa dengan kain yang sedikit basah. Jika sudah, serap air untuk mengeringkan dengan kain yang masih kering. Angin-angin sofa, bisa dengan kipas angin atau jemur sebentar di teras. Menjemur sofa secara teratur juga mencegah lembap dan bau tak sedap.

Sumber: Liputan6.com

Coba 3 Langkah Mudah Hilangkan Aroma Tak Sedap di Sofa

Dream - Sofa termasuk furnitur favorit di rumah. Bisa jadi tempat bersantai, menonton televisi, tidur dan bercengkrama bersama keluar. Kita bahkan bisa menghabiskan waktu berjam-jam di sofa saat akhir pekan.

Biasanya, sofa diletakkan di area ruang keluarga yang jauh dari paparan sinar matahari dan sumber udara segar. Diduduki setiap hari, terkena keringat, kotoran, tumpahan makanan serta minuman akan membuat sofa jadi beraroma tak sedap.

Kelembapan serta kotoran akan membuat tumpukan bakteri yang memicu bau tak sedap. Untuk menghilangkan aroma tersebut, ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Jangan biarkan sofa jadi sarang kuman dan berbau, segera lakukan hal ini.

Jemur
Saat matahari sedang tinggi, segera jemur sofa. Mungkin Sahabat Dream takut panasnya matahari akan merusak bahan sofa. Sebaiknya saat dijemur, jangan ditaruh di area yang terkena matahari langsung atau terik.

Taruh saja sofa di garasi atau area beratap. Pastikan sofa mendapat cahaya dan udara segar untuk hilangkan kelembapannya. Siang hari di bawah sinar matahari adalah cara paling alami dan efektif untuk menghilangkan bau apa pun.

 

Lakukan Juga Dua Hal Ini

Bersihkan dengan steamer
Pertimbangkan untuk membeli pembersih uap dan bersihkan sofa secara menyeluruh untuk menghilangkan bau serta membuat sofa jadi lebih bersih. Periksa instruksi untuk memastikan kain pelapis cocok untuk pembersihan uap sebelum memulai.

Pembersih uap yang memiliki temperatur tinggi bisa mematikan jamur, bakteri dan virus yang kerap memicu baru tak sedap. Perhatikan saja suhunya agar penggunaan menjadi efektif.

Taburkan soda kue
Salah satu cara alami untuk menghilangkau bau tak sedap di sofa adalah dengan memanfaatkan soda kue. Taburkan di seluruh permukaan sofa, diamkan selama semalaman. Keesokan harinya, dengan menggunakan penyedot debut bersihkan sofa.

 

4 Langkah Percantik Sofa Lama Jadi Tampak Baru, Layak Dicoba!

Dream - Sofa adalah titik fokus dari setiap ruang tamu dan merupakan hal pertama yang dilihat orang ketika mereka memasuki rumah. Tidak hanya itu, sofa merupakan lokasi sentral untuk pertemuan keluarga, bersantai dan tempat bercengkrama.

Fungsi sofa memang begitu vital dan kerap jadi sudut favorit. Hal ini juga membuat sofa jadi cepat rusak, kempes atau tampak lusuh karena terus-menerus diduduki. Menggantinya dengan yang baru tentu akan memakan banyak biaya.

Demi menghemat anggaran, bagaimana kalau Sahabat Dream mendandani sofa lama sendiri. Cara-cara mudah berikut mungkin bisa diterapkan.

1. Buat bantalan sofa sendiri atau pesan di penjahit
Salah satu cara termudah untuk memperbaiki sofa lama adalah dengan mengganti bantalannya. Terutama bantalan yang sudah rusak dan kempes. Bila memang bisa menjahit dan mengerti cara membuat bantalan sofa, cobalah membuatnya sendiri.

Bahan yang dibutuhkan antara lain busa isian, bahan sofa dan jarum yang cukup kokoh. Bisa juga membawa bahan sendiri yang sesuai anggar lalu bawa ke penjahit sofa.

2. Tambahkan cover
Cara lain untuk membuat tampilan sofa jadi baru adalah dengan melapisinya kembali. Jika sofa masih nyaman diduduki dan memiliki rangka kayu solid, tetapi terbuat dari kain usang, maka pelapis ulang adalah cara yang bagus untuk mengubah bagian luar sofa tanpa mengubah konstruksi internal secara drastis.

Jika tak bisa mengganti, pertimbangkan untuk membeli sarung atau cover sofa. Cover ini lebih terjangkau dari segi harga, mudah dicuci, dan dapat diganti sesuai selera.

 

Isi Busa atau Ganti Kaki Sofa

3. Ganti busa
Semua bantal sofa mulai kempes seiring waktu karena penggunaan berulang. Jika sofa mulai kehilangan kempes, pertimbangkan untuk mengganti atau menambahkan busa di dalamnya. Buka jahitan sofa perlahan, jangan sampai merusak bahan, kemudian isi dengan busa tambahan atau keluarkan dulu busa lama dan ganti dengan yang baru.

4. Ganti Kaki Sofa
Cara lainnya untuk memperbarui tampilan dan nuansa sofa jadi lebih baru aalah dengan mengganti kaki sofa. Kaki sofa bisa menonjolkan gaya desain yang sudah ada atau benar-benar mengubah tampilan furnitur.

Jika ingin membuat sofa kulit tampil lebih vintage, pilih kaki berornamen dengan bentuk yang dramatis. Jika ingin menambahkan sentuhan yang lebih modern pada sofa kuno, pilihlah kaki sofa minimalis dengan sudut yang kuat.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ngakak Parah! Emak-Emak Mau Tampil Cetar, Lihat Bulu Mata Palsunya Malah Bikin Tepok Jidat
Ngakak Parah! Emak-Emak Mau Tampil Cetar, Lihat Bulu Mata Palsunya Malah Bikin Tepok Jidat

Bulu mata palsu harus ditempatkan dengan di posisi yang seharusnya. Jika tak terbiasa atau mengerti teknik memasang, akan jadi bahan tertawaan orang.

Baca Selengkapnya
Suasana Syahdu Sahur Berubah Jadi Gempar, Ular Hitam Mengkilap Masuk Rumah, Makin Heboh Dikira Ada Sepasang
Suasana Syahdu Sahur Berubah Jadi Gempar, Ular Hitam Mengkilap Masuk Rumah, Makin Heboh Dikira Ada Sepasang

Saat sahur, mereka menemukan seekor ular kobra warna hitam berada di ruang tamu rumah mereka.

Baca Selengkapnya
Bikin Geregetan! Terlalu Asyik Ngobrol Lewat Ponsel, Ibu Salah Masukkan Anak ke Dalam Kulkas, Baru Sadar Saat Suami Tanyakan Si Kecil
Bikin Geregetan! Terlalu Asyik Ngobrol Lewat Ponsel, Ibu Salah Masukkan Anak ke Dalam Kulkas, Baru Sadar Saat Suami Tanyakan Si Kecil

Sayangnya kecanduan menggunakan telepon pintar bisa membuat seorang ibu hampir membunuh anaknya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata, Bisa Picu Masalah Kornea
Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata, Bisa Picu Masalah Kornea

Mengucek mata bisa disebabkan beberapa hal. Ketahui penyebabnya agar bisa terhindar dari kebiasaan yang justru memperburuk kesehatan mata.

Baca Selengkapnya
Detik-Detik Macan Tutul Masuk Rumah, Aksi Tenang Bocah Selamatkan Diri Jadi Sorotan
Detik-Detik Macan Tutul Masuk Rumah, Aksi Tenang Bocah Selamatkan Diri Jadi Sorotan

Ada macan tutul masuk ruangan, bocah ini tenang keluar dan kunci pintu.

Baca Selengkapnya
Penampakan Rumah Ini Bikin Melongo, Dari Luar Bak Gubuk Kayu Lihat Isi Dalamnya Auto Terpana!
Penampakan Rumah Ini Bikin Melongo, Dari Luar Bak Gubuk Kayu Lihat Isi Dalamnya Auto Terpana!

Dibalik kesederhanaan rumahnya itu terdapat keindahan yang luar biasa

Baca Selengkapnya
Puasa Bukan Alasan untuk Tidak Olahraga,  Cari Tahu Triknya Biar Tetap Bisa Aktif
Puasa Bukan Alasan untuk Tidak Olahraga, Cari Tahu Triknya Biar Tetap Bisa Aktif

Saat berpuasa dianjurkan agar tetap aktif, meski tidak berlebihan.

Baca Selengkapnya
Cewek Aktif Merapat! Intip Rahasia Tebarkan Wangi Sepanjang Hari, Bebas Bau Badan Mengganggu
Cewek Aktif Merapat! Intip Rahasia Tebarkan Wangi Sepanjang Hari, Bebas Bau Badan Mengganggu

Biarpun aktif seharian, tapi jangan sampai bau badan mengganggu!

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Cushion untuk Kulit Berminyak, Jangan Asal Beli dan Perhatikan Hal ini
Cara Memilih Cushion untuk Kulit Berminyak, Jangan Asal Beli dan Perhatikan Hal ini

Untuk mengatasi kulit berminyak agar tetap segar, pilih cushion yang cocok dengan kulit, berikut cara memilihnya!

Baca Selengkapnya