Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

4 Cara Merawat Sofa Kulit Biar Selalu Kinclong

4 Cara Merawat Sofa Kulit Biar Selalu Kinclong Sofa Kulit/ Foto: Shutterstock

Dream - Begitu banyak pilihan material untuk sofa di rumah, salah satu yang cukup mewah dan tahan lama adalah kulit. Warnanya yang klasik serta kualitasnya, membuat sofa kulit harganya memang lebih mahal.

Untuk itu jangan sampai sofa kulit di rumah mengalami kerusakan dengan melakukan perawatan dan pembersihan rutin. Warna kulit memang cenderung gelap, tapi bukan berarti kita abai untuk membersihkannya.

Debu dan kotoran yang lengket jika didiamkan dalam waktu lama bisa merusak tekstur material tersebut. Bila Sahabat Dream memiliki sofa atau bangku dengan lapisan kulit, pastikan lakukan perawatan berikut.

Singkirkan debu dan noda lengket
Bila sofa terkena tumpahan kuah atau cairan yang lengket serta berwarna, harus segera dibersihkan. Terpapar dalam waktu lama bisa merusak lapisannya. Untuk pembersihan debu, idealnya dua hingga tiga kali dalam seminggu agar debu halus tidak menempel. Bersihkan kain mikrofiber atau penyedot debu bersikat lembut.

 

Lakukan Juga 3 Hal Ini

Jauh dari paparan sinar matahari langsung
Sinar matahari sangat 'jahat' bagi material kulit. Hindari meletakkan sofa atau perabot berbahan kulit dekat dengan jendela atau pintu yang langsung mendapat sinar matahari. Sebisa mungkin jauhi dari paparan sinar matahari.

Angin-anginkan
Sofa kulit juga perlu diangin-anginkan secukupnya. Sesekali bawa keluar rumah, terutama setelah dibersihkan dengan lap basah. Cukup ditaruh di teras selama beberapa menit agar tak lembap. Jika dibiarkan lembap akan menimbulkan bau tak sedap dan juga merusak teksturnya.

Deep cleaning
Bila kondisi sofa butuh pembersihan yang lebih optimal, jangan ragu untuk melakukan deep cleaning. Panggil pembersih sofa profesional yang bisa membersihkan secara lebih detail tanpa merusak bahan kulit. Bisa lakukan 2 atau 3 bulan sekali.

Sumber: DecorTips

Jangan Ditunda, 4 Tanda Sofa Harus Segera Diganti

Dream - Rumah tidak akan lengkap tanpa sofa. Perabot satu ini selalu jadi favorit dan yang paling dicari saat ingin bersantai atau berkumpul bersama keluarga. Tak heran kalau sofa selalu jadi yang paling cepat kotor dan rusak.

Umumnya, sofa cukup kuat dan mampu bertahan 7 hingga 10 tahun, tergantung pemakaian dan perawatan. Terkadang, waktu tak bisa jadi patokan untuk mengganti sofa.

Justru kondisi sofa yang menentukan apakah harus segera diganti atau tidak. Nah, jika muncul empat tanda ini segera ganti sofa kamu dengan yang baru.

1. Berderit setiap kali diduduki
Kerusakan struktural biasanya dideteksi dengan suara berderit saat seseorang duduk di sofa. Kerusakan yang paling umum termasuk melemahnya penyangga sofa utama. Suara ini pertanda kalau kayu atau besi utamanya sudah rusak dan harus segera diganti, jangan sampai ada insiden ambruk saat diduduki.

2. Bantalan sudah kempes
Ketika karpet justru jadi lebih nyaman daripada sofa untuk tidur siang, saatnya untuk diganti. Seiring waktu, bantalan duduk sofa akan kempes begitu juga bantal untuk di punggung dan pinggang.

Saat diduduki malah terasa sakit. Bisa diganti dengan yang baru atau melapisinya kembali dengan bantalan yang baru.

 

Pelapis Rusak dan Berbau Tak Sedap

3. Bikin gatal dan berbau tak sedap
Saat sofa sudah sangat lusuh, terasa gatal ketika diduduki dan beraroma tak sedap, ini pertanda kalau harus segera diganti. Terutama jika di rumah ada hewa peliharaan.

Deep cleaning biasanya tak cukup bisa menghilangkan bau. Terutama jika kondisi sofa juga sudah robek atau rusak. Lebih baik diganti dengan yang baru.

4. Pelapis rusak
Ada banyak faktor yang membuat pelapis sofa rusak dan tipis sehingga sangat tak nyaman diduduki. Diduduki terus menerus, akan membuat bahan menjadi tertarik dan rusak serta tipis. Bisa diganti pelapis di tempat servis sofa jika tidak ingin menggantinya secara keseluruhan.

Coba 3 Langkah Mudah Hilangkan Aroma Tak Sedap di Sofa

Dream - Sofa termasuk furnitur favorit di rumah. Bisa jadi tempat bersantai, menonton televisi, tidur dan bercengkrama bersama keluar. Kita bahkan bisa menghabiskan waktu berjam-jam di sofa saat akhir pekan.

Biasanya, sofa diletakkan di area ruang keluarga yang jauh dari paparan sinar matahari dan sumber udara segar. Diduduki setiap hari, terkena keringat, kotoran, tumpahan makanan serta minuman akan membuat sofa jadi beraroma tak sedap.

Kelembapan serta kotoran akan membuat tumpukan bakteri yang memicu bau tak sedap. Untuk menghilangkan aroma tersebut, ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Jangan biarkan sofa jadi sarang kuman dan berbau, segera lakukan hal ini.

Jemur
Saat matahari sedang tinggi, segera jemur sofa. Mungkin Sahabat Dream takut panasnya matahari akan merusak bahan sofa. Sebaiknya saat dijemur, jangan ditaruh di area yang terkena matahari langsung atau terik.

Taruh saja sofa di garasi atau area beratap. Pastikan sofa mendapat cahaya dan udara segar untuk hilangkan kelembapannya. Siang hari di bawah sinar matahari adalah cara paling alami dan efektif untuk menghilangkan bau apa pun.

 

Lakukan Juga Dua Hal Ini

Bersihkan dengan steamer
Pertimbangkan untuk membeli pembersih uap dan bersihkan sofa secara menyeluruh untuk menghilangkan bau serta membuat sofa jadi lebih bersih. Periksa instruksi untuk memastikan kain pelapis cocok untuk pembersihan uap sebelum memulai.

Pembersih uap yang memiliki temperatur tinggi bisa mematikan jamur, bakteri dan virus yang kerap memicu baru tak sedap. Perhatikan saja suhunya agar penggunaan menjadi efektif.

Taburkan soda kue
Salah satu cara alami untuk menghilangkau bau tak sedap di sofa adalah dengan memanfaatkan soda kue. Taburkan di seluruh permukaan sofa, diamkan selama semalaman. Keesokan harinya, dengan menggunakan penyedot debut bersihkan sofa.

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Tips Menjaga Kebersihan Alat Dapur Berbahan Silikon

7 Tips Menjaga Kebersihan Alat Dapur Berbahan Silikon

Intip beberapa cara menarik dalam membersihkan alat dapur berbahan silikon.

Baca Selengkapnya
Tampak Simple, Ternyata Membersihkan Wajah Ada Tekniknya

Tampak Simple, Ternyata Membersihkan Wajah Ada Tekniknya

Membersihkan wajah memang sederhana, namun kamu harus melakukannya dengan cara yang tepat dan sesuai kebutuhan kulit agar manfaatnya maksimal.

Baca Selengkapnya
Bikin Tetap Awet dan Nggak Gampang Koyak, Ternyata Begini Cara Mencuci Hijab yang Benar

Bikin Tetap Awet dan Nggak Gampang Koyak, Ternyata Begini Cara Mencuci Hijab yang Benar

Cara mencuci hijab yang benar, biar tetap awet dan nggak gampang koyak.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jaga Kulit Tetap Lembap Selama Puasa, Simak Tips dari Dokter

Jaga Kulit Tetap Lembap Selama Puasa, Simak Tips dari Dokter

Berpuasa sangat berpengaruh terhadap tingkat kelembapan kulit.

Baca Selengkapnya
Bye Kulit Kasar! 8 Langkah Mudah Haluskan Tekstur Kulit

Bye Kulit Kasar! 8 Langkah Mudah Haluskan Tekstur Kulit

Meskipun sudah melakukan skincare routine, tapi kenapa ya tetap ada jerawat hingga kulit kering?

Baca Selengkapnya
Cara Mengatasi Kulit Belang Secara Alami, Hanya dengan Kopi dan Satu Bahan Tambahan

Cara Mengatasi Kulit Belang Secara Alami, Hanya dengan Kopi dan Satu Bahan Tambahan

Panduan mudah untuk merawat kulit alami dan efektif, tanpa perlu uang banyak atau perawatan yang rumit.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Tipe-Tipe Karyawan Memasuki `Jam Rawan`

NOTED KAK! Tipe-Tipe Karyawan Memasuki `Jam Rawan`

Sahabat Dream, kalian kira-kira tipe yang mana nih kalau sudah masuk jam-jam rawan seperti ini? Comment di bawah yuk.

Baca Selengkapnya
4 Cara Pilih Shade Cushion Sesuai Warna Kulit

4 Cara Pilih Shade Cushion Sesuai Warna Kulit

Hati-hati pilih cushion agar warnanya sesuai dengan kulit dan bisa memberi hasil natural. Selain mencoba produk, cari tahu cara lain memilih warna cushion.

Baca Selengkapnya
Kulit Kemerahan Akibat Jerawat?  Coba 6 Cara untuk Meredakannya

Kulit Kemerahan Akibat Jerawat? Coba 6 Cara untuk Meredakannya

Kemerahan atau peradangan akibat jerawat dapat dihilangkan dengan melakukan perawatan kulit tertentu.

Baca Selengkapnya
4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

4 Cara Ampuh Atasi Hidung Tersumbat, Layak Dicoba

Hidung tersumbat menjadi problem umum yang sering menimpa kita, terutama saat musim flu atau saat kita sedang mengalami alergi.

Baca Selengkapnya