4 Cara Menata Rumah Supaya Ramah dan Aman untuk Anak

Berbagai perabotan rumah harus tertata dengan baik supaya tidak melukai anak.

Siwi Nur Wakhidah
| 1 Agustus 2019 15:06

Tak Ada Lagi Mainan Berantakan dengan Trik 'Penjara Mainan'

Dream - Melihat setiap sudut rumah yang penuh dengan mainan memang bikin sakit kepala. Sebisa mungkin kita membereskannya, tetapi anak-anak kembali membuatnya berantakan.

Peringatan untuk segera merapikannya, kerap tak didengarkan anak-anak. Sampai akhirnya larut malam, rumah berantakan dan anak pun sudah terlelap. Sahabat Dream sering menghadapi situasi ini?

Sebagai solusi, seperti dikutip dari Fatherly, tak ada salahnya untuk membuat 'penjara mainan'. Trik ini rupanya cukup populer dan berhasil dilakukan oleh banyak orangtua. Yaitu menyiapkan kotak khusus berukuran sedang yang bisa dikunci.

Toy Jail

Isinya adalah mainan favorit anak-anak yang tak dibereskan dan berserak di seluruh sudut rumah. Fungsinya seperti 'penjara' mainan dan anak-anak tak bisa mengambilnya kecual telah melakukan tugas yang diberikan.

Misalnya, mereka boleh mengambil mainan yang ada di dalam kotak tapi terlebih dulu harus membereskan kamarnya, menyelesaikan PR atau tidur siang. Setiap mainan yang masuk ke dalam kotak, harus ada 'konsekuensi' untuk mengeluarkannya.

Cobalah konsisten untuk menerapkannya. Anak pun akan tahu sebab dan akibat jika ia tak membereskan mainan-mainannya, yaitu 'penjara' dan tugas tambahan untuk mendapatkan mainannya kembali.

Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri

Jangan Lewatkan