Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

4 Cara Jaga Kelembapan Tanaman Dalam Ruangan

4 Cara Jaga Kelembapan Tanaman Dalam Ruangan Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream – Memiliki tanaman di sekitar rumah tak hanya membuat lingkungan menjadi asri dan sejuk namun juga meningkatkan kualitas udara. Saat ini tanaman hias tak hanya diletakkan di luar rumah namun juga di dalam ruangan.

Berbeda dengan merawat tanaman hias di luar rumah, terdapat cara khusus untuk membuat tanaman hias agar selalu sehat dan tidak mudah layu. Salah satunya dengan cara membuatnya agar tetap dalam kondisi yang lembap.

Salah satu caranya adalah mengembunkan tanaman dengan cara misting untuk meningkatkan kelembapan pada tanaman. Menyemprot dedaunan dengan air hanya dapat memberikan kelembapan sementara. Saat tetesan air tersebut menguap, kelembapan pada tanaman akan kembali seperti sebelumnya.

Ada beberapa cara sederhana untuk meningkatkan kelembapan yang tahan lama pada tanaman. Yuk simak

1. Menyatukan tanaman
Menyatukan berbagai tanaman menjadi satu dapat meningkatkan kelembapan, pasalnya hal tersebut dapat menguntungkan tanaman satu sama lain. Tanaman secara alami akan melepaskan kelembapan melalui daunnya atau yang disebut sebagai proses transpirasi. Nantinya satu tanaman akan melepaskan kelembapan dan tanaman lain akan menyerap, dan begitu seterusnya.

 

Lakukan Juga Trik Ini

2. Taruh tanaman di nampan
Gunakan nampan dengan kedalaman minimal 2 inci, Isi dengan kerikil atau batu, Lalu letakkan tanaman di atas bebatuan. Pastikan tanaman seimbang dan tidak akan jatuh, kemudian isi nampan dengan air. Saat air menguap, tanaman pun akan terjaga kelembabannya.

3. Siram tanaman setidaknya seminggu sekali
Merendam tanaman bukan hal yang baik, kecuali kamu menggunakan pot yang memiliki lubang drainase. Kamu bisa menaruh tanaman di kamar mandi, dengan cara membiarkan tanaman duduk di bawah pancuran air hangat selama 5 hingga 10 menit. Hal ini tidak hanya meningkatkan kelembapan di sekitar tanaman, namun juga bisa untuk membersihkan daun bahkan dapat memenuhi kewajiban penyiraman mingguan.

4. Menggunakan humidifier
Humidifier dapat mencegah tanaman hias di dalam ruangan menjadi kering dan layu. Selain itu juga dapat meningkatkan tingkat kelembapan udara pada batas ideal. Dan dengan menggunakan humidifier, tanaman akan terjaga kelembapannya. Tanaman hias di dalam ruangan juga tetap membutuhkan air, agar dapat bertumbuh dengan baik.

Laporan Yuni Puspita Dewi/ Sumber: Apartment Theraphy

Tanaman Cantik dan Unik yang Dipercaya Bisa Membawa Keberuntungan

Dream – Aura kesegaran dan asri kerap memancar dari tanaman di rumah. Para penghuni pun semacam mendapat getaran positif dengan adanya tumbuhan hijau di beberapa sudut ruangan.

Tanpa disadari, tanaman membuat kita berpikiran lebih baik, kondisi psikologis lebih stabil dan merasa tenang. Beberapa tanaman bahkan dipercaya bukan hanya membawa ketenangan tapi juga keberuntungan.

Bagi mereka yang merayakan tahun baru Imlek, beberapa tanaman ini jika ada di rumah dianggap menyiapkan permohonan dan harapan. Termasuk juga membawa keberuntungan. Penasaran tanaman apa saja? Simak pemaparan dari Hong Kong Tourism Board (HKTB).

1. Bunga lili China (Narcissus)
Ini merupakan bunga keberuntungan. Bunga ini dipercaya akan membawa rezeki dan kemakmuran bagi seluruh keluarga serta memberikan wangi semerbak di rumah. Bila mekar di hari pertama tahun baru imlek, dipercaya akan membawa aura positif dan keberuntungan.

2. Bunga persik (Peach Blossoms)
Bagi yang mencari jodoh atau ingin memperkuat hubungan dengan pasangan mereka, bunga ini adalah pilihan yang tepat. Disarankan untuk berjalan mengelilingi tanaman ini sebanyak tiga kali searah jarum jam untuk meningkatkan peluang bertemu jodoh di masa depan.

 

Nipple fruit dan Anggrek

3. Nipplefruit

Nipple fruit

Tanaman yang terlihat aneh ini menghasilkan buat tropis berwarna kuning cerah namun tidak dapat dimakan. Dalam bahasa kanton, bunga ini disebut sebagai bunga lima generasi, yang melambangkan lima generasi tua dan muda dalam keluarga bersama-sama dan dalam kondisi sehat.

4. Anggrek kupu-kupu (Moth Orchid)

Anggrek Moth

Beberapa tahun belakangan, popularitas bunga ini meledak karena tampilan yang elegan dan kemudahan dalam perawatannya. Warna dari bunga ini menunjukan berkah yang akan diterima, setiap warna masing-masing memiliki berkah berbeda. Kuning untuk kesuksesan bisnis, putih untuk kelanggengan persahabatan, dan merah untuk hubungan cinta yang penuh akan gairah sepanjang tahun.

Laporan Josephine Widya

Hindari Kesalahan yang Bikin Tanaman Malah Cepat Mati

Dream - Memiliki tanaman di rumah memang bisa meredakan stres dan membuat suasana jadi lebih asri. Bagi Sahabat Dream yang memiliki banyak koleksi tanaman kesayangan, tentu akan merawatnya semaksimal mungkin.

Sayangnya, seringkali karena ingin menjaga tanaman selalu subur yang terjadi malah sebaliknya. Tanaman apapun yang ada di rumah baik tanaman tropis, tanaman gurun, atau tanaman beriklim sedang, ada dua hal terburuk yang malah bisa membuatnya cepat mati.

Apa saja? Pertama, menurut Molly Williams seorang pakar tanaman, adalah terlalu sering menyiram tanaman. Hal ini justru bisa berdampak buruk pada tanaman.

"Kebanyakan tanaman hias tidak perlu minum sampai bagian atas tanah mulai mengering; jika berurusan dengan tanaman yang kering, sebenarnya tidak perlu minum sampai tanah benar-benar mengering. Ini setidaknya tiga hari setelah penyiraman awal, dan kemungkinan lebih," kata Williams, dikutip dari Apartment Theraphy.

Menyiram tanaman secara obsesif akan menyebabkan busuk akar, yang pada gilirannya menyebabkan tanaman yang sebenarnya kurang mampu menarik air dan nutrisi. Jika kondisi ini terjadi terus menerus tanaman cenderung mati.

"Siram secukupnya. Secara umum, tanaman akan memberi tahu saat 'haus'.  Perhatikan baik-baik," ujar Williams.

 

 

Jangan Pangkas Berlebihan

Kesalahan kedua adalah menggunting daun yang tidak bagus terlalu sering. Daun tumbuh seiiring waktu, terkadang daun jadi kuning atau mungkin rapuh.

"Kejadian ini sesuai dengan siklus hidup tanaman normal. Jika memotong setiap daun yang terlihat berbeda dari saat membelinya malah akan menjadi masalah besar. Tanaman yang sehat hanya dapat menangani sepertiga dari pertumbuhan hidupnya yang terpotong pada satu waktu," ungkap Williams.

Hanya gunting atau pangkas daun yang benar-benar mati. Jangan daun yang tampak aneh atau tak sehat. Tunggu selama beberapa hari, jika daun mati baru pangkas.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Lakukan Hal-hal Ini untuk Menjaga Hubungan yang Langgeng Bersama Pasangan!

Lakukan Hal-hal Ini untuk Menjaga Hubungan yang Langgeng Bersama Pasangan!

Ini adalah rahasia menjaga hubungan agar tetap langgeng. Yuk, simak baik-baik!

Baca Selengkapnya
Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Kenyamanan rumah juga ditentukan dari aroma yang ada di setiap ruangan.

Baca Selengkapnya
Tips Jitu Menjaga Kasur Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan

Tips Jitu Menjaga Kasur Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan

Perlu diketahui, jika kamu memilih untuk berada di satu kamar bersama hewan peliharaan, kamu akan lebih sulit nantinya untuk membersihkan kamar.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Tips Ampuh untuk Memperpanjang Umur dan Meningkatkan Kesehatan

Tips Ampuh untuk Memperpanjang Umur dan Meningkatkan Kesehatan

Umur panjang dan badan bugar menjadi dambaan setiap orang. Ubah pola hidup agar mendapat umur yang panjang dan tubuh sehat.

Baca Selengkapnya
7 Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Setelah Liburan di Alam Terbuka

7 Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Setelah Liburan di Alam Terbuka

Berjalan-jalan di alam terbuka memiliki tantangan tersendiri. Kamu pun bisa terpapar risiko penyakit tertentu.

Baca Selengkapnya
4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

Jangan sia-siakan malam tahun baru yang seru hanya karena perut tak nyaman akibat kembung, ikuti tips-tips ini.

Baca Selengkapnya
Tips Menata Kamar yang Kecil Terlihat Lebih Luas

Tips Menata Kamar yang Kecil Terlihat Lebih Luas

Kamar tidur yang rapi akan terlihat lebih luas dan nyaman. Kamu juga bisa melakukan beragam tips lain agar kamar tidur yang kecil terlihat lebih luas.

Baca Selengkapnya
Penampakan Rumah Ini Bikin Melongo, Dari Luar Bak Gubuk Kayu Lihat Isi Dalamnya Auto Terpana!

Penampakan Rumah Ini Bikin Melongo, Dari Luar Bak Gubuk Kayu Lihat Isi Dalamnya Auto Terpana!

Dibalik kesederhanaan rumahnya itu terdapat keindahan yang luar biasa

Baca Selengkapnya