4 Cara Hemat Biaya Listrik yang Sering Tak Disadari

Pembayaran tiap bulan bisa saja berbeda karena tergantung dari pemakaiannya.

Mutia Nugraheni
| 28 Mei 2019 08:08

Dream - Tagihan listrik setiap bulan tentu harus kita bayar. Ada kalanya tagihan membengkak dan lebih tinggi dari biasanya. Jika terjadi terus-menerus, tentu menganggu keuangan rumah tangga.

Pembayaran tiap bulan bisa saja berbeda karena tergantung dari pemakaiannya. Untuk itu itu ada baiknya untuk mengecek kembali berapa biaya pengeluaran untuk tagihan listrik setiap bulan.

Kalau terlalu boros, Sahabat Dream sebaiknya mengevaluasi penggunaan alat-alat elektronik di rumah. Selain bisa menghemat uang, menghemat energi listrik juga bisa ikut menyelamatkan lingkungan.

Hal itu bisa dimulai dari melakukan perawatan barang elektronik secara berkala agar lebih efisien sehingga tidak cepat membeli lagi yang baru. Apa saja yang bisa dilakukan?

Perawatan AC
Kalau rumah memiliki AC, langkah pertama yang harus diambil adalah menjaga dan memastikan sistem AC dalam kondisi yang baik. Cara termudah untuk melakukan itu adalah mengikuti jadwal perawatan AC. Misalnya harus mencuci atau membersihkan AC, isi freon, atau perawatan berkala.

Panggil tukang atau teknisi untuk melakukan pemeriksaan berkala. Kedua, pastikan selalu mengganti filter udara secara teratur. Dengan begitu AC di rumah tak terlalu cepat menyedot listrik, walaupun suhu rendah sudah membuat ruangan cepat dingin.

 

Selanjutnya :

Hemat Energi

Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 1 - Sarjana Ekonomi

Jangan Lewatkan