3 Masalah Tanaman yang Sering Bikin Galau, Cari Tahu Solusinya

Daun menguning, muncul bintik hitam, rontok, akar yang membusuk atau bahkan mati, pastinya bikin yang merawat merasa bingung dan sedih.

Mutia Nugraheni
| 30 November 2020 08:03

Dream - Sahabat Dream termasuk penggila tanaman? Pandemi membuat banyak orang menghabiskan waktu di rumah dengan merawat tanaman. Bagi yang sudah sejak mengurus tanaman, mungkin tak terlalu kaget dan galau jika tanaman yang selalu dirawat setiap hari mengalami masalah.

Daun menguning, muncul bintik hitam, rontok, akar yang membusuk atau bahkan mati, pastinya bikin yang merawat merasa bingung dan sedih. Ada permasalahan umum tanaman yang sebaiknya diketahui solusinya.

Puneet Sabharwal, pakar tanaman, mengungkap kalau merawat tanaman secara berlebihan bisa berakhirnya menyedihkan. Penting untuk merawat tanaman sesuai kebutuhan dan karakteristiknya.

" Memberikan penyiraman atau pupuk berlebih bisa memunculkan masalah. Kabar baiknya adalah tanaman akan memberi tahu jika ada yang salah lewat banyak sinyal. Tinggal kita apakah menyadarinya atau segera mengambil langkah untuk memperbaikinya atau tidak," ujar Sabharwal, dikutip dari Apartment Therapy.

Berikut tiga masalah umum tanaman dan solusinya. Pastikan 'anak-amak hijau' di rumah selalu segar dan tumbuh sehat.

Daun kering kecokelatan
Ini pertanda kalau tanaman terlalu kering. Untuk mengatasi, tidak berarti kita harus menyiram banyak air ke tanah. Solusi terbaik adalah meletakkan humidifier di dalam ruangan bersama tanaman untuk membantu menambah kelembapan pada udara.

Jika yakin dengan penyiraman, pertimbangkan letak tanaman, jangan terlalu lama terpapar matahari. Sabharwal mengatakan jika tanaman terpapar terlalu banyak sinar matahari, daunnya yang kering dan cokelat juga bisa menandakan terbakar. Pangkas bagian yang terbakar dengan hati-hati dan pindahkan ke tempat dengan cahaya yang tidak terlalu langsung.

 

Selanjutnya :

Bintik dan Rontok

Topik Terkait :

Suami Dilantik, Chacha Frederica Sah Jadi Ibu Bupati

Jangan Lewatkan