Warna Paling Pas untuk Ruangan Main Anak

Anak balita memang sangat suka dengan warna-warna cat cerah, alasannya...

Mutia Nugraheni
| 2 Oktober 2018 10:10

Dream - Menata kamar dan ruang bermain anak, penting untuk memperhatikan pilihan warna cat dinding atau warna dekorasi yang mendominasi. Pasalnya, pilihan warna cat dinding yang cerah di rumah memberikan efek positif bagi tumbuh kembang anak.

Demi anak terstimulasi dengan baik, warna cat yang cerah (biru, merah, hijau, kuning) bisa menjadi pilihan terbaik. Dokter spesialis anak Ariani Dewi Widodo mengungkapkan, anak balita memang sangat suka dengan warna-warna cat cerah.

" Tidak ada rekomendasi khusus, warna cat apa yang terbaik buat anak. Tapi anak kecil itu suka dengan warna cerah. Karena warna cerah untuk menstimulasi tumbuh kembang anak," kata Ariani, dikutip dari Liputan6.com.

Anak-anak cenderung memilih warna yang lebih cerah saat usia dini karena mata mereka belum sepenuhnya berkembang. Mereka melihat warna-warna cerah ini lebih baik daripada warna yang redup.

Dilansir dari Sciencing, warna-warna cerah dan kontras lebih menonjol untuk dilihat. Dalam hal pengenalan warna, warna yang cerah biasanya diibaratkan dengan objek tertentu.

Misal, anak sering mengasosiasikan warna merah dengan apel, oranye dengan jeruk, kuning dengan pisang atau matahari, hijau dengan rumput, biru dengan langit atau ungu dengan anggur.

Warna-warna cerah juga dikenal memiliki makna yang lebih dalam. Seperti merah identik dengan berani, hijau dengan alam, dan biru dengan ketenangan.

Selain itu, warna juga memengaruhi emosi anak. Warna hangat seperti oranye dan kuning membawa kebahagiaan dan kenyamanan.

Merah dikenal untuk meningkatkan denyut jantung dan karenanya meningkatkan kewaspadaan dan nafsu makan, sementara warna-warna dingin seperti biru dan hijau cenderung memiliki efek yang menenangkan.

Guru dan orangtua dapat mempertimbangkan, warna apa yang memengaruhi suasana hati anak-anak saat ingin mengecat ruang kelas atau kamar tidur.

Sumber: Fitri Haryanti Harsono/ Liputan6.com

Topik Terkait :

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'

Jangan Lewatkan