Manfaatkan Kopi untuk Bersihkan Panci Kotor, Cari Tahu Caranya

Tektsur kopi yang agak kasar bisa membantu untuk mengangkat noda.

Mutia Nugraheni
| 28 Februari 2019 08:06

Dream - Kopi, baik yang berbentuk bubuk ataupun biji, bukan hanya untuk dinikmati. Bisa juga dimanfaatkan untuk banyak hal. Jika sabun pembersih perabot di rumah habis dan belum sempat membeli manfaatkan saja si hitam.

Tektsur kopi yang agak kasar bisa membantu untuk mengangkat noda. Tengok saja empat manfaat kopi sebagai pembersih yang mungkin belum Sahabat Dream ketahui.

Menghilangkan noda pada kayu
Jangan buang ampas kopi di cangkir, karena masih berguna untuk menghilangkan noda pada permukaan kayu. Taburkan ampas kopi yang masih basah tersebut di permukaan furnitur kayu, diamkan 10 menit lalu lap dengan kain bersih. Warna gelap dan kusam karena noda akan berganti menjadi warna cerahnya kayu.

Mengatasi bak cuci piring yang tersumbat
Timbunan sampah minyak dari masakan bisa menyumbat saluran pembuangan air di bak cuci piring. Untuk mengusirnya, masukkan beberapa sendok kopi bubuk ke dalam air mendidih, tambahkan sabun pencuci piring. Lalu siramkan campuran larutan tersebut ke mulut saluran pembuangan.

Membersihkan panci
Bubuk kopi bersifat abrasif jika digosokkan ke suatu permukaan, termasuk permukaan panci yang kotor. Tak hanya menghilangkan kerak di panci, bubuk kopi juga akan membuat panci bersih dan kesat karena kemampuannya menyerap minyak-minyak yang tersisa.

Menyamarkan goresan di furnitur kayu
Goresan akan membuat keindahan furnitur kayu berkurang. Buat campuran dari bubuk kopi dan air panas sehingga menjadi bentuk pasta. Tutupi permukaan yang terdapat goresan sehingga kembali mulus. Bersihkan.

Lihat tips rumah lainnya di AtHome.

Topik Terkait :

(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary

Jangan Lewatkan