Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Taman Bacaan Pelangi Bangun 12 Perpustakaan Baru di Flores

Taman Bacaan Pelangi Bangun 12 Perpustakaan Baru di Flores Taman Bacaan Pelangi Di SD Wae Bangka.

Dream - Anak-anak di Manggarai Barat, Flores kini memiliki akses buku bacaan yang berkualitas dengan hadirnya 12 perpustakaan Taman Bacaan Pelangi. Perpustakaan ini memiliki 13.560 buku cerita anak yang bisa mereka baca.

Perpustakaan berkonsep taman bacaan ramah anak ini diresmikan pada 20 Februari hingga 28 Februari 2017. Lokasinya sendiri berada di 12 sekolah terpilih yang tersebar di Manggarai Barat, Flores.

Pembangunan 12 perpustakaan anak merupakan hasil kerjasama dengan organisasi internasional Room to Read. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kebiasaan membaca anak-anak di Flores.

Rencananya, program kerjasama ini akan berlangsung selama tiga tahun dan total jumlah perpustakaan baru yang akan didirikan adalah 48 perpustakaan di Flores. Dengan konsep perpustakaan ramah anak, baik dari gedung, interior dan furnitur, penataan, jenis buku, sistem penjenjangan buku yang berdasar pada kemampuan membaca anak, hingga sistem manajemen perpustakaan, semuanya dirancang khusus agar dapat untuk menstimulasi minat baca anak-anak.

Menurut data Perpustakaan Nasional Republik Indonesia tahun 2015, dari 170.647 sekolah dasar di Indonesia, hanya 45,9 persen yang memiliki perpustakaan. Artinya, masih terdapat 92.215 sekolah dasar tanpa perpustakaan – mayoritas di antaranya berlokasi di Indonesia Timur, seperti NTT, NTB, Sulawesi, Maluku, Ambon, dan Papua.

"Taman Bacaan Pelangi terus berkomitmen untuk mengembangkan kebiasaan membaca anak-anak di Indonesia Timur melalui pendirian perpustakaan ramah anak untuk anak-anak yang tinggal di daerah-daerah pelosok di Indonesia Timur. Kami percaya, anak-anak yang suka membaca, mereka akan lebih berprestasi di sekolah,” kata Nila Tanzil, pendiri Taman Bacaan Pelangi.

Nila yang merupakan penerima penghargaan Wanita Merdeka dari Merdeka.com, sejak 2009 terus membangun taman bacaan dan perpustakaan untuk anak-anak di kawasan Indonesia Timur.

Hingga Maret 2017, Taman Bacaan Pelangi yang dikelola Nila dan tim Taman Bacaan Pelangi telah mendirikan 55 perpustakaan anak-anak yang tersebar di 15 pulau di Indonesia Timur.

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
4 Barang Rumahan yang Bisa Bangkitkan Kreativitas Si Kecil

4 Barang Rumahan yang Bisa Bangkitkan Kreativitas Si Kecil

Seringkali anak-anak tak tertarik dengan mainan, tapi barang yangs ering digunakan orangtuanya.

Baca Selengkapnya
Fakta-Fakta Ibu Tusuk 20 Kali Anak Kandung hingga Tewas di Perumahan Elit Bekasi, Mengaku Dapat Bisikan Gaib

Fakta-Fakta Ibu Tusuk 20 Kali Anak Kandung hingga Tewas di Perumahan Elit Bekasi, Mengaku Dapat Bisikan Gaib

Ibu terduga pelaku pembunuhan anak kandungnya di Bekasi sempat tertawa saat diperiksa.

Baca Selengkapnya
Bocah Imut Mantan Artis Cilik Berotak Encer, Kini Punya Suami Sama-Sama Lulusan Univesitas Top Dunia

Bocah Imut Mantan Artis Cilik Berotak Encer, Kini Punya Suami Sama-Sama Lulusan Univesitas Top Dunia

Anak kecil yang menggemaskan ini dulunya artis cilik yang sekarang sudah jadi Ibu dua anak.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.