Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Si Kecil Jalan Berdua Saja Sama Ayah, Apa Sih Manfaatnya?

Si Kecil Jalan Berdua Saja Sama Ayah, Apa Sih Manfaatnya? Ayah Dan Buah Hati

Dream - Hubungan, apapun bentuknya perlu "diusahakan" agar semakin erat, tak terasa hambar, dan hangat. Termasuk juga hubungan ayah dengan anaknya. Apalagi jika selama ini, buah hati lebih banyak menghabiskan waktu dengan ibunya.

Penting bagi ayah untuk meluangkan waktu berdua saja dengan anak. Tanpa mengajak ibu, cobalah sesekali berjalan-jalan berdua saja dengan si kecil. Pasti akan sangat berbeda. Justru saat inilah para ayah bisa memanfaatkan "quality time" secara maksimal.

Ada seorang ayah yang rutin "kencan" dengan sang anak. Ia bercerita kepada Dream, apa saja yang manfaat mereka rasakan kalau pergi berdua saja? Mungkin bisa jadi inspirasi para ayah.

Rio (38) suka sekali pergi ke mengajak putrinya Rara (6) tahun ke pasar ikan. Ia memang punya akuarium di rumah dan Rara sering diajak untuk menghias dan membersihkannya.

"Pergi berdua Rara biasanya akhir pekan atau saat aku off. Kalau mamanya belanja ke pasar beli bahan makanan, aku anter mamanya, terus jalan-jalan deh sama Rara. Kalau berdua, bisa kemana aja sih, sering juga ke pasar ikan di Jatinegara. Aku pastinya jadi lebih mengurusi Rara. Terlibat lebih banyak dan pengalaman itu tuh priceless, bikin aku benar-benar ngerasain fatherhood," ujar Rio.

Saat berdua Rara, Rio mengungkap jadi lebih tahu kesukaan Rara. Ia juga bisa banyak cerita pada putrinya, kenapa ia harus sering pulang malam dan jarang main bersama lagi sebelum tidur.

"Pas jalan berdua Rara aku jadi tahu tuh dia gak suka minuman yang ada selasihnya atau dia lagi mau banget beli tas Elmo, tapi mamanya gak kasih karena tas sekolahnya masih bagus. Nah dia curhat tuh, lucu juga sih, kesannya kaya sedang melobi papanya minta dibeliin, hehehe. Dia juga pernah tanya, kok papa pulangnya malem terus jadi gak bisa hias akuarium bareng lagi. Aku langsung berasa agak sedih dan bersalah sih, tapi itu kesempatanku buat jelasin ke dia kenapa aku harus kerja, pulang malam atau malah tidak pulang," kata Rio, yang bekerja sebagai engineer di perusahaan tambang.

Pekerjaan Rio kadang menuntutnya harus lembur, banyak pergi ke daerah terpencil atau site. Bisa selama 3 hari atau bahkan berbulan-bulan. Pergi berdua Rara menurutnya bermanfaat agar putrinya bisa tetap dekat dan tak melihat sosok ayah cuma sebagai pencari nafkah saja. Ia juga ingin mengajarkan kemandirian dan keberanian pada putrinya.

"Kalau sama mamanya semua-semua disiapkan, dari ujung rambut sampai ujung kaki. Kalau sama aku dia bisa tuh masukin sendiri perlengkapannya ke dalam tas, susunya, baju, sampai tisu dan cemilannya. Jadi aku tinggal cek. santai. Dia kalau sama saya memang lebih mandiri, makan lebih gampang gak perlu dipaksa. Dia juga jadi berani, suka saya kenalin sama penjual ikan langganan atau pegang-pegang ikan dalam akurium, awalnya jijik memang tapi lama-lama dia suka," ujar Rio.

Nara, istri Rio, bercerita saat jalan berdua dengan Rio, Rara memang tampaknya lebih "bebas". Nara pun mengakui hubungan Rio dan Rara sangat kompak, bahkan saat tak menurut perintah mamanya, Rio dengan sekali lirik saja bisa langsung dituruti Rara.

"Rio kan pekerjaannya harus sering pergi ke luar kota dan saat dia di rumah, benar-benar memanfaatkan waktunya sama Rara, pergi berdua. Aku senang sih, jadi bisa me time juga. Mungkin kalau sama Rio, Rara sering pakai baju 'gak nyambung' atau makan es krim melulu, tapi ya sudahlah, kalau sama papa memang begitu kan, hehehe," ujar Nara.

Menurut Rio, ia rutin pergi berdua saja sama Rara karena ingin Rara tahu kalau papanya berusaha untuk bisa menemani dia di tengah kesibukannya. Rio tidak mau Rara kehilangan sosok papanya cuma karena alasan kesibukan. Rio juga mengungkap ia suka 'nelongso' melihat anak-anak yang takut dengan papanya, ia ingin jadi sosok orangtua yang hangat bagi Rara.

"Sering banget tuh liat ayah-ayah yang galak banget, mungkin cara mengasuh orang beda-beda ya. Tapi aku gak mau kaya gitu, aku mau tetap dekat sama Rara, meskipun harus tegas, Rara tahu kalau itu karena papanya sayang sama dia. Lagian anak ngintilin kita cuma sebentar kan, nanti pas SMP atau SMA dia pasti lebih sering nongkrong sama teman-temannya, malah orangtuanya yang galau di rumah, ya kan?," ungkap Rio.

Jadi para ayah, jangan segan untuk pergi berdua saja dengan si kecil. Anda pasti akan banyak mendengar cerita-cerita seru dan lucu dari mulutnya. Anak pun bisa jadi pendengar yang baik jika Anda bercerita seputar pekerjaan di kantor. Hubungan ayah dan anak pasti makin dekat dan ia pun tumbuh jadi pribadi yang lebih hangat.

Punya pengalaman seru, menegangkan atau penuh inspirasi saat mengurus si kecil? Atau pengalaman menata rumah baru bersama pasangan? Bagi cerita Anda di parenting.dream.co.id dengan mengirimkan email ke komunitas@dream.co.id dengan subjek ParentingShare.

 

 

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Seru Banget, Intip Kelas Mengurus Bayi dan 'Menyusui' untuk Para Ayah di Indonesia

Seru Banget, Intip Kelas Mengurus Bayi dan 'Menyusui' untuk Para Ayah di Indonesia

Penting banget nih buat para ayah newbie agar bisa aktif mengurus buah hati.

Baca Selengkapnya
Pengalaman Ibu Lepas Anak 6 Tahun Terbang Sendiri Liburan ke Aceh

Pengalaman Ibu Lepas Anak 6 Tahun Terbang Sendiri Liburan ke Aceh

Mungkin bisa jadi referensi bagi ayah bunda yang ingin melatih buah hatinya mandiri.

Baca Selengkapnya
Anak Tak Sengaja Baca Chat Alasan Ibunya Tak Ingin Cerai, Isinya Bikin Warganet Terharu

Anak Tak Sengaja Baca Chat Alasan Ibunya Tak Ingin Cerai, Isinya Bikin Warganet Terharu

Anak tak sengaja lihat pesan singkat ibunya yang berisi alasan tak ingin pisah dari ayahnya. Isi pesan singkat itu membuat warganet terharu.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Dua Bersaudara Masih Main Jelang Maghrib, Adik Tiba-tiba Kaku Lihat Pohon Pisang Depan Rumah, Ternyata Ada Kisah Seram di Baliknya

Dua Bersaudara Masih Main Jelang Maghrib, Adik Tiba-tiba Kaku Lihat Pohon Pisang Depan Rumah, Ternyata Ada Kisah Seram di Baliknya

Ayahnya kemudian bercerita tentang pohon pisang di depan rumah yang membuat Fawwaz ketakutan setengah mati.

Baca Selengkapnya
Cara Mempunyai Anak Perempuan Cantik, Ini Rahasianya yang Penting Diketahui Ayah dan Bunda

Cara Mempunyai Anak Perempuan Cantik, Ini Rahasianya yang Penting Diketahui Ayah dan Bunda

Posisi saat berhubungan intim hingga asupan makanan yang dikonsumsi berpengaruh untuk hamil anak perempuan.

Baca Selengkapnya
Curhat Kakak Perempuan Punya Adik Lagi Saat Usianya Sudah 24 Tahun, Gemes Banget!

Curhat Kakak Perempuan Punya Adik Lagi Saat Usianya Sudah 24 Tahun, Gemes Banget!

Awalnya kaget, tapi ia malah belajar jadi ibu dan sangat dekat dengan adik kecilnya.

Baca Selengkapnya
Samakan Jam Tidur Anak saat Perjalanan Mudik dengan Mobil Biar Lebih Nyaman

Samakan Jam Tidur Anak saat Perjalanan Mudik dengan Mobil Biar Lebih Nyaman

Perjalanan panjang, macet dan melelahkan kadang membuat anak muntah, pusing dan lemas.

Baca Selengkapnya