Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Awas, Terjebak Mitos yang Bikin Gagal Menyusui

Awas, Terjebak Mitos yang Bikin Gagal Menyusui Ibu Menyusui

Dream - Ada banyak mitos yang beredar di masyarakat soal pemberian air susu ibu (ASI). Sayangnya mitos ini seringkali menghambat pemberian ASI eksklusif, terutama untuk bayi usia 0 hingga 6 bulan.

Jangan sampai hanya karena mendengar mitos, bayi tak mendapat ASI yang merupakan haknya. Jadilah ibu pintar untuk kritis mencari informasi dan tak mudah percaya mitos. Apa saja mitos dan fakta sebenarnya terkait pemberian ASI?

1. Kalau puting rata, pasti tak bisa menyusui
Anggapan ini adalah tidak benar. Karena sebetulnya, mekanisme menyusui adalah lidah memerah areola, bukan mengisap puting. Justru apabila bayi hanya menyusu di puting, ASI tidak akan keluar atau keluar hanya sedikit.

Menyusu tidak optimal dan bahkan menyebabkan ibu kesakitan, karena lidah hanya memerah puting dapat mengakibatkan lecet dan luka pada puting.Jadi saat menyusui, masukkan areola (area hitam di payudara seputar puting) sebanyak-banyaknya kedalam mulut bayi, bukan hanya puting saja.

2. Payudara kecil tidak bisa menghasilkan cukup ASI
Besar-kecilnya payudara tidak menentukan jumlah sel susu. Karena, kelenjar susu semua perempuan dewasa, kurang lebih sama dan mampu menghasilkan susu yang sama banyak, terutama dengan rangsangan yang tepat. Besar-kecil payudara sendiri hanya dibedakan dengan jumlah lapisan lemak di bawah kulit saja.

Berikan rangsangan yang tepat agar ASI berproduksi optimal, yaitu skin to skin (sentuhan kulit ibu-bayi) dan menyusu langsung dengan benar yaitu memasukkan areola payudara ke dalam mulut bayi.

3. Bayi 1 bulan sering menangis bisa diberi pisang biar tenang
Tidak disarankan untuk bayi kurang dari 6 bulan mendapatkan asupan lain selain ASI apalagi makanan padat. Hal itu karena sistem pencernaan bayi belum siap. Anggapan ini muncul biasanya saat bayi usia 2-3 minggu mengalami growthspurt (percepatan pertumbuhan) dan menginginkan menyusu lebih sering. Namun, tidak usah kawatir, karena produksi ASI akan mengikuti kebutuhan bayi.

Lihat mitos dan fakta seputar pemberian ASI secara lebih lengkap di sini.


Sumber: Pigeon

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP