Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kompor Gas Mengilap Seperti Baru, Ini Caranya

Kompor Gas Mengilap Seperti Baru, Ini Caranya Membersihkan Kompor (Foto: Bold Sky)

Dream - Digunakan setiap hari, kena percikan minyak, bumbu, kuah dan berbagai tumpahan lainnya, pasti membuat kompor gas di rumah terlihat sangat kotor. Kotoran yang menumpuk dan dibiarkan ini bisa jadi pemicu penyakit karena mengundang berbagai serangga datang seperti semut dan kecoa.

Rutin membersihkan kompor penting untuk Anda lakukan. Kompor yang bersih, nyala apinya pasti lebih maksimal karena tak tertutup kotoran. Kondisi dapur pun jadi lebih bersih dan bisa mencegah datangnya hewan penyebar penyakit.

Coba bersihkan kompor di rumah dengan langkah-langkah berikut. Lakukan minimal satu bulan sekali, tapi sebaiknya selalu bersihkan kompor setelah digunakan.

1. Angkat bagian penyangga panci (grate)
Untuk pembersihan maksimal, angkat bagian penyangga panci yang berada di atas api. Bersihkan bagian tersebut dengan lap basah yang telah diberi air sabun atau semprot menggunakan cairan pembersih besi. Biasanya di bagian tersebut banyak sisa kuah yang telah hangus dan lengekt. Lap hingga bersih dan pastikan tak ada lagi sisa kotoran yang menempel.

2. Bersihkan kotoran di burner covers
Bagian tempat api muncul biasanya terdapat sisa kuah dan minyak yang menumpuk bahkan hingga lengket dan berubah warna karena terkena api. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan lap atau tisu basah. Jika kotoran membandel, gunakan sikat kecil untuk mengangkatnya. Bisa juga menggunakan cairan pembersih kompor yang banyak dijual di pasaran. Jika area ini tertutup kotoran biasanya nyala api akan terhambat dan tidak maksimal.

3. Bagian knob
Bagian ini biasanya sangat berminyak dan dipenuhi dengan sisa bumbu. Gunakan lap basah yang telah diberi air sabun untuk membersihkannya. Jika ada area yang sulit dibersihkan dan bergerigi bisa digunakan sikat gigi bekas. Sikat hingga tak ada lagi kotoran yang menempel.

4. Pastikan seluruh area kompor dibersihkan
Periksa juga tiap sudut kompor, termasuk bagian dalam. Pastikan tak ada lagi kotoran yang lengket dan menumpuk. Jika ada, segera bersihkan tiap bagian. Setelah itu pasang kembali bagian-bagian kompor dan periksa secara seksama apakah sudah terpasang dengan baik atau belum. Nyalakan juga kompor untuk melihat nyala apinya.

Sumber: Creekline

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Mudah Ganti E-KTP Rusak atau Hilang, Sehari Jadi

Cara Mudah Ganti E-KTP Rusak atau Hilang, Sehari Jadi

Berikut contoh mengajukan pergantian KTP baru secara online

Baca Selengkapnya
7 Tips Menjaga Kebersihan Alat Dapur Berbahan Silikon

7 Tips Menjaga Kebersihan Alat Dapur Berbahan Silikon

Intip beberapa cara menarik dalam membersihkan alat dapur berbahan silikon.

Baca Selengkapnya
Penampakan Rumah Ini Bikin Melongo, Dari Luar Bak Gubuk Kayu Lihat Isi Dalamnya Auto Terpana!

Penampakan Rumah Ini Bikin Melongo, Dari Luar Bak Gubuk Kayu Lihat Isi Dalamnya Auto Terpana!

Dibalik kesederhanaan rumahnya itu terdapat keindahan yang luar biasa

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.